Huawei Lebih Baik Dari Apple? Apa Alasannya?

Smartphone Android Huawei P10
futureloka.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa Apple merupakan salah satu produsen ponsel tersukses di dunia saat ini. Banyak  produk yang dijual laris manis dipasaran, tentu hal ini didasari oleh beberapa faktor seperti spesifikasi, pemasaran, dan branding yang baik. Namun ada yang mengklaim lebih baik dari Apple karena beberapa alasan, salah satunya adalah produsen asal Tiongkok yaitu Huawei.

Huawei memang bukan orang baru dalam industri ponsel pintar. Sudah lama Huawei menjadi produsen smartphone yang cukup laris di pasar lokal maupun global. Jika diperhatikan lebih seksama, klaim Huawei lebih baik dari Apple tidak salah karena ada beberapa alasan yang mendasarinya.

Dalam tulisan ini kami mencoba merangkum beberapa alasan mengenai Huawei yang lebih baik dari Apple. Antara lain sebagai berikut.

Inovasi Yang Menjadi Penantang

Inovasi diperlukan dalam berbisnis agar terus ada di pasar dan hati masyarakat. Huawei dalam memproduksi smartphone selalu memberikan inovasi yang tinggi di setiap produknya. Contoh saja smartphone flagship Huawei P9 yang memiliki beberapa inovasi.

Dari segi spesifikasi, Huawei lebih unggul dibanding Apple seperti pada layar yang lebih tipis dan perbadingan color saturation Huawei yang lebih tinggi. Namun ada pula inovasi di dalam ponsel ini dimana tidak adanya tonjolan pada kamera ponsel, seperti yang umumnya ditemui pada smartphone Apple. Selain itu dukungan kamera juga sangat hebat dimana Huawei bekerjasama dengan produsen kamera kenamaan yaitu Leica.

Melihat inovasi di atas, tentu membuat pembeli akan berpikir dua kali jika ingin membeli iPhone dari Apple. Karena spesifikasi adalah yang utama dari sebuah smartphone. Selain itu inovasi atau sesuatu yang baru juga bisa menjadi batu sandungan kompetitor lainnya. Contoh pada Huawei P9 yang bisa saja menjadi saingan berat dari iPhone. Tentu dengan hal ini menjadikan alasan kuat mengapa Huawei lebih baik dari Apple.

Kualitas Yang Sebanding Harga

Jika anda membeli produk Apple, pasti yang dikeluhkan adalah harganya yang mahal meski spesifikasi bagus. Namun sebenarnya produk Apple masih kalah kualitas dengan Huawei meski dengan harga yang sama bahkan lebih murah.

Contoh pada produk Huawei P20 seharga 15 juta rupiah namun lebih tinggi spesifikasinya dari Apple iPhone X. Karena Huawei P20 memiliki RAM 2 kali lebih besar, daya baterai lebih tinggi, serta skor kamera yang tinggi dibanding iPhone X. Hal inilah yang menjadikan Huawei memiliki daya saing di kualitas dan harga yang menjadikannya lebih baik dari Apple.

Bukan Melulu Soal Brand

Branding adalah sesuatu yang harus dilakukan perusahaan agar bersaing dengan yang lainnya. Namun jika terlalu mengandalkan branding tanpa kualitas produk tentu akan merugikan perusahaan. Hal inilah yang dialami oleh Apple jika harus mengandalkan branding mereka akan kalah saing dari Huawei.

Huawei bekerja dengan mengedepankan inovasi, teknologi, dan pemasaran yang terbaik sehingga tak kalah ketinggalan dengan Apple. Meski sekarang pasar masih dikuasai Apple, kalau hanya mengandalkan branding bisa saja Huawei akan lebih baik dari Apple dalam beberapa tahun kedepan.

Kinerja Perusahaan Lebih Baik

Produk bukan saja faktor dari mana yang lebih baik, namun juga kinerja perusahaan. Dilansir dari Selular.ID, meski kinerja perusahaan smartphone mengalami penururan di 2018, namun secara individu Huawei lebih baik dari Apple. Vendor huawei mengalami kenaikan penjualan sebesar 33 persen, dimana ponsel Huawei terjual 52 juta unit di tahun 2018. Sementara Apple hanya terjual 47 juta unit saja yang naik tipis sekitar 0,4 persen.

Berdasarkan data tersebut, bisa disimpulkan kinerja perusahaan Huawei lebih baik dari Apple dari segi penjualan. Bukan tidak mungkin penjualan akan terus meningkat dan mempengaruhi kinerja semakin baik. Alhasil inilah alasan mengapa Huawei lebih baik dari Apple dari sisi kinerja perusahaan.

Penjualan Yang Lebih Tinggi

Hampir sama dengan poin sebelumnya, bahwa penjualan ponsel mempengaruhi kualitas perusahaan. Dilansir dari Telset.id, Huawei saat ini mengungguli Apple dalam hal penjualan ponsel dimana 49,8 juta ponsel terjual pada kuartal 2018, mengalahkan Apple sejumlah 44,7 juta unit.

Data yang diambil dari perusahaan riset Gartner dan laporan Digital Trends, Huawei menguasai pasar sebesar 13,3 persen, naik signifikan dibanding kuartal kedua 2018 yang hanya 9,8 persen. Sedangkan penjualan dan pangsa pasar Apple di kuartal kedua tahun ini justru turun dari 12,1 menjadi 11,9 dihitung dari year on year. Hal ini yang menyebabkan Huawei dinilai lebih baik dari Apple dari segi Penjualan.

Kondisi Huawei Saat Ini

Meski mencatat rekor yang cukup baik dari segi penjualan dan  kinerja perusahaan, bukan berarti dalam Huawei tidak ada kendala. Saat ini terjadi perang dagang (trade war) antara Amerika Serikat dan Tiongkok yang membuat produk Tiongkok tidak bisa masuk ke Amerika begitu juga sebaliknya. Jika dapat masuk pun biaya impornya sangatlah tinggi. Hal ini tentu akan menghambat kinerja Huawei di Amerika dalam sisi penjualan, namun juga bisa mendapatkan sisi positif lainnya.

Sisi positif yang dapat diambil adalah berkurangnya saingan Huawei dari Amerika (Misalnya iPhone) di negeri sendiri. Hal ini akan membuat penjualan meningkat karena mau tidak mau pengguna di Tiongkok harus menggunakan produk dalam negeri, yakni Huawei. Hal ini juga dibarengi faktor bahwa produk Amerika seperti iPhone juga dipersulit masuknya ke wilayah Tiongkok.

Mungkin beberapa alasan di atas sudah mewakili Huawei yang dinilai lebih baik dari Apple. Persaingan memang semakin ketat, jadi jika tidak ada inovasi dan strategi sebuah produk dan perusahaan akan hancur di masa depan. Semoga tulisan kami bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply