3 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error

Salah satu komponen terpenting dari laptop adalah keyboard, karena tanpa keyboard kita tidak bisa mengetik. Sering bertambahnya usia laptop atau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, keyboard pada laptop bisa saja mengalami kerusakan yang menyebabkannya tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Saat keyboard Anda mengalami kerusakan, jangan menyerah terlebih dahulu, ada beberapa cara memperbaiki keyboard laptop yang error.

Sebelum membahas lebih lanjut bagaimana caranya, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahu terlebih dahulu. Keyboard yang terpasang pada laptop memiliki kompleksitas yang tinggi, tidak mudah untuk membuka atau melepas keyboard yang ada pada laptop. Namun, tidak semua kerusakan pada keyboard laptop semata-mata karena hardware. Banyak faktor yang juga bisa mempengaruhi.

Cara memperbaiki keyboard laptop yang error dengan mudah.

Cara 1

  1. Restart laptop Anda, umumnya merestart laptop dapat memecahkan berbagai masalah yang terjadi pada software. Jadi, langkah pertama yang Anda harus lakukan adalah merestart laptop anda. Lalu, periksa keyboard Anda, jika laptop Anda masih tidak bisa digunakan, maka anda harus ikuti langkah selanjutnya.
  2. Lakukan system restore. Ini merupakan cara terbaik untuk mengatasi masalah yang terjadi pada keyboard, terutama pada softwarenya. Jika keyboard masih tidak bisa digunakan bahkan setelah anda melakukan system restore, coba atasi dengan software yang bisa Anda cari di internet. Kalaupun masih tidak bisa, Anda bisa melanjutkannya ke langkah selanjutnya.
  3. Lakukan pengecekan pada driver laptop Anda, lihat apakah drivernya sudah diperbarui atau belum. Jika belum diperbarui, Anda bisa perbarui dulu driver keyboard Anda, setelah itu restart laptop Anda.

Cara 2

Jika cara memperbaiki keyboard laptop yang error di atas masih tidak berhasil, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Jika tombol windows dan R di keyboard Anda masih berfungsi, Anda bisa menekannya dengan bersamaan hingga muncul jendela ‘run’. Kalau keyboard Anda tidak bisa, Anda bisa mencoba mencari menu ‘run’ melalu menu windows atau menggunakan on-screen keyboard. Setelah muncul menu run, ketik ‘devmgmt.msc’.
  2. Di sini Anda akan masuk pada menu Device Manager, lalu cek menu keyboard dan klik scan hardware for change.
  3. Jika windows melakukan instalasi, Anda harus merestartnya setelah prosesnya selesai.

Cara 3

  1. Nyalakan laptop Anda.
  2. Tekan tombol F8 berulang kali hingga laptop Anda boot up (tombol untuk merestart berbeda-beda, tergantung produsen laptop).
  3. Setelah itu Anda harus mencari menu ‘Reboot’, menu ini akan melakukan pembershian kesalahan sistem pada laptop Anda yang bisa jadi menjadi penyebab masalah pada keyboard Anda.
  4. Jika langkah-langkah di atas masih belum memperbaiki masalah pada laptop Anda, Anda bisa masuk pada menu start melalu desktop.
  5. Anda bisa memasuki menu Device Manager sekali lagi, lalu cari menu hardware.
  6. Cari ‘keyboards’ lalu klik kanan dan pilih properties. Setelah itu cari menu driver.

Demikianlah 3 cara memperbaiki keyboard laptop yang error, semoga bermanfaat bagi anda.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan