5 Tempat Wisata Madiun Yang Jarang Diketahui

wana wisata di daerah madiun

Kota pecel dan kota pendekar, mungkin ini sebutan yang cocok untuk Madiun. Wilayah ini juga dilintasi jalur utama Surabaya-Yogyakarta. Bagi masyarakat, mungkin tidak banyak yang mengetahui jika wilayah Madiun memiliki wisata alam yang menyegarkan. Bahkan mungkin untuk orang-orang setempat pun ada yang belum mengetahuinya.

Hal tersebut sebenarnya wajar saja mengingat wilayah Madiun tergolong cukup luas. Beberapa wilayah Madiun juga berada di dekat Gunung Wilis, karena itu wisata alamnya sangat sejuk dan asri.

Berikut 5 tempat wisata Madiun yang jarang diketahui

1. Wisata Alam Grape

pintu masuk wana wisata grape di madiun

Tempat wisata ini sebenarnya tidak asing lagi bagi warga Madiun. Dengan panorama pepohonan rindang dan aliran sungai yang segar dan bersih menjadi andalan Wisata Alam Grape. Tidak hanya itu saja, di beberapa lokasi juga terdapat pemandangan hutan dan sawah yang bisa kita lihat dari atas.

Beberapa masyarakat Madiun yang sudah terbiasa mungkin menganggap destinasi wisata ini sederhana, tetapi bagi anda yang jarang melihat panorama alam, tempat wisata ini sangat direkomendasikan. Wisata ini berada di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun

2. Hutan Pinus Nongko Ijo

plang atau tanda area hutan nongko ijo di madiun

Seperti namanya, tempat wisata ini dipenuhi dengan banyak paparan pohon pinus yang tinggi. Luas hutan ini sendiri cukup besar. Tidak seperti Wisata Alam Grape yang viral sudah cukup lama, sebenarnya tempat ini baru saja terkenal di kalangan muda-mudi Madiun. Tidak hanya panorama hutan luas dengan pohon pinus tinggi saja, tempat ini juga menyediakan beragam fasilitas menarik, khusunya spot untuk fotografi. Kawasan ini juga menyediakan titik tempat lain untuk perkemahan.

Hutan Pinus Nongko Ijo berada di Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Tempat wisata ini bisa jadi destinasi rekomendasi untuk anda karena terbilang hutan pohon pinus yang terbuka dengan panorama beserta tempat santai yang memanjakan.

3. Air Terjun Kedung Malam

salah satu spot air terjun kedung malam

Tidak jauh dari wisata Hutan Pinus Nongko Ijo, tempat ini bisa dijadikan destinasi selanjutnya bagi anda yang menyukai panorama air terjun dikelilingi lereng bebatuan yang tinggi. Tempat ini berada di antara lereng bukit sehingga anda perlu menempuh perjalanan kaki kurang lebih 700m atau kurang lebih 15 menit. Meski terasa cukup jauh, ketika anda tiba di tempat, nuansa yang disajikan sebanding dengan jarak tempuh.

Masih sama dengan Hutan Pinus Nongko Ijo, tempat wisata ini berada di Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.

4. Waduk Bening Widas

pemandangan perairan waduk bening widas madiun

Meski awalnya waduk ini digunakan sebagai pembangkit listrik dan irigasi, tetapi kini juga digunakan sebagai wahana rekreasi. Tempat ini masih sangat alami dan luas. Di bagian bendungan sering diadakan kegiatan perkemahan dan spot memancing ikan. Bagi anda yang suka dengan wisata perairan, inilah tempat yang cocok. Wisata Waduk Bening Widas juga menyediakan fasilitas dan beberapa pelayanan yang cukup baik. Selain kemah dan memancing, anda juga bisa melakukan canoing.

Lokasi Waduk ini berada di Desa Pajaran, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun.

5. Taman Wisata Gunung Kendil

pintu masuk taman wisata gunung kendil di madiun

Tidak seperti taman wisata gunung lainnya, Taman Wisata Gunung Kendil ini dinilai cukup keramat dan memiliki nuansa spiritual. Meski begitu, tidak ada permasalahan dari para wisatawan yang sudah mengunjungi tempat ini. Dengan bebatuan besar dan perbukitan hutan serta hamparan sawah menjadi daya tarik utama tempat wisata ini. Menariknya lagi, meski dengan perbukitan hutan, tempat ini didominasi tebing kecokelatan tanpa pepohonan.

Taman Wisata Gunung Kendil berada di Desa Pilangrejo, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Selain panorama alam, tempat wisata ini juga menyediakan fasitilas seperti gazebo, arena balap motor dan mobil off road. Ada juga tempat untuk menyaksian sunset atau matahari terbenam.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply