Faktor Penting Sebelum Membeli Mouse

www.ign.com

Mouse adalah perangkat penting yang digunakan untuk menunjang aktivitas komputer anda, tanpa mouse biasanya inputan dari pengguna tidak akanbisa dilakukan atau kurang maksimal sehingga membuat penggunanya terganggu.

Mouse komputer memiliki beberapa jenis dan merk yang dijual bebas di pasaran, masing – masing memiliki keunggulan dan fungsi masing – masing. Ada mouse konvensional yang murah hingga mouse gaming yang mahal tentu keduanya meski sama – sama mouse memiliki perbedaan.

Perlu anda perhatikan bahwa dalam membeli mouse untuk kebutuhan anda ada beberapa faktor penting yang menentukan pembelian mouse. Terkadang anda lupa atau tidak tahu faktor ini sehingga saat mouse selesai dibeli dan digunakan berujung pada kerusakan dan malah membuat anda rugi.

Dalam tulisan kami kali ini kami akan membahas mengenai beberapa faktor penting sebelum membeli mouse. Anda juga harus tahu apa yang diketahui tentang jenis mouse yang ada di pasaran.

Faktor Yang Diperhatikan Sebelum Membeli Mouse (Konvensional)

1. Desain & Tampilan

Tidak bisa dipungkiri bahwa desain dan tampilan mouse juga harus dipertimbangkan sebelum membeli mouse. Karena desain dan tampilan yang baik akan membuat kesan baik bagi penggunanya.
Desain yang baik dari sebuah mouse bisa bermanfaat bagi pengguna jika desain dibuat ergonomis dan mudah digenggam. Selain itu tampilan mouse seperti desain yang unik juga mempengaruhi beberapa pengguna, misalnya orang desain grafis atau gamer.

2. Ukuran

Standar ukuran mouse memang tidak ada yang baku, namun kebanyakan mouse terdiri atas beberapa ukuran. Ukuran mouse dibagi dalam beberapa tipe seperti mouse travel yang agak kecil dan tipe full untuk orang dengan tangan besar. Semua kembali kepada pengguna yang memakainya.

3. Mouse Optik / Laser

Dua jenis mouse ini memiliki tingkatan pelacakan DPI (dot per inch) yang biasa digunakan pada mouse berbeda – beda. Jika anda menginginkan DPI yang tinggi dan sensitivitas yang tinggi bisa menggunakan mouse laser. Sementara jika tidak terlalu tinggi (digunakan untuk sehari – hari) bisa menggunakan mouse optical.

4. Kabel atau Wireless

Ini kembali ke kebutuhan anda, jika merasa menggunakan mouse kabel nyaman belilah mouse kabel sebagai barang pelengkap komputer anda. Sementara jika anda tidak suka hal yang ‘semrawut’ di komputer anda bisa membeli mouse wireless yang praktis.

5. Kegunaan

Mouse memiliki kegunaan yang berbeda tergantung penggunaan. Jika anda orang yang biasa saja dalam menggunakan komputer, memakai mouse optik biasa kami rasa sudah cukup. Namun jika anda memang seorang yang bekerja di desain grafis atau gamer tentu membutuhkan mouse yang lebih baik yakni mouse gaming atau mouse full yang memiliki tingkat sensitivitas lebih tinggi.

Faktor Yang Diperhatikan Sebelum Membeli Mouse Gaming

Tadi sudah disinggung mengenai beberapa perbedaan antara mouse standar dan gaming dari segi kegunaan dan fitur di dalamnya. Jika anda seorang yang suka game atau gamer lebih baik memilih mouse yang sesuai dengan hobi anda ini.

Anda perlu memperhatikan juga beberapa faktor berikut sebagai pertimbangan dalam membeli mouse gaming yang tepat. Kami rangkum dalam beberapa poin berikut :

1. Ukuran

Ukuran mouse gaming memang secar umum besar, namun sesuaikan ukuran mouse gaming tersebut dengan tangan anda.  Alasannya jika mouse tidak ergonomis / tidak sesuai dengan tangan anda akan membuat anda tidak nyaman dalam memainkan game.

2. DPI Mouse

DPI (dot per inch) mouse gaming menentukan sensitivitas dari mouse itu sendiri, semakin besar DPI maka semakin sensitiv sebuah mouse. Namun anda jangan asal memilih mouse dengan DPI tinggi, sesuaikan juga dengan komputer dan jenis game yang anda mainkan.

3. Lampu Indikator

Kebanyakan mouse gaming memiliki lampu indikator yang masing – masing menandakan beberapa notifikasi atau sensor. Lampu indikator ini juga berguna di malam hari atau tempat gelap sebagai penerang anda dalam bermain game kesukaan anda.

4. Harga dan Kelengkapan

Harga mouse gaming memang bervariasi, namun lebih mahal dari mouse biasa.   Pilihlah harga mouse gaming yang sesuai dengan fitur dan tentunya budget yang anda miliki.
Selain itu biasanya mouse gaming memiliki kelengkapan yang menunjang aktivitas gaming anda. Contoh pada bantalan mouse yang nyaman dan menjaga keawetan mouse gaming tersebut.

Demikian penjelasan kami mengenai beberapa faktor penting sebelum anda membeli mouse. Belilah mouse sesuai kebutuhan dan fungsi yang anda perlukan agar bermanfaat bagi diri anda. Jika anda tertarik untuk menggunakan mouse wireless yang praktis dengan kualitas bagus untuk kegiatan anda sehari-hari, kami merekomendasikan Logitech M330 karena harganya yang terjangkau dan konektifitas wireless. 

Anda juga bisa membelinya dengan menggunakan pulsa anda jika anda memiliki pulsa yang tidak terpakai dengan cara tukar pulsa atau bisa disebut juga convert pulsa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Prosesor AMD Terbaik

Prosesor AMD Terbaik www.primeabgb.com Advanced Micro Devices (AMD) telah merilis Ryzen generasi keduanya, yaitu Ryzen 7 2700X. Processor ini menggunakan arsitektur Zen+ ata Pinnacle Ridge,

Baca Selengkapnya >>>

Tinggalkan Balasan