3 Fakta Game Ragnarok Mobile Sangat Populer

noobstation.net

Game berbasis online tentunya sudah bukan hal yang asing di era sekarang. Mudahnya akses internet serta maraknya smartphone OS android di manfaatkan oleh pengembang game dengan baik. Sangat jarang orang – orang yang tidak menggunakan smartphone pada saat sekarang.

Kali ini, kami akan membahas tentang game online pada smartphone yang sedang populer baru – baru ini. Game yang digadang – gadang sebagai game online legendaris pertama di indonesia, yaitu Ragnarok Online atau RO. Dalam versi smartphone, Ragnarok Online di release dengan nama Ragnarok Mobile : Eternal Love.

Ragnarok M ini sangat populer dan bahkan ada pemain yang membuat situs forum khusus game ini. Dari hasil pengamatan kami, ada 3 fakta mengapa game ini menjadi sangat populer. Mari kita simak bersama – sama.

1. Game Online Legendaris

Jika anda adalah gamer online era tahun 2000an, pastinya anda mengetahui Ragnarok Online. Game online berbasis PC Windows XP ini pertama kalinya game bergenre action MMORPG (Massive Multiplayer Online Role Playing Game) ada di indonesia. Berbagai kalangan gamer online sangat menyukai game ini dan hampir dari mereka memainkannya. Bahkan mereka tidak ragu untuk mengocek kantong mereka untuk layanan game ini yang saat itu masih berbayar.

Dari tahun ke tahun, game ini tergerus oleh jaman dikarenakan performa grafik dan banyak game serupa yang di release pada tahunnya. Meski begitu, masih tetap banyak gamer yang memainkan game ini. 13 tahun adalah waktu yang sangat lama untuk umur sebuah game, dan RO server resmi ditutup bulan desember 2016 lalu. Saat itu pihak publisher menjanjikan seluruh data pemain akan di transfer pada server baru yang dikembangkan oleh publisher game lain.

Karena sejarah panjang inilah, banyak gamer yang belum mengenal Ragnarok tertarik untuk mencobanya dalam platform terbarunya.

2. Pemain Nostalgia

Setelah belasan tahun RO menemani mereka, tentunya itu adalah momen yang tak akan terlupakan bagi gamer setia RO. Pemain setia RO akan melirik sekuel game RO dalam platform lain dan tentunya dengan nuansa yang lain dan baru.

Pada tahun 2003, tentunya akses untuk bermain RO tidaklah mudah, mengingat game itu sendiri masih berbayar. Kebanyakan dari mereka adalah orang dewasa, dan setelah 13 tahun berlalu, tentunya sudah banyak yang berubah. Mengingat mudahnya akses internet dan portabilitas smartphone, membuat bermain game Ragnarok M sangatlah mudah. Tentu saja gamer lawas sangat ingin mencobanya.

Perubahan pada versi mobile tentunya sangat signifikan. Setidaknya para gamer lawas tetap ingin mencobanya, evolusi game yang memiliki sejarah tersendiri bagi mereka.

3. Ragnarok Online 2 Dianggap Gagal

Setelah hampir 10 tahun RO di release, Gravity Corporation ( Pengembang Game RO) me-release sekuel game ini dengan nama Ragnarok Online 2 : Legend of The Second. Saat masih preview (belum di release) game ini sangat ditunggu – tunggu RO mania. Pe-release an pertama pada bulan maret 2012 dan mulai ekspansi pada server SEA (South East Asia) yang indonesia adalah salah satu bagian dari region SEA.

Lantas, apa yang terjadi saat release di region SEA? Ternyata jauh dari harapan. RO 2 ini sangat mengecewakan bagi RO mania. Banyak pendapat subyektif yang kami dapatkan dari pemain RO 2. Setelah staff kami mencobanya sendiri, ternyata faktor utama yang membuat pemain RO 2 kecewa adalah desain dan playstyle yang ditawarkan tidak sesuai.

Seperti yang kita ketahui, RO yang di release pada tahun 2003 adalah game lawas dengan grafis 2D serta teksturnya pixelated. Berbagai macam harapan dari gamer lawas pun penuh dengan warna – warna. Grafik yang memukau atau playstyle yang masih identik. RO 2 tidak mempunyai dua harapan itu dari para gamer lawas.

Grafis 3D yang medioker, tentu tidak akan mampu bersaing dengan game – game MMORPG pada tahun 2013 yang menawarkan grafis dan playstyle lebih baik. Akhirnya pun, publisher (penerbit) lokal pun berpikir dua kali untuk menerbitkan game ini untuk kancah lokal. Sedangkan akses untuk bermain pada server SEA yang diterbitkan oleh Steam tergolong sulit.

Ragnarok Mobile pun menjadi salah satu penebus rasa bersalah Gravity Corporation untuk para pecinta Ragnarok.

Tinggalkan Balasan