Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Asus yang Tidak Berfungsi

Laptop Asus Dengan OS Windows 8.1

Seringkali laptop kita mengalami masalah pada perangkatnya yang dapat menghambat kita untuk melakukan sesuatu. Bisa jadi itu keyboard atau bahkan touchpad. Touchpad sendiri sebagai perangkat navigasi laptop cukup rentan mengalami masalah. Saat touchpad bermasalah pasti akan sangat mengganggu kita dalam mengoprasikan laptop. Maka dari itu, khususnya untuk laptop Asus, artikel ini akan menunjukkan cara memperbaiki touchpad laptop Asus yang tidak berfungsi.

Umumnya, touchpad digunakan sebagai perangkat untuk mengganti peranan mouse eksternal. Cara menggunakannya cukup mudah, hanya perlu mengusapkan jari di area touchpad. Baik itu sebagai fungsi scroll, klik, zoom in atau zoom out, bisa dioperasikan menggunakan touchpad. Namun, terkadang touchpad sering bermasalah. Mari kita simak bagaimana cara memperbaiki touchpad yang bermasalah.

Cara memperbaiki touchpad laptop Asus yang tidak berfungsi dengan mudah.

1. Perhatikan sistem operasi

Anda harus tenang terlebih dahulu saat mengetahui bahwa touchpad Anda tidak berfungsi. Pertama-tama, perhatikan sistem operasi yang berjalan pada laptop anda, apakah sedang dalam keadaan hang atau freeze. Cara untuk mengetahui apakah laptop Anda sedang berada dalam kondisi seperti itu adalah dengan menekan pada keyboard, yaitu tombol Win, num lock, atau bisa juga dengan kombinasi Ctrl+Alt+Del untuk memunculkan Task Manager.

Jika sistem operasi laptop Anda merespon semua perintah itu, maka sistem operasi Anda sedang baik-baik saja. Kalau tidak merespon, Anda harus mencoba untuk merestartnya lalu perhatikan apakah ada perubahan atau tidak.

2. Tidak sengaja menonaktifakannya

Dalam keadaan tertentu, masalah touchpad tidak berfungsi bisa jadi karena unsur ketidak sengajaan. Seperti contohnya ketidak sengajaan menekan beberapa tombol kombinasi yang bisa jadi menonaktifkan fungsi touchpad. Jika itu penyebabnya, cobalah untuk mencari kombinasi itu untuk mengaktifkannya kembali, atau Anda bisa cari di buku manualnya.

3. Periksa pengaturan mouse

Bisa saja terjadi masalah pada pengaturan mouse Anda di sitem, menyebabkannya tidak berfungsi secara normal atau bahkan sama sekali tidak merespon. Anda bisa melakukan pengecekan pada pengaturan mouse dengan langkah-langkah berikut:

  • Tekan tombol Win pada keyboard, lalu ketik ‘change mouse settings’, setelah itu tekan enter ketika pilihan tersebut muncul.
  • Lihat pada jenda Mouse Properties, cek bagian touchpad setting.
  • Anda perlu memastikan fungsi ini dalam kondisi Enable dengan tanda centang.
  • Jika ternyata tidak, bisa jadi ini penyebabnya, maka Anda perlu mengaktifkan kembali fitur tersebut.

4. Update driver

Anda bisa melakukan pengecekan pada kondisi driver dari toucpad itu sendiri, apakah dalam keadaan terupdate atau tidak. Anda bisa mengeceknya dengan cara mengetik ‘device manager’ setelah menekan pilihan mouse and pointing device, dan cek kondisi drivernya. Anda juga bisa mencari software untuk melakukan update di internet.

5. Lihat pengaturan di Bios

Fitur touchpad sebenarnya bisa juga dinonaktifkan melalu pengaturan di bios dan bisa jadi tanpa sengaja pengaturan di touchpad di bios ternonaktifkan. Untuk mengatasinya, jelas Anda perlu masuk ke bios dan mencari pengaturannya, lalu mengaktifaknnya.

Langka-langkah di atas merupakan cara memperbaiki touchpad laptop Asus yang tidak berfungsi atau juga bisa diterapkan pada laptop dengan merek lainnya. Umumnya, masalah pada touchpad terjadi pada pengaturan yang salah atau masalah pada driver. Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan semuanya namun touchpad Anda masih belum bisa berfungsi normal, bisa jadi masalahnya terjadi pada hardwarenya. Kalau begitu, Anda perlu tenaga ahli untuk memperbaiki masalah pada touchpad Anda.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply