3 Tipe Gamer Berdasarkan Viapulsa

Berbicara tentang game pastinya semua orang sudah mengetahui apa itu game. Ada juga yang yang menyebutkan bahwa bermain olahraga seperti sepak bola, basket, dan bulu tangkis sebagai game. Bahkan bermain petak umpet, ular tangga, dan berbagai permainan lawas lainnya juga disebut-sebut sebagai game.

Sebenarnya, ada juga pengkategorian gamer seperti berikut. Tetapi, kali ini kami akan membahas tipe-tipe gamers berdasarkan Viapulsa.

1. Casual Gamer

Dari kata casual atau kasual yang bisa diartikan sebagai “biasa saja” tentu sudah bisa di bayangkan bagaimana gamers tersebut. Casual Gamer adalah orang-orang yang memainkan game hanya untuk mengisi waktu. Biasanya game yang dimainkan adalah jenis-jenis permainan yang mudah untuk dan dimainkan, berdurasi pendek, dan tidak membosankan meskipun game yang tidak membosankan adalah sebuah penilaian subyektif, yang artinya masing-masing orang memiliki selera tersendiri dalam memilih game. Beberapa dari mereka juga memilih bermain di device portable seperti smartphone,nintendo switch,atau PS Vita. Contoh game yang sering dimainkan Casual Gamer adalah Candy Crush, Dinner Dash, Zuma, Solitaire, dan sebagainya

2. Advanced Gamer

DoTA2, League of Legend, Mobile Legend, atau AOV pastinya anda sudah sering mendengar game ini bukan? Ya, itu semua adalah game berbasis online atau disebut sebagai MOBA (Multiplayer Online Battle Arena). Disinilah Advanced Gamer berada. Mayoritas dari mereka adalah pemain game tersebut. Advanced Gamer biasanya memilih game online untuk dijadikan permainan utama mereka karena jenis game ini mencakup hampir seluruh elemen yang ada pada game. Contohnya tingkat kesulitan permainan yang menengah, berinteraksi dengan pemain lain, durasi bermain yang cenderung sangat lama, dan juga ada beberapa pemain yang melakukan RMT (Real Money Trading) atau bisa disebut berjualan di dalam game. Sebenarnya hampir semua game berbasis online melarang kegiatan RMT, tapi beberapa game online memiliki kekurangan dalam memonitor pemain-pemain tersebut, dan juga banyak pemain yang punya cara tersendiri agar selalu aman.

Kebanyakan gamer ini memilih komputer dan laptop yang berlabel Gaming untuk dijadikan sebagai peralatan mereka. Ada juga pemain yang memainkan game offline yang memiliki kualitas grafis dan gameplay yang memukau, beberapa Advanced Gamer juga sangat menyukai jenis game tersebut. Contoh lain game yang sering dimainkan Advanced Gamer adalah PUBG, CS-GO, DragonNest, GTA V, The Witcher, Assasin Creed, dan sebagainya.

3. Hardcore Gamer

Disinilah kita akan membahas tipe gamer yang disebut juga sebagai gamer kelas berat. Apa yang membuat beberapa mengatakan gamer kelas berat? Karena gamer jenis ini sangat kritis dan krusial terhadap game yang dimainkannya. Sedikit kesalahan atau hal yang tidak disukai terjadi dalam game yang mereka mainkan akibat dari sistem game itu, tentunya mereka akan memberikan rating yang buruk. Sentuhan grafis, jalan cerita dalam game dan bahkan segmen audio sound atau disebut sebagai BGM (Background Music) pun sangat diperhatikan oleh Hardcore Gamer. Mereka bisa dengan mudah kecewa jika tiga faktor tersebut tidak memuaskan . Pemain jenis ini juga memainkan game dari tingkat termudah sampai tersulit hingga bermain melawan para pemain lain yang memiliki kemampuan tinggi. Beberapa professional player e-sports pun bisa dikatakan sebagai Hardcore Gamer dikarenakan kemampuan bermain yang mereka miliki.

Di pembahasan Gamer Hardcore ini, mereka yang bermain di mesin arcade pun terbilang kelas berat pada jalur tertentu. Khususnya mereka yang sangat memahami mesin arcade dan game yang mereka mainkan. Game arcade memiliki desain mesin masing-masing bergantung pada jenis game itu sendiri

Hardcore Gamer seringnya memilih peralatan console seperti PlayStation4 atau Xbox One. Akan tetapi ada juga yang menggunakan komputer berspesifikasi tinggi untuk dijadikannya sebagai peralatan bermain game. Contoh permainan yang dimainkan Hardcore Gamer Assasin’s Creed Odyssey, Devil May Cry 3, Far Cry 5, Monster Hunter: World, dan sebagainya.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan