Digital Era 90an, 2000an, Hingga Sekarang

thebarbershopmarketing.com

Perkembangan teknologi memang tidak dapat terhindarkan, sehingga sekarang aktifitas orang juga ikut berubah karena perkembangan teknologi. Contoh sebelum ada pesawat terbang, orang bepergian jauh harus naik kapal atau menempuh perjalanan darat yang lama. Dengan adanya pesawat terbang, orang sekarang lebih mudah bepergian dengan nyaman dan waktu yang lebih singkat.

Hal ini juga berkembang pesat pada dunia digital, lebih tepatnya sejak tahun 90an hingga saat ini. banyak perubahan yang terjadi pada teknologi yang berdampak pada kehidupan manusia itu sendiri. Hal ini juga berimbas pada perbedaan budaya dan aktifitas sehari – hari yang dilakukan oleh masyarakat pada tiap masa. Bisa dibilang perkembangan di sisi digital sangat berpengaruh pada hampir semua aktifitas manusia.

Pada artikel ini kami merangkum beberapa perkembangan digital yang berpengaruh pada aktifitas manusia pada waktu waktu yang ada.

Perkembangan Digital 90an

Tahun 1990 hingga awal 2000 merupakan awal dari era digital. Pada masa ini komputer dan internet sudah ada dan diperkenalkan ke publik dan mulai diminati oleh beberapa lapisan masyarakat meskipun masih terbatas. Oleh karena itu banyak masyarakat yang belum tahu atau belum menerima kehadiran dari adanya teknologi digital di era ini.

Pada zaman ini komputer sudah ada di beberapa tempat umum seperti sekolah, kantor, atau perusahaan besar. Selain itu ada teknologi awal yang muncul untuk menjadikannya tolak ukur teknologi kedepannya. Seperti pager yang nantinya akan berkembang menjadi telepon seluler atau handphone. Contoh lain adalah disket yang digunakan untuk menyimpan memori yang nantinya berkembang lagi ke teknologi baru seperti CD atau Flashdisk.

Perkembangan teknologi di era ini juga berdampak pada aktifitas manusia pada waktu itu, dengan adanya komputer dan alat komunikasi sederhana seperti pager kegiatan manusia sudah agak terbantu dengan adanya teknologi tersebut. Meski begitu aktifitas manusia masih biasa – bisasa saja dan belum tergantung dengan teknologi terlalu tinggi.

Perkembangan Digital 2000an

Jika tahun 90an adalah tahun titik awal digital, maka tahun 2000an merupakan era berkembang pesatnya digital sebagai salah satu bagian kehidupan manusia. Di masa ini ada banyak komputer dan telepon genggam yang bermunculan. Di era ini teknologi seperti itu bisa dibilang lebih canggih dari sebelumnya namun harganya yang semakin terjangkau oleh setiap lapisan masyarakat.

Selain berkembangnya perangkat keras, perangkat lunak digital juga ikut berkembang. Internet sudah bukan lagi barang aneh di era ini. Internet mulai dikembangkan secara luas dan dinikmati oleh setiap kalangan. Meski begitu perkembangannya belum merata mengingat infrastuktur masih terbatas. Anda yang merasakan era ini pasti tidak asing dengan kemunculan Google atau Yahoo. Selain itu email, sosial media seperti Facebook dan Friendster sudah muncul dan berkembang pesat. Ada juga layanan internet lainnya seperti YouTube dan e commerce yang juga mulai berkembang.

Akibat berkembang pesatnya tren digital di eran 2000an, terhitung dari awal 2000 hingga akhir 2014 saja banyak kemajuan diraih dari berbagai aspek seperti perangkat keras maupun perangkat lunak. Hal ini mempengaruhi kehidupan masyarakat sendiri dimana mereka sudah mulai terbiasa dan tergantung dengan internet dan fitur sejenisnya.

Perkembangan Digital Sekarang

Bisa dibilang sejak 2015 hingga kini perkembangan digital khususnya internet merambah luas ke segala sektor, sehingga dikenal istilah internet of things. Saat ini semua layanan yang ada di dunia sudah terintegrasi secara online. Penggunaan berkas fisik berkurang, sosial media adalah rutinitas, serta perkembangan perangkat digital yang meluas. Selain itu muncul inovasi dalam bidang tertentu seperti taksi online atau ojek online, yang memudahkan orang untuk melakukan aktifitas.

Era digital sekarang tentu memberi dampak luas bagi masyarakat, yang paling terasa adalah aktifitas manusia saat ini. Sekarang orang tergantung dengan smartphone atau internet sehingga jika ini tidak ada akan menjadi candu bagi mereka. Selain itu segala aktifitas manusia sehari – hari tidak bisa lepas dari internet, seperti membaginya ke sosial media, berbelanja dengan e-commerce, serta adanya kecerdasan buatan yang membantu manusia.

Di era ini perubahan besar terjadi dengan adanya internet, contohnya terbukanya privasi seseorang. Contoh lain adalah banyak anak kecil yang sudah jarang bermain permainan tradisional dan beralih ke gadget. Hal ini merupakan perubahan besar yang bisa mengkhawatirkan bagi masyarakat, namun tidak semua yang berkaitan dengan internet dan digital itu buruk. Anda dapat membagi aksi dan informasi anda yang bermanfaat bagi orang lain dengan menggunakan internet.

Bagaimana Perkembangan Digital di Masa Depan?

Tentu masa depan nanti teknologi digital akan semakin maju dan berkembang lebih pesat dari sekarang. Mungkin akan muncul terobosan baru yang berkaitan dengan internet dengan sektor lainnya. Digital tidak bisa dihindari lagi di masa depan, tidak bisa ditolak atau dibantah oleh seseorang, jadi mau tidak mau harus maju manusianya juga. Akan tetapi sebagai manusia, kita harus bijak dalam menyikapi segala perubahan yang ada, salah satunya perkembangan digital ini.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan