Cara Memperkuat Sinyal WiFi Laptop yang Lemah

Terkadang kita mendapati sinyal Wi-Fi yang diterima laptop kita lemah, dan ini berakibat pada kecepatan internet yang lambat. Dalam hal ini, yang menjadi penyebab laptop kita menerima sedikit sinya Wi-Fi dapat beragam. Baik itu dari faktor laptop kita sendiri atau yang lainnya. Sebenarnya, banyak juga cara memperkuat sinyal WiFi laptop yang dapat kita coba dengan mudah.

simak juga cara memperbaiki mouse wireless yang rusak

Beberapa Cara Memperkuat Sinyal WiFi Laptop

Sebagai pengetahuan umum, jaringan internet yang ada di Indonesia dapat dikatakan sangat lambat dan sebagai negara dengan urutan kecepatan akses internet yang berada pada tingkat bawah untuk wilayah ASEAN.

Memang ini tepat disebut ironi, saat negara besar seperti Indonesia kalah dengan negara kecil di lingkup ASEAN. Walaupun faktanya demikian, tidak ada salahnya kita mencoba bersama-sama cara memperkuat sinyal WiFi laptop yang lemah melalui artikel ini.

1. Cari Posisi yang Tepat

Udara merupakan media yang digunakan sinyal Wi-Fi untuk merambat, maka dari itu banyak faktor yang dapat mempengaruhi kuat atau lemahnya sinyal Wi-Fi yang diterima oleh laptop kita. Salah satunya adalah kita berada di posisi yang tidak tepat, misalnya saja kita terhalang tembok atau jauh dari pusat WiFi itu sendiri.

Cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan sinyal WiFi yang kuat tentunya dengan mencari posisi yang strategis. Cari posisi yang dekat dengan router Wi- dan/atau tidak terhalang oleh objek apapun yang dapat menggangu penerimaan sinyal tersebut. Dengan cara ini, laptop kita bisa menerima sinyal WiFi dengan lebih baik.

2. Jauhkan Perangkat Elektronik Lainnya

Tidak hanya objek seperti tembok atau router yang kurang baik yang dapat mengganggu penerimaan sinyal, perangkat elektronik lain juga dapat mengganggu penerimaan sinyal. Misalnya handphone, tablet, atau bahkan microwave juga dapat mengganggu penerimaan sinyal.

Untuk mengatasi ini, kita hanya perlu menjauhkan alat elektronik tersebut dari jangkauan laptop kita. Hal lain yang bisa dilakukan, khususnya jika kita memiliki router sendiri, pakailah router dual band supaya dapat dengan mudah memindahkan frekuensinya.

simak juga cara memperbaiki touchpad laptop asus yang tidak berfungsi

3. Cara Memperkuat Sinyal Wifi Laptop Menggunakan Aplikasi

Selain mencari posisi yang strategis atau menjauhkan hal-hal yang dapat menganggu penerimaan sinyal, kita juga bisa menggunakan aplikasi untuk menguatkan penerimaan sinyal. Banyak aplikasi penguat sinyal Wi-Fi yang tersebar di internet. Salah satunya, kita bisa mencoba menggunakan WeFi. Aplikasi ini berfungsi untuk mendeteksi sinyal, bahkan yang memiliki jangkauan cukup jauh sekalipun.

Selain itu, aplikasi sejenis ini juga berfungsi untuk mengumpulkan parameter sinyal Wi-Fi, juga info keamanan dari Wi-Fi itu sendiri.

4. Menggunakan Kaleng Bekas

Telah disebutkan di atas bahwa sinyal bersifat merambat melalui udara sehingga menyebabkannya mudah terhalang atau berubah arah. Cara agar sinyal tersebut lebih terarah adalah disiasati dengan menggunakan kaleng bekas.

Kita bisa menggunakan kaleng bekas minuman bersoda. Kaleng itu lalu dipotong pada bagian atas dan bawahnya hingga tersisa beberapa sentimeter saja. Setelah itu potong sisi bagian dalam hingga terpisah dan lebarkan bagian itu, lalu letakkan di dekat router.

Seringkali kita merasa jengkel saat laptop kita susah menerima sinyal Wi-Fi atau juga putus-putus dalam menerimanya. Kita tidak perlu khawatir akan hal itu, meskipun memang banyak faktor yang dapat mempengaruhi penerimaan sinyalnya.

Contohnya saja yang paling sangat mengganggu adalah saat cuaca sedang hujan deras, pasti akan berdampak pada koneksi Wi-Fi. Cara-cara di atas layak untuk dicoba dalam upaya mendapatkan sinyal Wi-Fi yang lebih kuat.

simak juga pandangan umum mengenai prosesor amd

Tinggalkan Balasan

Close Menu