fbpx

7 Seni Tari Yang Populer Di Indonesia

Seorang wanita yang menari tarian yapong dari jakarta

Seni Tari Indonesia memang tidak terlepas dari nuansa etnik nan unik. Gerakan luwes yang diiringi musik tradisional beserta penari berkharisma memang tidak bisa dianggap remeh. Seni Tari di Indonesia sering digunakan sebagai pertunjukkan untuk menyambut tamu dari lain daerah, peringatan hari adat, atau bahkan bentuk ritual kepercayaan. Karena itu nuansa etnik, unik dan perasaan spiritual tidak pernah lepas dari seni tari.

Kali ini, kami akan menyebutkan beberapa seni tari yang populer di kalangan masyarakat lokal maupun mancanegara.

1. Tari Kecak — Bali

Penampilan tari kecak di Bali yang dinikmati oleh para turis

Seni tari ini berasal dari cerita Ramayana. Sering sekali wisatawan tertarik untuk mengetahui cerita Ramayana yang diperagakan oleh tarian Kecak ini. Dalam upacara keagamaan, tari ini juga disebut sebagai Sang Hyang.

2. Tari Jaipong — Jawa Barat

4 Wanita yang membawakan tarian jaipong di pertunjukan panggung

Gerakan tari yang atraktif dan dinamis, juga penari wanita asal Jawa Barat yang dinilai lebih dalam kecantikannya. Ya, inilah tari Jaipong yang berasal dari Jawa Barat. Seperti yang sudah disebutkan, singkatnya daya tarik tari Jaipong adalah penari wanita yang cantik dengan gerakan memukau.

3. Tari Gambyong — Jawa Tengah

Para wanita membawakan tarian gambyong pada festival tahunan

Masyarakat Jawa sangat identik dengan kelembutan dan keluwesan. Adapun istilah “Putri Solo” karena menggambarkan sosok yang lembut dan gemulai. Tari Gambyong merupakan seni tari yang bisa mengilustrasikan hal tersebut. Tari ini juga dijadikan sebagai tarian hiburan dan sambutan pada masa Kraton Surakarta atau Solo.

4. Tari Serimpi — Yogyakarta

6 Wanita yang membawakan tarian serimpi saat pertunjukan di dalam ruangan

Tari Serimpi hampir serupa dengan tari Gambyong, dimana tarian ini menggambarkan kesopanan dan kelembutan. Seni tari ini awalnya digunakan sebagai acara kenegaraan dan peringatan kenaikan tahta Sultan. Sifatnya yang sakral dan bertahta membuat penari tari Serimpi dipilih oleh keluarga kerajaan. Saat ini, Tari Serimpi sudah lebih terbuka dan adapun sumber yang mengatakan bahwa gerakan tarian ini sedikit berubah meski memiliki inti yang sama.

5. Tari Yapong — Jakarta

Tarian Yapong yang dipentaskan pada acara di Versailes

Salah satu seni tari tradisional yang dinilai unik dan bebas. Ini karena tari Yapong memiliki inti penyampaian yaitu suka cita dan sosialisasi masyarakat Betawi di Jakarta yang bersifat kontemporer. Dengan ekspresi gembira dan energik, gerakan tari ini variatif karena sifatnya yang kontemporer. Tari Yapong terus berkembang dengan berbagai macam kreasi dalam setiap pertunjukan.

6. Tari Piring — Sumatera Barat

Tari Piring yang di bawakan oleh para pemudi lokal

Tarian yang dinilai unik karena menggunakan properti piring keramik. Penari membawa dua piring yang masing-masing berada di telapak tangannya. Gerakan tari Piring bisa terbilang cukup sulit karena gerakang tangan yang cepat dan teratur. Seni tari yang berasal dari Minangkabau ini juga sering dijuluki Seni Piring Terbang oleh beberapa masyarakat awam.

7. Tari Saman — Aceh

Tarian yang ditampilkan dengan posisi duduk

Mungkin seni tari Saman tidak terdengar familiar, tetapi jangan salah. Tari Saman yang berasal dari Aceh ini sudah melesat ke mancanegara dan diakui oleh UNESCO. Terbilang unik dengan formasi jumlah penari ganjil, posisi duduk, hanya menggunakan tangan, serta beberapa nyanyian di iringi suara-suara lain dari beberapa penari.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply