Cara Memperbaiki Mouse Wireless yang Rusak

Dewasa ini, penggunaan mouse wireless sangat banyak digunakan. Alasannya jelas karena menggunkan mouse wireless lebih enak, leluasa, dan nyaman dalam pengoprasiannya. Lebih lagi, saat ini harga mouse wireless tidak terlalu mahal dan banyak pilihannya di pasaran. Namun jelas, ada harga ada kualitas. Terkadan mouse wireless juga bisa mengalami kerusakan. Apakah mouse wireless bisa diperbaiki? Tentu bisa. Artikel ini akan memberitahu bagaimana cara memperbaiki mouse wireless yang rusak.

Penyebab rusaknya mouse wireless sangat beragam. Bisa saja mouse wireless Anda tidak terdeteksi atau sudah terdeksi namun tidak berfungsi dengan baik. Hal-hal kecil saja bisa mempengaruhi fungsi mouse wireless Anda. Di sini Anda perlu kejelian memperhatikan apa yang menjadi penyebab mouse wireless Anda tidak berfungsi secara semestinya.

simak juga cara memperkuat sinyal wifi laptop yang lemah

Cara memperbaiki mouse wireless yang rusak

Cara-cara untuk memperbaiki mouse wireless terbilang cukup sederhana dan tidak terlalu rumit. Umumnya masalahnya terjadi hanya karena keteledoran bukan karena komponen dalam mousenya yang rusak. Jika komponen dalamnya yang mengalami kerusakan, tentunya Anda lebih baik membeli yang baru. Berikut adalah langkah-langka yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki mouse wireless yang tidak berfungsi.

1. Nyalakan mouse wireless Anda

Pertama-tama, nyalakan mouse wireless anda, umumnya switch ON / OFF mouse wireless terletak di bagian bawah mouse. Intinya, mouse wireless Anda harus dalam keadaan menyala terlebih dahulu. Setelah itu, laptop pasti akan mendetekesi mouse woreless Anda. Jika Anda telah menyalakan mouse wireless Anda namun laptop Anda belum mendeteksinya, Anda harus tetap memperhatikan langkah-langkah ini sampai akhir.

2. Ganti baterai

Terkadang, Anda tidak tahu kalau baterai mouse wireless anda sudah habis karena memang tidak ada indikator baterainya. Anda bisa mencoba untuk mengganti baterai mouse wireless Anda. Perhatikan juga kondisi baterai yang digunakan untuk mengganti baterai mousenya. Pastikan baterai itu dalam kondisi baru supaya bisa lebih dipastikan.

simak juga cara memperbaiki touchpad laptop asus yang tidak berfungsi

3. Cek dongle mouse wireless Anda

Saat setelah Anda mengganti baterai mouse wireless Anda, namun mouse Anda masih tidak terdeteksi, Anda bisa mencoba untuk mengecek dongle atau penerima sinyal mouse wireless anda yang umumnya berbentuk USB. Coba untuk melepas penerima sinyal itu dan pasang lagi, atau pindah port tempat mencolokkannya. Cara ini umumnya berhasil saat komunikasi antara mouse wireless dan penerima sinyalnya terganggu.

4. Install ulang driver mouse wireless Anda

Ini merupakan cara memperbaiki mouse wireless yang rusak yang paling terakhir saat langkah-langkah di atas semuanya sudah dilakukan masih belum menemui titik berhasil. Untuk melakukan install ulang driver mouse wireless ini caranya cukup sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Jangan lupa untuk menghubungkan penerima sinyal ke port usb.
  • Setelah itu buka Start Menu atau klik tombol Win.
  • Pada Start Menu, klik kanan ‘My Computer’ atau ‘Computer’.
  • Setelah itu pilih properties.
  • Di sini akan muncul jendela Device Manager. Pada jendela ini, cek bagian ‘Universal Serial Bus Controller”, lihat apakah ada tanda seru berwarna kuning atau tidak.
  • Jika ada, Anda bisa melakukan update driver dengan mengklik tanda tersebut, atau Anda bisa mencari drivernya di internet, namun pastikan drivernya sesuai. Jika tidak, mouse Anda sudah dalam keadaan terdeteksi oleh laptop Anda. Pada mouse wireless tertentu, terkadang disediakan cd driver dalam paket pembelian.

Setelah Anda melakukan semua langkah di atas namun mouse wireless Anda masih tidak berfungsi. Anda perlu mempertimbangkan untuk mengganti mouse wireless tersebut dengan yang baru. Memperbaiki mouse yang wireless pun akan sia-sia.

simak juga 3 cara memperbaiki keyboard laptop yang error

CARA TRANSFER PULSA XL

CARA TRANSFER PULSA XL Transfer pulsa XL tidak sulit, sebagaimana dengan cara transfer pulsa provider lain. Bedanya hanya kalau untuk XL bisa dilakukan kepada operator

Baca Selanjutnya >>>

Tinggalkan Balasan

Close Menu