Charger Pada Sepeda Motor Zaman Sekarang

oto.detik.com

Saat ini kebutuhan manusia akan gadget semakin pesat, disaat itulah banyak hal lain yang ikut menyesuaikan diri dengan hadirnya gadget pada masa kini. Gadget yang dipakai terus menerus tentu akan menguras baterai, lama – kelamaan habis dan perlu dicharge, itu hal normal yang terjadi sehari – hari.

Jika sedang di rumah atau kantor mungkin mencharge handphone atau gadget anda sangat mudah dilakukan. Namun jika saat ada di perjalanan tentu akan sulit dilakukan. Berdasarkan hal tersebut, banyak produsen otomotif yang mengembangkan teknologi charger pada kendaraan yang mereka produksi.

Pada awalnya charger dibuat pada kendaraan besar seperti bus dan mobil, namun kelamaan charger mulai berkembang dan kini dapat dinikmati oleh pengguna sepeda motor. Namun seperti apa charger kendaraan sepeda motor pada awalnya, dan bagaimana prospek saat ini bagi masyarakat? Kami bahas dalam tulisan berikut ini.

Pelopor Charger ada Pada Mobil

Sebelum membahas mengenai charger pada motor, ada baiknya jika kita membahas charger handphone atau gadget pertama kali dibuat pada mobil. Bisa dibilang charger mobil sudah ada cukup lama sebelum ada charger pada sepeda motor.

Charger pada mobil biasanya terletak di dasbor depan dekat dengan panel audio dan setir.  Bentuknya bervariasi, bisa berupa plug USB atau stopkontak biasa yang ada pada mobil modifikasi atau pada kendaraan umum seperti bus. Namun kebanyakan mobil keluaran sekarang sudah menerapkan teknologi ini secara massal pada mobil mereka di semua tipe mobil.

Charger Sepeda Motor Pertama dan Terbaru

Ada beberapa sepeda motor yang menerapkan charger sejak lama namun belum terlalu populer karena belum populernya gadget seperti saat ini. Dengan perkembangan pesat terdapat beberapa pabrikan yang menyusul membuat motor, tentu dengan fitur charger handphone / gadget. Kami sudah rangkum dalam beberapa poin berikut :

1. Motor TVS Rock Z

TVS Rock Z bisa dibilang adalah pelopor dari charger di sepeda motor karena motor ini sudah menerapkan charger pada tahun 2012. Motor TVS Rock Z  menerapkan sistem i – charge dimana terdapat lubang charge dan dengan bantuan alat khusus menyambungkan lubang tersebut dengan charger handphone anda.
Motor dengan spesifikasi mesin 125 cc ini menempatkan charger di bagian bawah stang kemudi. Hal tersebut dimaksudkan agar anda mudah memantau hp anda saat di charge. Dengan adanya motor ini anda dapat melakukan charge pada motor anda saat di perjalanan.

2. Motor TVS Dazz

Hampir sama dengan produk sebelumnya, TVS Dazz memperkenalkan fitur charge pada motor matic pertamanya. TVS Dazz juga menerapkan fitur i-charge yang bentuk dan fungsinya sama dengan yang ada pada TVS Rock Z. Anda dapat melakukan charging handphone anda saat berkendara dengan motor ini.

3. Supra X 125 FI Terbaru

Tidak mau kalah dengan produk TVS, pabrikan Jepang Honda melalui produk yang sudah laris sejak lama yakni Supra X 125 PGM FI keluaran terbaru. Supra X 125 FI baru memiliki banyak fitur termasuk adanya charger handphone pada motor tersebut.
Perbedaan yang mendasar dari charger Supra X 125 ini adalah letaknya yang ada di dalam bagasi. Tujuannya ada pada keamanan gadget pengendara yang melakukan perjalanan dengan motor tersebut.

4. Supra X 125 FI Terbaru

Tidak mau kalah dengan produk TVS, pabrikan Jepang Honda melalui produk yang sudah laris sejak lama yakni Supra X 125 PGM FI keluaran terbaru. Supra X 125 FI baru memiliki banyak fitur termasuk adanya charger handphone pada motor tersebut.
Perbedaan yang mendasar dari charger Supra X 125 ini adalah letaknya yang ada di dalam bagasi. Tujuannya ada pada keamanan gadget pengendara yang melakukan perjalanan dengan motor tersebut.

Masih banyak motor lain yang memasang charger handphone / gadget seperti all new scoopy, Yamaha Aerox, dan lainnya. Namun intinya adalah perkembangan otomotif yang pesat menjadikan motor sudah memiliki fitur ini dan akan terus berkembang nantinya.

Modifikasi Sendiri Charger Sepeda Motor Custom

Sebenarnya tanpa perlu membeli motor baru, anda bisa mendapatkan fitur charger pada sepeda motor dengan memasang sendiri ke motor anda. Charger motor custom ini banyak dijual dipasaran dan dapat anda pasang sendiri di rumah dengan cukup mudah untuk dilakukan.

Cara memasang peralatan charger sepeda motor adalah sebagai berikut (kami tidak menjelaskan secara detail hanya dasarnya saja) :

  1. Pastikan anda membeli socket charger handphone yang sesuai dengan spesifikasi motor anda
  2. Hubungkan alat tersebut dengan aki motor, tapi perlu diingat jangan langsung hubungkan ke kutub, tapi ke sekring terlebih dahulu
  3. Hubungkan kedua kabel antara socket charger dengan aki motor. Kabel positif dengan kutub positif, begitu juga kabel negatif dengan kutub negatif
  4. Pasang saklar socket secara benar ke tempat yang tepat, biasanya di stang motor
  5. Tekan saklar dalam posisi on, cek apakah berfungsi atau tidak
  6. Tutup area sekitar socket dengan lakban bila perlu untuk mencegah air masuk

Perlu diperhatikan dalam memasang karena bisa berbahaya atau merusak motor anda jika terjadi kesalahan pemasangan atau perbedaan tegangan dan arus.

Demikian tulisan kami mengenai charger motor zaman sekarang. Kembali lagi ke anda apakah ingin menggunakan charger custom atau membeli motor yang baru untuk mendapatkan fungsi charger motor yang diinginkan. Semoga tulisan kami bermanfaat bagi anda.

Tinggalkan Balasan