5 Jajaran Earphone Dengan Harga Bikin Geleng Kepala

Setelah membahas beberapa artikel mengenai earphone beserta beberapa rekomendasi, kali ini kami akan menilik earphone yang bisa bikin geleng kepala. Jajaran earphone dengan kualitas ekslusif dan premium ini juga disebut sebagai Top Tier atau God Tier oleh para audiophile. Ada juga sebagian yang menyebutkan bahwa hal tersebut tidak worth it.

Berbagai pendapat dari macam-macam kalangan terlontar ketika membicarakan hal ini, terutama pada forum head-fi yang notabene rumah bagi para pecinta audio. Karena itu, mari kita simak bersama-sama seperti apa earphone tersebut.

1. 64 Audio Tia Fourte

Bagi orang awam, brand 64 Audio terdengar sangat asing, bahkan pecinta audio entry level juga mungkin tidak banyak yang mengetahuinya. Inilah earphone yang bisa membuat anda terheran-heran dari aspek apapun. Selain harganya yang tinggi, kualitas earphone ini benar-benar memukau. Driver earphone ini terdiri dari 3 Balance Armature dan 1 Dynamic Driver.

Dari build quality nya, earphone ini memang sangat premium dengan desain yang unik. 64 Audio mengklaim bahwa mereka menggunakan teknologi apex (Air Pressure EXchange). Nama Tia sendiri adalah singkatan dari teknologi driver earphone high-end yaitu Tubeless In-ear Audio. IEM ini dibanderol dengan harga 3600 USD atau kurang lebih 50 juta rupiah.

2. Shure KSE1200

Sama seperti halnya seperti 64 Audio, mungkin brand Shure juga kurang dikenal. Sebagian orang yang baru saja mengetahuinya mengira bahwa Shure adalah pabrikan asal Jepang. Sebenarnya brand ini berdiri di Amerika pada tahun 1925. Di audio system, mungkin beberapa orang sudah mengenalnya karena Handheld Mic besutannya.

Tidak seperti earphone lainnya yang menggunakan driver Balance Armature atau Dynamic Driver, KSE1200 menggunakan driver Electrostatic yang notabene hanya terdapat pada headphone kelas premium seperti STAX SR-009S. Dari segi driver yang digunakan saja sudah terlihat seberapa premiumnya KSE1200. Power source bawaan earphone ini juga khusus karena driver Electrostatic membutuhkan daya lebih.

Ada juga jenis KSE1500 yang menggunakan integrated dac. Produk tersebut dikhususkan untuk low source device seperti smartphone, low end DAP, dan Perangkat lainnya tanpa DAC AMP.

3. Noble Katana

Salah satu produsen yang belum dikenal oleh masyarakat luas dan memiliki harga yang sangat tinggi. Perusahaan Noble Audio sebenarnya terkenal di kalangan audiophile karena digadang sebagai IEM dengan kualitas audio yang sangat balance. Semua aspek frekuensi audio dengan baik di resolusikan oleh Noble Katana.

Dari segi desain, hampir semua brand dari Noble Audio terlihat sama, terkecuali jika pembeli meminta custom design saat mereka melakukan pembelian. Driver yang digunakan Noble Katana sebenarnya cukup unik, karena hanya menggunakan Balance Armature yang secara umum hanya menguasai frekuensi high atau treble dengan baik. Tetapi setelah mencoba nya langsung, kualitas suara low atau bass benar-benar memukau dan tidak ada kekurangan sama sekali.

IEM ini bisa didapatkan dengan harga 1850USD atau kurang lebih 26 juta rupiah.

4. Sony IER-Z1R

Nama Sony tentu saja sudah tidak asing lagi bagi anda, dan mungkin juga tidak terlalu mengherankan jika pabrikan raksasa asal Jepang itu menciptakan perangkat yang berharga tinggi. Sony memang terkenal segmented dalam mengarungi perdagangan. Memiliki setiap divisi khusus untuk mengelola produk masing-masing secara spesifik.

Pada segmen audio, Sony memang dikenal cukup mengesankan dengan DAP, Headphone, earphone, dan bahkan wireless audio nya. Earphone Sony IER-Z1R merupakan brand premium dari Sony. Meski hanya menggunakan driver 1 Balance Armature dan 2 Dynamic Driver, tuning dari IEM ini cukup impresif. Bisa dikatakan bahwa ini adalah IEM terbaik dari Sony.

Dari website resmi Sony, IEM ini memiliki harga 1999USD atau setara 28 juta rupiah.

5. Audeze LCD-i4

Lagi-lagi brand yang tidak populer di masyarakat secara luas, inilah Audeze. Di kalangan pecinta audio, Audeze memang terkenal dengan headphone planar yang mengesankan. Sekedar info singkat, planar adalah driver audio yang harganya diatas driver balance armature dan dynamic driver secara umum.

Secara desain, LCD-i4 ini cukup unik dan eye catching. Dari segi kualitas suara pun, IEM ini memberikan nuansa suara headphone. Maksudnya adalah, secara umum soundstage dan imaging headphone lebih luas, dan ini terdapat pada LCD-i4. Beberapa orang memang berpendapat bahwa perangkat audio yang menggunakan driver planar memiliki resolusi bass, soundstage, dan imaging yang luas sehingga nuansa Live Music bisa didapatkan.

Earphone unik ini memiliki harga 2500USD atau jika dirupiahkan kurang lebih 35 juta rupiah.

Tertarik untuk mencobanya? Mungkin jika di kota anda terdapat Jaben Audio Store, anda bisa mencobanya dengan catatan barang tersebut ada dalam display atau memang diperbolehkan untuk dicoba.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan