5 Fundamental Membeli Earphone atau Headset

Background Artikel 5 Fundamental Membeli Earphone Atau Headset

Di kesempatan sebelumnya, kami pernah membahas beberapa artikel tentang jenis-jenis, fitur audio pada smartphone, dan rekomendasi beberapa earphone jenis IEM. Pada artikel ini, kami akan membahas fundamental yang harus diperhatikan saat membeli earphone atau headset.

Sebelum membahas lebih, kami ingin menjelaskan secara singkat macam-macam variasi dan device-nya. Secara variasi, ada IEM, Over Ear, On Ear, dan Earbuds. Jika secara device yang digunakan, yaitu seperti smartphone, DAP (Digital Audio Player), dan Laptop/PC. Berikut  contoh gambar yang menunjukkan spesifikasi sebuah earphone atau headset.

Keterangan Spesifikasi Pada Earphone In-ear Monitor
Contoh Spesifikasi Earphone IEM

Disini kami tidak akan membahas secara mendetail spesifikasi tersebut. Kami hanya akan mengulas spesifikasi terkait dengan fundamental yang penting saja. Mari kita simak bersama-sama.

1. Device Yang Akan Digunakan

Seperti yang sudah ada di atas tentang device apa yang digunakan, ini adalah hal yang sangat penting. Anda harus menentukan device apa yang anda gunakan untuk di-pair dengan earphone atau headset yang akan anda beli.

Jika anda menggunakan smartphone atau DAP low end, anda harus memperhatikan spesifikasi impedance/impedansi yang artinya hambatan yang dihasilkan dari driver earphone/headset tersebut. Mengapa impedance penting?

Karena toleransi yang dimiliki smartphone hanya 32ohms dan DAP low end hanya mencapai kisaran 60ohms. Bahkan laptop/PC dengan soundcard bawaan pun tidak mampu mengatasi impedance lebih dari 32ohms.

Sebenarnya, impedance lebih dari 32ohms tetap akan menghasilkan suara, tetapi banyak hasil suara yang tidak maksimal, salah satunya yang akan terasa secara langsung adalah volume atau kerasnya suara. Suara yang dihasilkan tidak akan bisa keras, dan akhirnya pun banyak bentuk – bentuk suara yang tidak terdengar.

Jika anda memiliki earphone atau headset dengan impedansi yang tinggi, anda harus menambahkan perangkat audio DAC AMP untuk memaksimalkan potensi earphone anda.

2. Variasi Jenis

Menggunakan headphone Over Ear untuk aktifitas padat di luar ruangan, tentunya ini adalah pilihan yang buruk, mengingat jenis Over Ear berukuran besar dan tidak ringkas. Dalam hal ini, anda juga harus memilih jenis seperti apa yang anda butuhkan. Masing-masing jenis memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri.

Sebagai contoh, anda ingin menggunakan dalam durasi waktu yang lama, dan anda berada di dalam ruangan. Tentu saja Over Ear adalah pilihan terbaik, kenyamanan digunakan saat dalam ruangan, kualitas dan isolasi suara yang baik, dan tidak melelahkan saat digunakan dalam durasi panjang.

Saat di luar ruangan, mungkin anda akan membutuhkan IEM yang ringkas. Pemilihan IEM pun anda harus melihat bagaimana kualitas isolasinya. Terkadang isolasi terlalu baik akan berbahaya bila anda beraktifias banyak diluar ruangan.

Adapun istilah Closed Back dan Open Back. Ini juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Secara singkat, Closed Back yang artinya housing tertutup dan memiliki kelebihan pada isolasi yang baik. Sementara Open Back memiliki sirkulasi atau ventilasi pada housing headset yang memiliki keunggulan pada suara lebih lepas dan natural, tetapi isolasi kurang baik serta orang yang berada di dekat anda juga bisa sedikit mendengarkan apa yang anda mainkan.

3. Brand atau Merek

Audio Technica, Sennheiser, HiFiman, AKG, beats, dan Jabra tentu saja anda sudah mengetahui salah satunya. Ini juga bukan hal paten ketika anda menentukan kualitas yang terbaik. Seperti yang kita ketahui, setelah pasar smartphone android didominasi oleh xiaomi produsen dari china, produsen – produsen audiodari china pun ekspansi dalam negeri.

Mereka menawarkan kualitas yang bagus dengan harga yang di bawah rata-rata juga. Kami pernah menguji secara langsung dan melihat beberapa referensi dari pengguna tentang kualitasnya, dari segi suara sangat baik, tetapi beberapa dari mereka memiliki kualitas pembuatan yang kurang baik dan kurangnya konsistensi dalam quality control.

4. Harga dan Budget

Harga barang yang mahal pasti lebih baik! Sebaiknya anda jangan berpikir seperti itu dulu. Harga earphone yang lebih mahal, belum tentu anda cocok dengan selera anda. Kualitas suara, desain, dan kualitas pembuatannya sangat variatif. karakter suara balance, netral, atau flat sangat tidak disarankan untuk anda yang menikmati musik bernuansa fun.

Mengapa begitu? Karena karakter suara netral atau flat digunakan untuk memonitor rekaman suara profesional, sehingga tidak ada penambahan suara di bass atau treble. Semua benar-benar rata.

Biasanya kualitas suara tersebut juga memiliki rentang harga yang agak mahal. Desain IEM yang kabelnya melingkari telinga juga tidak semua orang menyukai desain tersebut. Bahan pembuatan-pun juga tidak selalu yang mahal akan menjadi lebih baik, karena earpiece pada IEM yang berbahan metal membuat beberapa orang tidak nyaman. Akan lebih baik jika anda memilih dengan baik apa yang anda suka dan perlukan. Pilihan yang ditawarkan produsen sangatlah banyak.

5. Aksesoris Tambahan

Penggunaan dalam waktu yang sebentar dan ternyata earphone anda rusak.Kebanyakan dari anda akan berpikir bahwa kualitas dari earphone itu buruk.Tentu saja itu tidak sepenuhnya benar.

Saat anda memilih earphone berkualitas di segmen harga low-mid entry, tentu saja anda tidak akan menemukan kualitas pembuatan yang buruk dari produsen. Penggunaan dan perawatan harus selalu diperhatikan.

Beberapa earphone atau headset menawarkan kabel yang bisa dilepas atau disebut detachable cable. Inilah yang sering di cari oleh sebagian orang. Detachable cable dapat memperpanjang umur earphone atau headset anda, karena ketika hanya kabel yang rusak, anda tidak perlu repot membawanya ke ahli reparasi audio, anda hanya perlu menggantinya dengan kabel yang mendukung.

Aksesoris lainnya seperti earpads pada OEM atau On Ear, dan eartips pada IEM juga menambah kenyamanan anda dalam melakukan fitting. Beberapa diantaranya juga mendukung aksesoris after market (produsen pihak ketiga).

Wired atau wireless juga menjadi pilihan banyak orang saat ini, semenjak fitur aptX besutan qualcomm yang menjanjikan wireless tanpa lossless (suara yang hilang).

Dari lima fundamental yang kami sebutkan, semoga anda tidak salah dalam memilih earphone atau headset yang anda inginkan, semoga bermanfaat. 

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply