Game Mesin Arcade Yang Sulit Populer Di Indonesia

mldspot.com

Beberapa waktu belakangan ini perkembangan teknologi semakin pesat membuat banyak inovasi teknologi berkembang. Dalam dunia game banyak produsen game mengeluarkan inovasi seperti hadirnya game online atau console game terbaru seperti Xbox One S atau PS4. Akan tetapi keberadaan game jaman dulu atau disebut retro masih ada hingga sekarang.

Game retro ini biasanya dikenal dengan sebutan mesin arcade atau ‘ding dong’ dalam bahasa orang awam di Indonesia. Biasanya cara memainkan mesin ini dengan memasukkan koin untuk kemudian memainkan game dengan durasi tergantung koin yang dimasukkan. Banyak game retro dan sukses berkembang melalui media mesin arcade ini. Sehingga game retro menjadi salah satu bagian sejarah dalam perkembangan teknologi game.

Seiring perkembangan jaman banyak arcade game yang lama kelamaan menjadi berkurang peminatnya karena kehadiran konsol game di rumah atau komputer. Namun pada dasarnya banyak mesin arcade yang laris dipasaran baik dulu maupun sekarang.

Selain itu banyak mesin arcade yang menjadi legenda game hingga kini. Meski begitu ada juga yang tidak populer bahkan ketika mesin arcade masih laris manis dipasaran.

Di Indonesia banyak jenis game mesin arcade yang populer di Indonesia. Sebaliknya ada juga yang tidak populer di Indonesia karena beberapa faktor. Melalui tulisan ini kami mengajak anda memahami hal tersebut secara mudah dan jelas dipahami.

Contoh Mesin Arcade Yang Populer di Indonesia / Dunia

Kami memberi contoh game mesin arcade yang populer di Indonesia berdasarkan popularitasnya yang mendunia. Sama seperti game zaman sekarang jika ada game yang trending di luar negeri maka akan mudah masuk dan diterima oleh masyarakat Indonesia. Contohnya adalah sebagai berikut :

1. Street Fighter II

Game ini bisa dibilang adalah game yang sangat laris dan sudah dikembangkan ke dalam berbagai platform. Street Fighter dikembangan bukan hanya di mesin arcade namun juga di komputer hingga mobile. Dirilis pada 1991, baik di dunia maupun di Indonesia mesin arcade ini tergolong paling laris dan memiliki keuntungan besar.

Pada versi mesin arcade game ini memiliki beberapa tombol untuk menggerakkan pemain untuk bertarung bebas. Tokoh yang terkenal dalam game ini adalah tokoh Ryu dan Ken.

2. Pacman

Game yang memiliki banyak level yang harus diselesaikan ini memang sederhana dalam permainannya. Pacman memiliki penggemar merata di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Mesin arcade ini diluncurkan pertama kali pada 1980an.

Game yang dimainkan mudah dengan tokoh pacman dan musuhnya ini sangat laris dijual hingga diklaim mencapai 400.000 unit mesin.

3. Mortal Kombat

Game yang memiliki genre bertarung seperti street fighter ini memiliki tingkat kepopuleran tinggi dan keuntungan yang cukup besar. Ciri khasnya adalah adanya fitur fatality dan anda dapat menghabisi lawan sampai habis / secara sadis. Mesin arcade ini masih termasuk yang paling laris di seluruh dunia.

Mesin Arcade yang Kurang Populer di Indonesia

Kami merangkum beberapa game arcade yang kurang populer berdasarkan beberapa genre dan tahun rilis yang agak baru (setelah 2000 an). Sehingga kurang populer karena beberapa hal, antara lain sebagai berikut :

1. Soundvoltex

Soundvoltex adalah game arcade musik yang berasal dari jepang yang sudah diluncurkan pada 2012 dan telah diuji di Indonesia tahun 2016. Game ini mengusung berbagai macam lagu yang dapat dimainkan dengan beberapa tombol pada mesin.
Dikarenakan masih baru dan belum terlalu banyak persebarannya, maka game arcade ini kurang populer meski secara permainan cukup menarik.

2. Maimai

Mesin arcade keluaran sega tahun 2012 ini memiliki fitur utama untuk menyentuh objek yang ada pada layar untuk melakukan gerakan tarian. Game ini memang belum terlalu populer di Indonesia karena persediaannya yang terbatas.

3. Beatmania IIDX

Game yang dirilis sekitar tahun 2015 ini merupakan game arcade berupa simulator DJ yang dapat menciptakan musik sesuai level yang dimainkan. Sekilas mudah dan bagus namun memang kurang populer di Indonesia.
Anda akan memainkan game ini dengan mengikuti arahan game mengenai instrumen/ tombol mana yang harus ditekan pada mesin.

4. Arcade DDR (Dance Dance Revolution)

Sebenarnya ini adalah arcade yang cukup populer di dunia karena menyediakan fitur gerak kaki pada setiap permainannya. Namun serinya yang terbatas dan hanya bisa dinikmati di kota besar menjadikannya kurang populer di masyarakat Indonesia.

Faktor Sulit Populernya Game Mesin Arcade di Indonesia

Ada beberapa alasan yang mendasari sulit populernya game mesin arcade di Indonesia, kami rangkum dalam beberapa poin berikut :

1. Faktor Lokasi / Penempatan

Game mesin arcade biasanya berukuran besar dan memiliki banyak ruang untuk ditempatkan. Sehingga mesin arcade butuh lokasi luas untuk ditempati. Hal ini tentu akan membuat pengembangan game ini menjadi sulit karena sifatnya yang tidak kompatibel dengan ruang kecil. Ambil contoh konsol PS4 yang bisa masuk ke kamar anda yang sempit.

2. Faktor Kualitas Mesin

Kualitas mesin arcade tentu berbeda dengan konsol game karena memiliki hardware yang bersifat lama dan perangkat yang tidak banyak orang tahu. Sehingga jika kualitas mesinnya saja tidak baik maka game ini akan sulit populer

3. Faktor Game Yang Dimainkan

Semakin rumit game maka pada controller game mesin arcade akan semakin banyak tombol pilihan. Hal ini mempengaruhi populernya game yang dimainkan pada mesin yang berimbas tidak lakunya mesin tersebut.
Pada konsol game biasanya semua bisa dihandle dengan satu joystick. Namun pada mesin arcade tidak berlaku, karena untuk setiap mesin arcade yang memiliki controller berbeda untuk tiap game yang ada.

4. Harga Mesin & Perawatan

Harga mesin arcade ini bisa dibilang cukup tinggi dan butuh perawatan khusus. Karena sifatnya yang merupakan barang lama atau tua untuk dunia game. Tentu pihak penyewa mesin game akan memikirkan mesin arcade yang murah dan minim perawatan. Jika mesinnya mahal dan perawatan susah akan sulit populer game tersebut.

5. Kalah Saing dengan Mesin Lain

Jika pada konsol game modern ada persaingan teknologi dan game yang ada, maka pada game mesin arcade juga demikian. Biasanya game yang sudah memiliki nama dan populer mengalahkan saingan – saingannya. Walau terkadang sulit dimainkan, game arcade ini tetap mengurangi popularitas game yang lain meskipun sama – sama menarik.

Sebenarnya masih banyak game arcade yang ada dan dulunya pernah populer. Anda bisa melihat list game arcade berikut.

Tinggalkan Balasan