Kampung Cyber / Teknologi Di Indonesia

rappler.com

Memiliki warga yang sadar akan teknologi dan internet saat ini adalah sebuah kebutuhan. Ada beberapa alasan yang mendasari hal ini, misalnya agar warga sadar teknologi dan dapat merasakan manfaatnya bagi diri sendiri. Salah satu perwujudan dari hal ini adalah didirikannya kampung cyber / teknologi di Indonesia.

Kampung cyber bisa jadi merupakan sebuah terobosan baru bagi warga Indonesia agar sadar akan teknologi. Di kampung cyber semua sudut wilayah dan warganya tentu sadar akan teknologi. Di dalam kampung ini juga menunjang segala fasilitas yang berhubungan dengan teknologi bagi warga.

Meski hal ini berat bagi sebagian besar orang karena berbagai kendala, namun jika diterapkan di setiap daerah di Indonesia tentu akan baik hasilnya.

Apa itu Kampung Cyber?

Seperti sudah disinggung pada awal tulisan kami, kampung cyber adalah sebuah kampung yang warganya sadar akan teknologi termasuk di dalamnya internet. Ada beberapa alasan yang membuat kampung ini disebut kampung cyber. Pertama adalah semua warga masyarakat sadar akan teknologi, dan yang kedua adalah infrastuktur teknologi dalam hal ini internet sudah disebar luas di wilayah tersebut.

Dengan kedua alasan tersebut, menjadikan kampung ini menjadi kampung yang sadar akan teknologi. Dalam setiap kampung cyber, biasanya sudah dipasang wifi hotspot gratis dan fasilitas internet di tiap rumah atau tempat umum. Selain itu dari setiap elemen warga, baik anak – anak maupun dewasa sudah mengenal adanya teknologi.

Lokasi Kampung Cyber di Indonesia

Saat ini hanya ada satu wilayah di Indonesia yang menerapkan kampung cyber. Lokasinya berada di Yogyakarta tepatnya di daerah Taman Kampung, Patehan, Kraton Yogyakarta. Lokasi kampung cyber dekat dengan Objek wisata taman sari. Taman Kampung juga dikenal dengan RT 36. Kampung cyber sendiri pertama kali didirikan oleh seorang warga bernama Antonius Sasongko, atau yang lebih dikenal dengan Koko atau Mas Sas.

Akses menuju kampung cyber ini agak sulit bagi mobil, dimana mereka mengharuskan untuk memarkirkan kendaraanya di parkiran Taman Sari Yogyakarta. Kampung cyber sendiri hanya terdiri atas satu RW yang didominasi oleh dekorasi budaya Jawa yang kental.

Apa Saja Yang Ada di Kampung Cyber / Teknologi

Meski hanya satu RW dan terkesan sederhana, kampung cyber Yogyakarta ini sangat populer di kalangan luar. Bahkan ada banyak tokoh dunia yang datang kesini, seperti Mark Zuckerberg (CEO Facebook) pada tahun 2017. Selain dibuat sebagai kampung cyber, di tempat ini juga didesain pemerintah DIY sebagai objek wisata andalan Yogyakarta.

Konsep wisata yang ditawarkan menggabungkan teknologi dan budaya Jawa. Rumah warga kampung cyber amatlah sederhana namun sudah ada fasilitas internet. Selain itu para warga juga mengembangkan usaha seperti batik dan kaos, dimana semua pemasaran dilakukan secara online. Banyak warga yang sudah menggunakan internet secara penuh dan meninggalkan media cetak di daerah tersebut.

Jika anda ingin mengunjungi kampung cyber yang sarat kearifan lokal namun melek teknologi ini, anda bisa langsung datang ke lokasi. Anda dapat merasakan nuansa jawa dibalut dengan teknologi pada tiap sudut kampung. Anda bisa mengunjungi kampung ini sendirian atau bisa dipandu dengan petugas yang sudah ada di kampung cyber.

Masa Depan Kampung Cyber / Teknologi di Indonesia

Berdasarkan contoh di atas, keberadaaan kampung cyber / teknologi di Indonesia memang harus sering digalakkan. Meningat manfaatnya yang besar dan membuat warga menjadi lebih cerdas dengan kehadiran teknologi.

Selain itu dengan kampung cyber yang digabung dengan konsep lain seperti wisata, dapat membuat ekonomi warga setempat menjadi meningkat. Hal ini tentu akan membuat masyarakat mendapatkan manfaat begitu juga pemerintah.

Demikian tulisan dari kami mengenai kampung cyber / teknologi. Semoga dengan adanya kampung cyber dapat menjadi inspirasi dan dapat diimplementasikan di seluruh wilayah Indonesia.

Tinggalkan Balasan