Laptop Gaming Atau PC Biasa?

duojs.org

Memiliki laptop gaming merupakan salah satu syarat bagi orang yang akan menjadi gamer. Karena laptop gaming memiliki beberapa spesifikasi yang baik untuk melakukan gaming. Dengan laptop gaming anda bisa memainkan game dengan baik tanpa hambatan berarti.

Namun tidak semua orang menggunakan laptop gaming karena beberapa alasan, misalnya harganya mahal atau komponennya yang sulit diganti. Pada akhirnya mereka memilih komputer / PC biasa untuk melakukan gaming, pilihan ini memang tidak salah. Karena ada beberapa alasan seperti harganya yang lebih murah atau mudah diperbaiki.

Dalam tulisan kali ini kami akan membahas mengenai laptop gaming atau PC biasa yang sebaiknya digunakan oleh anda.

Kelebihan dan Kekurangan Laptop Gaming

Berbicara mengenai laptop gaming tentu memiliki banyak kelebihan dibanding PC biasa, mengingat perangkat ini didesain khusus untuk keperluan gaming. Ada beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh PC biasa.

Kelebihan laptop gaming adalah bisa dibawa kemana – mana, hal ini berguna jika anda mengikuti turnamen gaming ke manapun. Kelebihan lainnya adalah spesifikasi laptop gaming yang terbilang tinggi dibandingkan PC biasa, serta memiliki brand yang dikenal luas di dunia gaming.

Contoh saja laptop Asus ROG, Razer, atau Msi Gaming. Ketiga merk tersebut memang sudah merajai pasar gaming untuk masing – masing segmen. Namun dari ketiga contoh tersebut memiliki spesifikasi mumpuni, misalnya RAM 8GB, Hardisk 1TB, VGA Card yang sudah support 3D. Tidak lupa kualitas audio laptop gaming ini lebih baik dari lainnya.

Meski terkesan mewah dan bagus untuk gaming, ada beberapa alasan mengapa laptop gaming juga tidak terlalu baik. Yang paling utama adalah harganya terlalu mahal, ini termasuk dari biaya perawatan yang juga mahal. Selain itu fisik dari laptop gaming tidak cocok dibawa terlalu sering karena berat dan banyak komponen.

Berbicara mengenai komponen laptop gaming, kebanyakan laptop gaming memasang komponen secara onboard. Sehingga jika terjadi kerusakan maka itu artinya harus perbaiki keseluruhan laptop, dan ini mengganggu bagi pengguna karena memakan waktu. Selain itu ada beberapa kekurangan lain seperti baterai boros, serta kurang sesuai dengan kegiatan selain gaming.  Bahkan gaming pun tidak selalu dilakukan setiap hari.

Kelebihan dan Kekurangan PC Biasa

Berbicara PC biasa, tentu PC ini tidak didesain untuk gaming, sehingga memiliki beberapa kekurangan dibanding laptop gaming. Namun anda tidak perlu ragu jika ingin memakai PC biasa karena ada beberapa kelebihan sebagai berikut.

Kelebihan PC biasa adalah spesifikasinya yang bisa diupgrade menjadi spesifikasi gaming. Hal ini tentu akan memudahkan anda dalam menggunakannya sesuai kebutuhan. Selain itu kelebihan lainnya ialah harga PC biasa yang relatif jauh lebih murah dibanding laptop gaming. Sebuah laptop gaming memiliki harga minimal 8 juta rupiah dengan spesifikasi rendah. Namun dengan dana lebih kecil anda dapat membuat sebuah PC biasa yang dapat digunakan untuk gaming dengan biaya hanya 4 juta rupiah saja. Tentu dengan kelebihan tersebut membuat PC biasa masih diminati.

Selain itu komponen pada PC biasa bisa dibongkar pasang sendiri apabila terjadi kerusakan. Sehingga memudahkan anda dalam perawatan karena tidak perlu dibawa ke service center. Meski begitu kekurangan PC biasa dari laptop gaming tetap ada.

Yang paling utama adalah spesifikasinya yang tidak bisa maksimal untuk gaming, meski anda set ke level tersebut. Karena biasanya desain dari PC biasa tidak mendukung hal tersebut. Jika laptop gaming boros baterai, maka pada PC biasa juga boros daya listrik. Selain itu kualitas dan brand PC biasa tidak terlalu bagus dibandingkan laptop gaming, sehingga kurang maksimal digunakan untuk gaming profesional.

Mana Yang Sebaiknya Dipilih?

Sebenarnya ini kembali lagi ke selera anda dimana masing – masing perangkat memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Laptop gaming jelas memiliki kelebihan utama untuk gaming, meski harganya mahal dan perawatan yang agak sulit. Sementara PC biasa memiliki beberapa kelebihan yang bisa digunakan untuk pengguna low-end dalam melakukan gaming.

Mana yang sebaiknya anda pilih, kami serahkan kembali kepada anda.Semoga dengan tulisan ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Prosesor AMD Terbaik

Prosesor AMD Terbaik www.primeabgb.com Advanced Micro Devices (AMD) telah merilis Ryzen generasi keduanya, yaitu Ryzen 7 2700X. Processor ini menggunakan arsitektur Zen+ ata Pinnacle Ridge,

Baca Selengkapnya >>>

Tinggalkan Balasan