Internet Gratis di Madiun. Gratis dan “Layak”kah?

internet

Sudah bukan hal yang asing lagi ketika berbicara mengenai layanan internet gratis. Di beberapa negara maju, mereka sudah menerapkan layanan internet gratis sejak satu dekade yang lalu. Lalu, bagaimana dengan Indonesia? Tentu saja kita juga sudah menerapkan internet gratis, namun bukan layanan untuk individual, melainkan internet gratis yang disediakan di fasilitas umum.

Mengenai layanan internet gratis untuk perorangan pada negara maju, ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Di Indonesia sendiri, masih diprediksikan hal tersebut belum dapat terwujudkan. Tahun 2013 silam, Vice President Marketing Communication Ericsson Indonesia, Hardyana Syintawati pernah mengatakan jika layanan internet gratis masih tidak mungkin terwujud. Dirinya mengatakan kemungkinan yang terjadi adalah tarif per quota yang berubah.

Skema Tarif Layanan Internet di Indonesia

Sebelum memasuki era internet fiber optik, layanan internet di Indonesia hanya menyediakan layanan berlangganan dengan kecepatan 128Kbps hingga 1Mbps. Pilihan layanan dengan kecepatan tersebut ditujukan untuk kebutuhan personal atau rumahan. Saat itu, tarif yang dikenakan bisa dibilang cukup mahal. berkisar Rp 400.000 hingga Rp 1.200.000 per bulannya.

Saat memasuki era ponsel pintar atau smartphone, pada awal dominasi BlackBerry, layanan internet seluler mulai beranjak. Tarif yang dikenakanpun mulai beragam dari masing-masing provider seluler. Ketika smartphone android mulai memasuki tanah air, provider seluler juga menambahkan pilihan layanan yang berbasis quota atau FUP. Pada saat itu, provider masih menggunakan internet tanpa batas (unlimited) jika quota habis sebelum perpanjangan layanan.

Di sela-sela konektifitas 3G ke 4G, mulai muncul layanan internet fiber optik. Pada masa inilah akses internet mulai semakin mudah dengan tarif murah dan kecepatan yang tinggi. Saat pertama kali release, tidak ada batas quota atau FUP. Di era inilah masyarakat mulai banyak beraktifitas menggunakan internet

Saat memasuki konektifitas 4G, mulai terjadi perubahan tarif yang hanya menyediakan internet dengan quota sesuai pilihan layanan. ketika quota habis, maka tarif internet akan dikenakan biaya lain atau internet tidak dapat diakses.

Internet Gratis Menggunakan WiFi di Fasilitas Umum

Pertama kali pada tahun 2012, Kota Jakarta tepatnya pada taman kota telah di pasang WiFi gratis. Sebenarnya, konsep WiFi gratis ini sudah ada pada tempat-tempat tertentu seperti cafe, karaoke, dan tempat hiburan lainnya. Tetapi tempat-tempat tersebut bukanlah fasilitas umum yang bisa kita nikmati cuma-cuma.

WiFi gratis ini diluncurkan oleh PT. Telkom Indonesia yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Peluncuran direncanakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan tujuan pembangunan konsep Smart City. Hingga saat ini, konsep WiFi gratis dari PT. Telkom Indonesia sudah diterapkan di berbagai kota hingga kabupaten.

WiFi Gratis di Kota Madiun

Bermula pada bulan Agustus 2017 silam, Pemerintah Kota Madiun mulai meluncurkan WiFi gratis di beberapa titik pusat kota. Karena dirasa banyak manfaat untuk masyarakat, akhirnya Pemkot Madiun mulai ekspansi program WiFi gratis di beberapa daerah yang agak jauh dari kota, salah satunya di Taman Kelun, Kartoharjo.

Saat melakukan pendataan secara tidak langsung, ternyata pengunjung bisa mencapai ratusan dalam sehari, mulai pagi hingga malam. Dari pelajar, orang tua, hingga anak-anak bersinggah menggunakan WiFi Taman Kelun. Mudahnya akses internet ini bukan hanya digunakan untuk hiburan saja, mencari referensi tugas hingga bahkan usaha online pun dilakukan oleh para pengguna internet.

Kini, tidak hanya fasilitas umum saja yang di pasang WiFi, Pemkot Madiun juga ekspansi WiFI gratis di setiap kecamatan Kota Madiun. Pemasangan di tempatkan pada Pos Keamanan Lingkungan (Pos Kamling) kelurahan atau desa setiap kecamatan.

Segmen Penjualan Pedagang Meningkat

Dengan eksistensi WiFi gratis pada fasilitas publik, omzet pedagangpun meroket. Salah satu fasilitas publik yang di pasang WiFi gratis adalah pasar-pasar tiap daerah. Dengan adanya akses internet di pasar, tidak sedikit pedagang yang memanfaatkan hal tersebut untuk mempromosikan dagangannya di dunia maya. Yang menjadi tempat favorit untuk promosi dagang adalah media sosial Facebook.

Dikutip dari solopos.com Madiun, pedagang ikan di Pasar Srijaya Kota Madiun mengatakan bahwa WiFi gratis dari pemerintah sangat bermanfaat. Hasil penjualan mereka meroket dengan adanya promosi atau iklan yang ia lakukan setiap saat. Posting iklan di Facebook menjadi senjata utamanya. Media sosial Facebook memang sudah banyak penggunanya di Indonesia sejak tahun 2008 silam.

Melihat Kualitas WiFi Yang Diberikan

kualitas_internet_gratis_madiun
amhmagz.dx.am

Layanan internet WiFi Manage Service dengan kecepatan 20Mbps. Sekedar mengingatkan bahwa Mega bits (Mbps) adalah satuan yang lebih kecil dari Mega Bytes (MBps). Beberapa daerah yang merupakan Kota Madiun menggunakan kecepatan yang berbeda, yakni hingga 150Mbps. Alun-alun Kota Madiun, Jalan Pahlawan, Jalan Mastrip, Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kartini, Kantor Perpustakaan, dan Pasar Srijaya merupakan tempat akses WiFi dengan kecepatan hingga 150Mbps.

Dari fakta saat kami mencoba WiFi tersebut, kecepatan internet masih cenderung lambat. Beberapa sumber yang sudah menggunakan layanan tersebut juga mengatakan hal yang sama. Jika berasumsi secara mudah dan singkat, hal tersebut dipengaruhi oleh aktifitas download yang dilakukan oleh banyak pengguna.

Sekedar informasi singkat, aplikasi Internet Download Manager (IDM), BitTorrent, dan Cloud Service berlangganan memang dapat memperburuk kecepatan internet pengguna lain. Masing-masing aplikasi dan layanan cloud berlangganan memiliki mekanisme men-download dengan kapasitas kecepatan maksimal. Adapun opsi untuk memaksa kecepatan pada batas maksimal.

Kecepatan internet yang dirasa lambat sebenarnya bisa dikatakan lumrah, mengingat pengguna WiFi juga sangat banyak meski tanpa ada aktifitas download. Lambat laun, konten yang berada pada website dan media sosial semakin bertambah ukuran. Kapasitas kecepatan yang dibutuhkanpun juga semakin bertambah.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan