Call Center 112, Madiun Sudah Seperti Amerika

ilustrasi emergency call 112

Masih ingat ketika nonton film ada peristiwa dimana sang pemeran menelpon layanan darurat? Kali ini, khusus untuk kota Madiun juga ada layanan seperti itu. Layanan Call Center 112 Madiun, Pemkot resmi meluncurkan layanan ini pada akhir taun lalu, tepatnya 26 Desember 2019 lalu. Warga Madiun tidak perlu resah akan penanganan darurat karena layanan ini diharapkan mempercepat tindakan peristiwa darurat.

Sebenarnya layanan call center 112 ini sudah berjalan di kota-kota lainnya. Layanan ini juga sama halnya seperti layanan darurat 911 milik Amerika Serikat. Program ini merupakan inisiatif dari Kemenkominfo untuk menyediakan layanan call center gratis dan cepat.

Lalu, apa saja yang bisa kita laporkan ke call center 112? Berikut beberapanya.

1. Kecelakaan Lalulintas

Seperti yang kita ketahui, kecelakaan lalulintas bisa terjadi dimana saja. Terkadang petugas yang berwajib (Polantas) kurang cepat tiba menuju ke lokasi dikarenakan laporan yang kurang jelas, ataupun laporan yang ditujukan tidak berada di kantor polisi terdekat. Dengan adanya call center 112, petugas layanan 112 bisa dengan cepat meneruskan laporan kejadian ke petugas terdekat yang aktif.

2. Kebakaran

Peristiwa ini jarang terjadi di wilayah Madiun, sehingga harus diakui bahwa petugas pemadam kebakaran terkadang kurang tanggap. Penyebab lainnya juga karena tidak semua warga mengetahui nomor telpon atau cara melapor kepada petugas pemadam kebakaran. Dengan mengingat call center 112, warga lebih mudah untuk menghubungi petugas pemadam kebakaran yang lebih ahli dalam bertindak. Mengingat bahwa kejadian kebakaran terkadang juga melukai warga setempat yang membantu evakuasi.

3. Bencana Alam

Mungkin ilustrasi kita terhadap bencana alam disini adalah gempa, banjir, dan tanah longsor. Bencana alam yang dimaksud bukan itu saja, tetapi seperti pohon rubuh, jalan rusak, rusaknya kabel atau tiang listrik, dan sebagainya. Sering sekali disini warga setempat tidak tahu kemana melaporkan kejadian ini. Dengan melaporkan call center 112 yang mudah diingat oleh warga, setidaknya petugas bersangkutan terdekat bisa memberikan tindakan perbaikan pertama sebelum kerusakan semakin serius.

4. Tindakan Kriminal

Pencurian, perampokan, dan penganiayaan seringkali terjadi. Dalam kasus ini, terkadang korban enggan untuk melaporkan atau melakukan laporan ke pihak yang kurang tepat. Bahkan ketika warga merasa dan mengetahui ada tindakan kriminal, mereka juga tidak mau melaporkannya karena khawatir salah. Disinilah call center 112 akan sangat bermanfaat. petugas layanan 112 akan segera meneruskan laporan kepada petugas yang berwajib ketika sudah mendapatkan data yang valid dan tanpa melibatkan sang pelapor. Sehingga pihak yang melaporkan tidak terganggu sesaat ketika melaporkan kejadian.

5. Penertiban Lingkungan

Terkadang, kita sering melihat beberapa orang-orang yang tidak mengindahkan peraturan di jalan. Contoh seperti mencoret-coret tembok, mengendarai motor dengan suara knalpot bising, kegiatan minum miras, penggunaan narkoba, hingga kegiatan prostitusi. Hal ini dapat meresahkan lingkungan sekitar jika tidak ditindaklanjuti. Dengan layanan 112, eksekusi penertiban lingkungan dan tindak ilegal bisa diatasi dengan cepat.

Layanan 112 juga memanfaatkan GPS (Global Positioning System) yang terpasang pada perangkat smartphone atau elektronik lainnya, sehingga petugas bersangkutan yang berada di lokasi terdekat bisa langsung menuju ke tempat kejadian.

Berikut dua cara panggilan layanan 112 dan mekanisme singkatnya

1. Panggilan Melalui Telepon 112

Telepon melalui 112 bisa dilakukan dimana saja selama masih dalam jangkauan sinyal meski ponsel anda tidak terpasang SIM card. Panggilan ini juga bebas biaya, sehingga tidak perlu ragu akan biaya yang seharusnya tidak anda tanggung.

2. Aplikasi Smartphone Layanan Darurat 112

Fitur dari aplikasi ini adalah Panic Button yang akan mempermudah pengguna melaporkan kejadian. Setelah menekan tombol tersebut, petugas lapangan terdekat akan merespon dengan telepon, whatsapp, atau jika memungkinkan menggunakan radio walkie-talkie(HT).

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply