Aplikasi Google Yang Jarang Diketahui Manfaatnya

www.senork.com
www.senork.com

Di tahun 2018 ini semua pengguna ponsel android pastinya mengetahui google beserta aplikasinya. Wajar saja karena memang android adalah OS milik google. Tetapi, apakah semua orang mengetahui apa saja aplikasi google serta manfaatnya? Bahkan ada aplikasi pre-installed google yang pengguna belum paham maksud dan fungsinya.

Dalam pembahasan kali ini, kami bermaksud untuk memberitahukan kepada anda yang belum mengetahui beberapa aplikasi google yang memiliki fungsi sangat bermanfaat. Mari kita bahas lebih lanjut.

1. Google Drive

Banyak orang yang tidak memahami serta memaksimalkan aplikasi pre-installed ini pada smartphone mereka. Google Drive adalah aplikasi Cloud Service (penyimpanan data melalui internet) yang tidak hanya menawarkan menyimpan data-data saja? Tetapi juga menyimpan data-data penting yang ada di smartphone seperti kontak telepon, data aplikasi yang bisa tersimpan, data aplikasi chatting yang dapat tersimpan, dan data save game.

Kami menyebutkan data aplikasi yang bisa tersimpan karena ada beberapa aplikasi yang memberikan batasan (restriction) pada aplikasi lainnya atau mungkin fungsi aktifitasnya. Contohnya seperti aplikasi Google Authenticator yang tidak dapat menyimpan data OTP saat kita me-reset smartphone atau ganti smartphone dengan login akun google yang sama.

2. Google Keep

Jika berbicara aplikasi notepad, evernote, atau samsung note, semua pasti mengetahui apa kegunaan aplikasi ini. Google Keep adalah aplikasi note besutan google yang tidak pre-installed pada smartphone. Pengguna harus mendownload sendiri dari aplikasi Play Store. Aplikasi ini selain berguna untuk mencatat di smartphone, kita juga bisa melihat hasil catatan atau editing di browser PC. Sayangnya format halaman pada aplikasi ini hanya lurus ke bawah, tidak dapat di setting page to page.

3. Google Authenticator

OTP atau One Time Password adalah sandi yang digunakan untuk menambah keamanan pada saat login sebuah akun. Google Authenticator dapat me-manage berbagai aplikasi yang menggunakan integrasi cloud google untuk mengatur OTP. Seperti aplikasi game di PC, aplikasi online shop, dan sebagainya. Sudah sangat banyak aplikasi yang memanfaatkan OTP dari google authenticator.

4. Google Street View

Tersesat di jalan, mencari alamat hanya berdasarkan bentuk rumah, atau bahkan jalan adalah hal yang melelahkan, disinilah tugas Google Street View. Aplikasi ini dapat membantu anda untuk melihat dan menjelajah secara nyata lokasi yang anda cari. Di tahun ini, Indonesia juga semakin memperluas jangkauan Google Street View berkat Google Indonesia dan tim penjelajah Google Street View.

5. Google Play Music

Hanya memutar musik dan tampilan yang bertema material, itulah komentar yang dikatakan banyak pengguna setelah menggunakan Google Play Music. Fitur tersembunyi dan sedikit tricky inilah yang membuat orang enggan atau bahkan orang tidak tahu bagaimana fungsi Google Play Music yang sebenarnya, yaitu upload music up to +20.000 yang berarti anda bisa mengupload musik kesayangan anda hingga 20.000. Sayangnya fitur ini hanya terbuka secara penuh di negara-negara yang sudah mendukung saja. Ada beberapa tutorial yang bisa membuat anda mengupload musik anda dan memutarnya dari smartphone. Jika anda berada di negara-negara yang sudah mendukung, anda bahkan bisa menikmati banyak layanan musik dari artis dan musisi yang terkenal.

6. Google Document

Berbicara mengenai microsoft office, tentunya sudah terbayangkan tentang microsoft word juga. Kali ini google juga memiliki aplikasi untuk mengolah file dokumen dengan fungsi yang sebenarnya sangat luar biasa, yaitu bisa bersama – sama mengolah meski dalam satu file. Aplikasi ini sangat memudahkan pengguna untuk bekerja sama atau bekerja kelompok membuat sebuah dokumen. Adanya fitur sharing benar – benar memudahkan pekerjaan yang harus dilakukan bersama meski tidak ditempat.

7. Google Spreadsheet

Aplikasi ini juga memiliki struktur fungsi yang sama seperti Google Document, bedanya adalah file yang diolah. Spreadsheet mengolah data table layaknya microsoft excel, dan penggunaan ini sangat bermanfaat pada pekerjaan. Sangat tidak jarang jika penggunanya adalah karyawan kantor dalam bidang keuangan.

Penggunaan aplikasi sangat bergantung pada penggunanya. Apabila ada aplikasi yang tidak tergunakan, alangkah baiknya jika anda uninstall/disable aplikasi tersebut agar beban kinerja smartphone anda berkurang. Meski smartphone jaman sekarang sudah memiliki spesifikasi yang canggih, tidak ada salahnya mengoptimalkan kinerja smartphone.

Tinggalkan Balasan