6 Makanan Khas Madiun, Ada Yang Mirip Gochujang !

bahan-bahan membuat pecel

Kembali lagi membicarakan Madiun, Wilayah yang terkenal dengan nasi pecel, pencak silat, kereta api INKA, hingga sejarah PKI. Hal tersebut sudah menjadi identitas unik bagi Madiun. Ada juga yang menyebut Madiun sebagai kota brem. Bagi anda yang memiliki hobi kuliner, 6 makanan khas Madiun ini wajib dicoba. Pecinta drama Korea pun juga, karena ada yang mirip dengan makanan khas korea gochujang.

Berikut 6 makanan khas Madiun yang harus di coba

1. Nasi Pecel

nasi pecel khas madiun dengan bungkus daun pisang

Seperti yang sudah disebutkan, nasi pecel atau sego pecel, sebutan bagi warga setempat. Nasi pecel memang sudah menjadi kuliner legenda Madiun. Beberapa wilayah seperti di Blitar dan Yogyakarta juga memiliki nasi pecel khas mereka tersendiri. Bagi pecinta kuliner ini, Nasi pecel khas Madiun lah yang tidak terlupakan. Bahkan sambel pecel khas Madiun menjadi target utama oleh-oleh banyak orang.

Nasi pecel biasanya disajikan di daun pisang beralaskan piring lidi atau disebut sebagai pincuk.

Nasi pecel khas Madiun terdiri dari beberapa sayuran yang direbus dan dilumuri sambel kacang. Sambel kacang inilah yang dijadikan oleh-oleh dan identik sedikit pedas. Sayurannya sendiri terdiri dari kacang panjang, toge, timun, dan daun singkong. Beberapa orang juga suka menggunakan daun pepaya.

2. Nasi Jotos

nasi jotos madiun dengan lauk bihun, tahu balado, telur dadar, dan sambal tomat

Makanan ini sebenarnya memiliki sejarah tersendiri, yaitu nasi yang dibungkus membentuk kepalan tangan siap untuk meninju atau menjotos, karena itu namanya nasi jotos atau sego jotos. Kuliner ini sebenarnya sangat sederhana, warga sekitar sering mengkonsumsi nasi jotos sama layaknya nasi pecel.

Kini, nasi jotos sudah tidak banyak yang dibungkus seperti kepalan tangan, ada juga yang disajikan di piring biasa. Kuliner ini mudah untuk ditemukan, sering disajikan di warung-warung sekitaran.

Nasi jotos ini terdiri dari nasi putih beserta lauk pauk seperti tempe, tahu balado, telur, dan mie atau bihun beserta sambal. Sederhana bukan? Jangan salah, poin penting pada kuliner ini adalah sambal tomat yang benar-benar akan menjotos anda. cita rasa dari sambal tomat nasi jotos benar-benar membuat makanan ini terasa nikmat dan menggugah selera.

3. Brem

beberapa bungkus brem dengan isinya

Makanan atau bisa disebut sebagai jajanan ini dibuat dari hasil fermentasi ketan hitam yang diambil sarinya saja, kemudian diendapkan dalam waktu sekitar dua hari. Tampilan dari brem sendiri seperti potongan-potongan kayu putih. Sebenarnya, brem ini sedikit mirip dengan permen. Mengapa demikian?

Sensasi makan brem ini cukup unik karena dia akan mencair ketika mulai menyentuh lidah dan ada sedikit rasa asam manis yang menggelitik di lidah. Seperti permen bukan? Tetapi sensasi ini terbilang cukup tak terlupakan dan unik.

Brem dikemas dalam bermacam-macam ukuran. Biasanya, satu bungkus brem berisi empat buah berukuran 15cm x 5cm x 0,5cm. Sekarang, ada juga yang mengemas berbentuk persegi kecil-kecil yang menyesuaikan ukuran sekali lahap.

4. Pentol Corah

pentol corah dengan sambal yang pedas beserta cemilan lainnya

Ini dia, bagi kalian pecinta drama Korea, kuliner kali ini memiliki banyak kemiripan. Dengan sambal yang kental dan luar biasa pedasnya, makanan ini benar-benar wajib anda coba. Tetapi hati-hati karena sambal pentol corah sangatlah pedas, meskipun anda bisa meminta agar tidak terlalu pedas.

Jika gochujang dibuat dari tepung beras dan texturnya kenyal dan lembut, pentol corah juga hampir serupa. Perbedaannya adalah makanan ini terbuat dari tepung terigu, kanji, dan rempah-rempah. Ketika sudah jadi, pentol corah dipotong-potong menjadi kecil.

Pentol corah biasanya juga dihidangkan bersama dengan cakar ayam dan krupuk bawang. Penjual pentol corah di Madiun terkenal di daerah Desa Rejomulyo, Kecamatan Kartoharjo.

5. Kripik Tempe

beberapa satuan kripik tempe yang siap dikemas

Bagi kalian, mungkin makanan ini terbilang sederhana dan bisa ditemukan dimana saja. Benar saja, karena memang makanan ini merakyat. Kripik tempe ini awalnya berasal dari Ngawi, Kabupaten Madiun. Meski dimana saja anda bisa mendapatkannya, anda perlu mencobanya langsung yang khas Madiun. Karena ada sedikit perbedaan disini.

Biasanya, kripik tempe yang diproduksi di Madiun memiliki sedikit cita rasa jeruk yang berasal dari ekstraksi daun jeruk. Di Madiun pun juga terkenal akan produksi tempe nya di kawasan Kartoharjo.

6. Roti Bluder

satu paket roti bluder cokro

Meski bisa dibilang bukan “khas Madiun” tetapi anda hanya bisa mendapatkannya di Kota Madiun. Inilah roti yang dinilai legendaris berasal dari perusahaan roti yang dulunya hanya UKM. Roti ini memang terlihat seperti roti biasanya, tetapi anda akan berubah pikiran ketika mencobanya langsung.

Keistimewaan roti ini adalah teksturnya yang sangat lembut dan manis nikmat. Harganya yang terjangkau juga membuat roti ini menjadi perburuan keras.

Jika hanya Roti Bluder saja, mungkin tidak terkesan khas Madiun. Roti Bluder ini sebenarnya terkenal sebagai khas Madiun karena produsen bernama Bluder Cokro. Beberapa orang yang mendengar nama Bluder Cokro, pasti langsung mengetahui bahwa produsen tersebut berasal dari Madiun.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply