Faktor Penting Dalam Pembelian Keyboard

www.digitaltrends.com

Dalam membeli sebuah barang perlu diperhatikan apa saja yang menjadi pertimbangan untuk membeli barang tersebut. Salah satunya adalah ketika anda ingin membeli keyboard komputer yang akan digunakan anda dalam beraktifitas dalam computer.

Beberapa keyboard ditawarkan dengan berbagai fitur dan konsep masing – masing sehingga memiliki kelebihan yang ditawarkan. Namun tidak semua orang paham mengenai kelebihan yang ditawarkan oleh masing – masing keyboard. Contoh seperti bagaimana bentuknya, kegunaan dan fungsi yang ditawarkan didalamnya.

Saat ini penggunaan game semakin marak sehingga keyboard pun berevolusi dan menyesuaikan diri dengan penggunaan khusus untuk game. Hal ini juga tidak semua orang mengetahui untuk apa keyboard tersebut dan hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika memilih keyboard jenis gaming. Kadang orang masih menggunakan keyboard jenis konvensional untuk gaming atau sebaliknya.

Untuk itu anda selaku pembeli dan pengguna keyboard perlu memahami apa – apa saja yang harus diperhatikan untuk membeli keyboard. Ada hal  yang harus anda tahu baik itu tentang keyboard standar maupun untuk anda yang akan membeli keyboard jenis gaming. Kami sudah rangkum beberapa poin tersebut dalam tulisan ini

Faktor Pembelian Keyboard Secara Umum

Secara umum ada beberapa faktor yang harus anda perhatikan sebelum membeli keyboard di toko atau secara online. Hal ini penting agar anda tidak salah dalam membeli keyboard yang bisa merugikan diri anda. Untuk itu kami sudah merangkum beberapa faktor tersebut dalam poin berikut :

1. Pilihan Port

Meski sekarang banyak keyboard menggunakan port USB sebagai sambungan keyboard, namun anda juga perlu mengetahui beberapa jenis port yang akan anda gunakan. Jika dirasa komputer anda masih menggunakan port ps/2, anda harus membeli keyboard dengan seri port ps/2 dan begitu pula dengan keyboard usb.
Jika tidak ingin menggunakan keyboard kabel, anda juga dapat menggunakan keyboard wireless sebagai pilihan keyboard yang akan digunakan. Bahkan, jenis USB 2.0, USB 3.0 juga berpengaruh.

2. Bentuk Fisik & Desain

Bentuk keyboard sebenarnya berpengaruh terhadap kenyamanan anda dalam menggunakannya. Jika keyboard terlalu besar sementara anda bukan seorang gamer tentu hal ini tidak perlu.
Namun jika anda seorang gamer atau senang dengan gaming tentu desain dan pemilihan warna, keyboard haruslah bagus serta memiliki kenyamanan untuk aktifitas tersebut.

3. Tombol Keyboard & Mekanisme Tombol

Pastikan tombol keyboard yang akan anda gunakan dalam kondisi baik dan sesuai dengan jari anda atau penggunaannya. Jika terlalu kecil atau terlalu bear tentu hal tersebut tidak nyaman buat anda.
Selain itu ada mekanisme tombol yang harus diperhatikan oleh anda, kebanyakan keyboard memiliki mekanisme scissor, mekanikal, atau silicon dome. Untuk keyboard konvensional biasanya menggunakan silicon dome, harga lebih murah namun tidak terlalu awet.
Sementara untuk aktivitas mengetik lama di depan komputer sebaiknya gunakan keyboard scissor yang memiliki mekanisme lebih halus. Ada juga keyboard mekanikal yang menggunakan pegas untuk aktivitas gaming yang memerlukan banyak tekanan pada tuts keyboard tersebut.

4. Tujuan Penggunaan

Hal ini berkaitan dengan mekanisme tombol sebelumnya. Jika anda hanya menggunakan keyboard untuk aktivitas biasa sebaiknya membeli keyboard standar tanpa perlu mementingkan desain dan mekanismenya.
Namun jika anda ingin mengunakannya untuk tujuan khusus seperti gaming dan desain, tentu pilihan keyboard yang digunakan berbeda. Selain itu anda harus memperhatikan hal lain seperti desain dan mekanisme tombol.

5. Harga

Sesuaikan pembelian keyboard dengan harga dan budget yang anda miliki. Jangan membeli keyboard yang terlalu mahal apabila tidak digunakan secara sering. Belilah keyboard dengan kualitas bagus meski harganya mahal untuk keperluan desain atau programmer.

Sebelum Beli Keyboard Gaming, Harus Tahu Istilah Ini

Khusus untuk keyboard gaming ada yang perlu diperhatikan anda sebelum membeli keyboard gaming. Hal ini karena dalam keyboard gaming memiliki beberapa istilah yang berbeda dengan keyboard biasa, antara lain sbegai berikut.

• Mechanical Keyboard

Mechanical keyboard adalah keyboard yang berfungsi untuk keperluan gaming dan memiliki mekanisme mekanik dengan pegas atau switch yang teletak pada bawah tombol.
Keyboard mekanik dipergunakan untuk keperluan  gaming. Alasannya adalah dapat menentukan kapan akan mengetik dan tidak serta memiliki ketahanan lebih tinggi terhadap ketukan keyboard.
Keyboard mekanik jelas memberikan pengalaman lebih tinggi terhadap aktivitas pengetikan atau gaming karena switch yang digunakan untuk itu lebih nyaman dan kuat terhadap aktivitas tersebut.

• Switch Keyboard

Switch keyboard adalah komponen utama dalam keyboard mekanik / gaming yang berfungsi untuk menghubungkan antara tombol dengan sensor dibawahnya.
Dengan switch pengetikan jauh lebih pasti dan akurat serta memiliki ketahanan lama dibandingkan keyboard dengan membran karet.

• Warna Switch Keyboard

Pada keyboard mekanik memiliki beberapa jenis switch yang dibedakan dengan masing – masing warna yang memiliki fungsi berbeda. Switch yang berbeda warna ini memiliki masing – masing keunggulannya.
Contoh adalah pada switch Merk Cherry warna silver, berupa switch linear garis lurus yang langsung menekan ke bawah bila ditekan. Cherry MX silver ini sangat sesuai dengan anda yang tukang ketik dengan kecepatan tinggi tanpa mendengar suara ketikan pada keyboard.
Contoh lain adalah warna switch untuk seri Cherry MX black, hampir sama dengan silver yakni memiliki pegas langsung kebawah. Cherry MX Black memiliki perbedaan pegas yang lebih tebal dan berat sehingga perlu tenaga ekstra untuk menekan tombol tersebut.
Selain itu masih banyak seri yang lain yang dapat anda temui pada switch. Misalnya Cherry MX Red, Blue, Brown yang masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing yang kami tak bisa jelaskan satu per satu dalam tulisan ini.

• Keyboard Ghosting

Terkadang ada beberapa keyboard yang ditekan bersamaan tombolnya namun tidak berfungsi, misalnya saat gaming atau pengetikan. Biasanya keyboard konvensional hanya menerima maksimal 3 tombol untuk ditekan secara bersamaan.
Tidak berfungsinya tombol keyboard tersebut disebut dengan Keyboard Ghosting. Keyboard ghosting dapat diatasi dengan berbagai macam cara. Misalnya dengan menambah fitur anti ghosting, membeli keyboard gaming anti ghosting, dan lainnya.

Demikian tulisan kami mengenai faktor penting dalam pembelian keyboard, semoga menjadi bahan informasi bagi anda. Pilihlah keyboard terbaik sesuai selera anda secara bijak dan tidak merugikan diri anda sendiri kedepannya.

Prosesor AMD Terbaik

Prosesor AMD Terbaik www.primeabgb.com Advanced Micro Devices (AMD) telah merilis Ryzen generasi keduanya, yaitu Ryzen 7 2700X. Processor ini menggunakan arsitektur Zen+ ata Pinnacle Ridge,

Baca Selengkapnya >>>
Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan