Controller Game Console / PC Yang Jarang Diketahui

Controller Game Car Simulator Saltek
kotaku.com.au

Untuk para pecinta dan penggemar game pasti tidak pernah asing dan lepas dari penggunaan game controller yang sehari-hari digunakan. Sekarang banyak konsole game dan PC yang kini memiliki banyak controller atau gamepad atau orang awam lebih sering menyebutnya stik.

Berbagai seri dan jenis dikeluarkan oleh banyak perusahaan game untuk menunjang kepuasan para pecinta game yang ada di dunia ini. Namun jika kebanyakan orang mengetahui hanya controller game itu – itu saja yang beredar di pasarang dan tidak sedikit yang tahu. Ada beberapa controller game yang tidak biasa dan jarang diketahui oleh masyarakat.

Controller game yang bisa dibilang langka ini memang tidak ada dipasaran secara massal atau sengaja diproduksi sedikit. Hal ini didasari beberapa alasan yang dikeluarkan oleh pihak produsen. Melalui tulisan ini anda akan mengetahui apa saja controller game yang jarang diketahui dan ada eksis digunakan di permainan game console / PC.

Mengapa Ada Controller Jarang Diketahui?

Sebelum kami memberi contoh apa saja  controller game yang jarang diketahui, ada beberapa faktor mengapa bisa controller game ini jarang dipasaran. Kami telah merangkumnya dalam beberapa faktor berikut.

  1. Jumlah terbatas di pasaran, memang ada beberapa controller game yang jumlahnya terbatas di pasaran sehingga orang jarang melihat atau menggunakannya. Hal ini membuat controller ini kurang populer atau jarang diketahui
  2. Kurangnya Peminat, hal ini didasari pada adanya game yang menggunakan controller khusus namun tidak populer. Hal ini berakibat pada controller yang digunakan juga jarang dipakai atau diketahui oleh banyak orang.
  3. Kalah saing dengan controller biasa, hal ini berkaitan dengan pengalaman game masing – masing orang. Jika controller yang biasa dijumpai memilki desain yang mudah digunakan, maka controller yang jarang diketahui biasanya sulit digunakan sehingga jarang laku membuat banyak orang yang tidak tahu controller tersebut.
  4. Harganya tinggi, hal ini berkaitan dengan faktor ekonomi masing – masing pengguna game. Controller yang jarang diketahui biasanya harganya lebih tinggi dan terdiri atas banyak perangkat pendukung, sehingga harganya cukup mahal. Contoh pada controller simulator mobil.

Beberapa Controller Game Console / PC yang Jarang Diketahui

Berikut adalah beberapa contoh controller game yang ada dipasaran namun tidak banyak orang mengetahui, karena beberapa alasan yang kami sudah sebut di poin sebelumnya. Kami merangkum dalam beberapa controller berikut.

1. Car Simulator

Controller Game Racing Car atau Balap Mobil
dhgate.com

Sesuai namanya car simulator adalah controller game yang khusus dibuat untuk game simulator mobil. Game seperti Truck Simulator, Bus Simulator 3D, Farming Simulator, dapat dimainkan dengan controller ini. Controller ini terdiri atas seperangkat peralatan menyetir layaknya setir mobil yang ada di mobil pada umumnya.
Car simulator ini biasanya dibuat satu paket yang terdiri atas setir, pedal gas, rem, kopling, perseneleng, dan tombol lainnya. Dengan controller ini pengguna akan merasakan sensasi berkendara di game yang dimainkan secara real. Syaratnya tentu dengan dukungan game yang baik dan komputer spesifikasi yang memadai.
Harga yang ditawarkan car simulator ini satu paketnya biasanya sangat tinggi tergantung tipe dan merk yang diperdagangkan.

2. Plane Simulator

Controller Game Airplane atau Pesawat Terbang
logitechg.com

Hampir sama dengan car simulator, plane simulator adalah sebuah controller game yang diperuntukkan untuk permainan game simulasi pesawat dan sejenisnya. Perangkat ini terdiri atas beberapa komponen layaknya kokpit pesawat terbang yang siap digunakan untuk game yang berbasis simulator pesawat terbang.
Beberapa komponen yang ada dalam plane simulator ialah setir, tombol throttle, panel pesawat terbang, pedal, dan masih banyak lagi. Selain itu untuk controller pesawat yang sederhana hanya berupa satu joystick dengan beberapa tombol kecil.

3. Fighting Arcade Controller

Controller Game Arcade Fighting
lioncast.com

Controller game ini khusus dibuat untuk permainan berbasis fighting arcade seperti permainan tinju, beladiri, dan game retro. Meski perkembangan game sekarang sudah luas namun game arcade masih laris sehingga keberadaan controller jenis ini juga masih eksis.
Controller jenis ini berupa satu kotak yang terdiri atas beberapa tombol fungsi dan analog  yang mengarahkan pemain sesuai game. Sedangkan tombol yang lain memiliki fungsi untuk memberi efek atau jenis serangan yang bisa dikombinasikan. Harga controller ini bisa dibilang cukup murah jika dibandingkan dengan simulator.

4. Katana Game Controller

Controller Game Katana atau Pedang
reddit.com

Bisa dibilang controller ini jarang ada di Indonesia karena memiliki basis game seperti samurai dan game pedang lain yang ada di Jepang. Jepang sendiri adalah negara asal pedang katana dan samurai.
Game controller ini bisa dimainkan di beberapa konsol game atau PC. Dengan syarat game yang dimainkan berupa game yang menjalankan permainannya dengan menggunakan samurai/katana.
Bentuk dari katana game controller ini mirip pedang katana biasa, hanya ditambahkan beberapa tombol dan sensor untuk menjalankan game tersebut. Controller jenis ini memang masih baru di dunia game. Sehingga keberadaannya masih sedikit dan agaknya susah digunakan jika dibandingkan dengan controller konvensional.

5. Pistol Game Controller

Controller Game Pistol
indonesian.alibaba.com

Jika controller katana tidak terlalu populer, mungkin pistol game controller masih ada peminat di dunia game. Controller ini adalah controller game yang khusus dibuat untuk game berbasis pistol FPS baik itu di PC, console, maupun handphone.
Controller ini berupa sebuah pistol yang terdiri atas beberapa tombol fungsi yang dapat digunakan untuk menembak musuh pada game. Meski menarik untuk digunakan namun kebanyakan gamer saat ini masih menggunakan mouse dan keyboard untuk game FPS yang mereka mainkan.

Masih banyak lagi contoh lain controller game yang jarang diketahui di pasaran. Kami hanya memberi contoh yang kira – kira anda selaku orang awam paham dengan salah satu controller game tersebut. Demikian tulisan dari kami semoga bermanfaat bagi anda.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply