Gaming Gear Tidaklah Selalu Yang Terbaik

engadget.com

Keberadaan e-sport atau game online bagi para pengguna di seluruh dunia atau di Indonesia sendiri sudah semakin luas. Kini game atau e-sport bukan hanya sebatas permainan karena dapat menjadi profesi atau dapat dipertandingkan untuk mendapatkan penghargaan dan uang yang tidak sedikit.

Biasanya bagi gamer profesional selain memiliki skill yang mumpuni, juga didukung oleh perlengkapan game yang komplit baik dari komputer maupun aksesoris. Dalam turnamen kompetitif atau game tersebut dibagikan ke seluruh dunia dengan media sosial biasanya perlengkapan game tersebut sangat diperhatikan.

Perlengkapan ini atau biasa disebut gaming gear biasanya menjadi penghubung antara manusia dan mesin dalam hal ini komputer. Memiliki gaming gear memang baik untuk menunjang kegiatan game anda. Biasanya orang rela mengeluarkan uang jutaan rupiah hanya untuk perlengkapan tersebut.

Namun tidak selamanya memiliki perlengkapan gaming gear harus dilakukan atau justru tidak selalu menjadikan game menjadi lebih baik. Terkadang ada orang yang ahli dalam game menggunakan peralatan standar karena ada kekurangan yang didapat dalam gaming gear yang dijual dipasaran.

Ada beberapa contoh dimana gaming gear yang dipakai terkesan overprice atau overrated karena tidak sesuai ekspektasi atas harga yang dimiliki. Oleh karena itu anda perlu bijak dalam memilih penggunaan gaming gear.

Melalui tulisan ini kami akan membahas mengenai gaming gear dan apakah memang terbaik untuk game yang ada saat ini.

Mengenal Gaming Gear

Gaming gear secara istilah berarti adalah perlengkapan apa saja yang digunakan untuk bermain game agar lebih baik dan nyaman. Apalagi jika anda adalah seorang gamer profesional yang sering turnamen atau memiliki channel game di Youtube, keberadaan gaming gear menjadi wajib hukumnya.

Tentu perangkat komputer yang dibuat untuk gaming sangat berbeda desainnya dengan perangkat yang biasa. Sehingga anda jangan sampai salah mengartikan gaming gear. Kebanyakan gaming gear diciptakan dari produsen khusus untuk gaming saja, misalnya mouse gaming dengan DPI tinggi, keyboard mekanik dengan switch, dan headset audio 3D.

Contoh Setup Gaming Gear

Dilansir dari dailysocial yang mewawancara salah satu team e-sport terbaik Indonesia yakni tim NXL. Mereka memiliki rekomendasi gaming gear yang biasa mereka gunakan, antara lain sebagai berikut :

  • Keyboard : SteelSeries APEX M800, SteelSeries 6GV2 Red, SteelSeries 7G
  • Mouse : SteelSeries Rival, SteelSeries Sensei Raw, SteelSeries Xai
  • Headset : SteelSeries Siberia V3 Prism, SteelSeries Siberia 9H, SteelSeries Siberia Elite
  • MousePad : SteelSeries QcK Heavy

Kami memberi contoh berdasarkan tim terbaik yang ada di Indonesia. Akan tetapi setup gaming gear tidak jauh dari keempat jenis hardware tersebut, yaitu keyboard, mouse, headset, dan mousepad.

Meski begitu jangan lupakan aspek display dan audio komputer karena itu mempengaruhi permainan  dan pengalamn game yang anda rasakan.

Gaming Gear Solusi Terbaik Gaming atau Tidak?

Meski gaming gear memiliki banyak keunggulan untuk aktivitas gaming atau e- sport, tidak semua orang menganggap gaming gear adalah sesuatu yang terbaik untuk gaming. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan atas dasar pernyataan ini.

Pertama adalah adanya jenis gaming gear yang overrated atau overpriced. Misalnya pada salah satu merk razer gaming gear segmen audio. Bagi orang awam dengan nama besar  dan harga mahal razer otomatis membuat kualitas audio bagus. Namun bagi sebagian orang di berbagai forum mengatakan bahwa razer kualitasnya biasa – biasa saja namun harganya yang cukup tinggi karena ekslusif.

Kedua adalah penggunaan gaming gear tidak didukung dengan perangkat utamanya, dalam hal ini adalah komputer. Jika anda memiliki komputer dengan spesifikasi biasa namun memiliki gaming gear bagus, tentu ada sebagian dari perlengkapan ini tidak akan berfungsi.

Ketiga adalah gaming gear tidak semuanya cocok dengan pengguna karena perbedaan skill dan kemampuan. Orang awam dengan gamer profesional tentu berbeda gaming gear yang dipakai. Namun jika mencoba – coba perlengkapan ini tentu dirasa akan berbeda bahkan kurang.

Yang terakhir adalah dukungan perangkat tambahan pada gaming gear yang perlu diperhatikan. Sehingga kadang anda sudah membeli gaming gear namun perangkat tambahannya tidak ada menjadikan gaming gear anda tidak maksimal.

Kesimpulannya adalah tidak semua gaming gear menjadi solusi atas gaming anda menjadi lebih baik atau tidaknya. Menurut kami alangkah lebih baik anda asah kemampuan lebih dulu dengan perlengkapan standar. Setelah itu anda baru dapat menggunakan gaming gear yang sesuai dengan kemampuan anda tersebut.

Memilih Antara Gaming Gear atau Tanpa Gaming Gear

Sebenarnya ini kembali lagi kepada anda apakah anda memerlukan gaming gear atau tidak. Jika anda seorang yang mahir atau gamer profesional, keberadaan gaming gear tentu perlu ada di rumah anda.

Namun jika tidak sering memainkan atau hanya sekedar coba – coba saja, sebaiknya pilihlah gaming gear secara bijak dan sesuai dengan kemampuan. Semoga tulisan kami bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Tinggalkan Balasan