Melihat Kualitas Audio Terbaik Pada Smartphone 2019

Smartphone Dengan Audio Terbaik Di Tahun 2019. LG V30, ZTE AXON 7, Dan LG V20

Musik, lagu, dan suara adalah suatu elemen yang selalu menemani anda dalam aktifitas sehari-hari. Mendengarkan musik adalah kegiatan yang sering dilakukan banyak orang saat melakukan kegiatan. Namun, tidak banyak juga yang tidak terlalu sering mendengarkan atau bahkan tidak suka.

Di tahun 2019 ini, jika kita berbicara mengenai smartphone, tentunya yang selalu diperhatikan oleh pengguna adalah brand, kamera, desain, dan performa. Tidak terlalu banyak yang memikirkan tentang audio pada smartphone. Faktanya, memang kualitas audio tidak terlalu berbanding jauh dengan kualitas yang biasa saja bagi kebanyakan pengguna smartphone.

Ahli audio pun (Audio Expert) tidak pernah tertarik dengan audio yang ditawarkan pada smartphone. Dalam segmen portabilitas, mereka lebih mempercayai DAP (Digital Audio Player) yang kenyataanya memang lebih unggul dari smartphone.

Jika sebuah kamera, desain, dan performa adalah suatu yang bisa kita lihat dan rasakan perbedaanya, lalu bagaimana dengan audio? Apakah mereka juga memiliki perbedaan yang bisa kita rasakan secara mudah? Tentu saja iya.

Kali ini, kami akan membahas segmen audio yang terdapat pada smartphone. Bagi anda yang tertarik mencoba perbedaan kualitas audio dan berencana untuk membeli smartphone, mari kita simak bersama-sama.

Penerapan Secara Dasar

Sebelum anda membeli dan mencoba, perlu diketahui anda memerlukan jenis konten atau audio yang berbeda. Sebagai contoh, konten audio yang seringkali anda dengarkan di layanan streaming seperti youtube, spotify, JOOX, dan social media lainnya adalah jenis AAC atau MP3 dengan bitrate 120kbps hingga 192kbps. Pada poin ini, dengan pendengaran dan *perangkat audio* (speaker atau headset) secukupnya, tidak akan terasa berbeda.

Pada bitrate 192kbps hingga 320kbps (bitrate maksimum file MP3) juga tidak akan terasa berbeda dengan perangkat audio seadanya. Bagaimana jika kita menggunakan perangkat yang maksimal? Tentu saja berbeda, akan tetapi juga tidak maksimal. Karena jenis konten audio terbaik bukan AAC ataupun MP3.

Saat ini, format audio dengan kualitas terbaik adalah DSD. jenis file ini sangat membutuhkan konfigurasi audio yang mumpuni dan ukuran filenya luar biasa besar. Perbandingan kalkulasi ukuran MP3 dan DSD sangat jauh. Ilustrasi mudahnya, lagu dengan durasi 3 menit MP3 berukuran 8MB, sedangkan DSD bisa mencapai 200MB.

Untuk persiapan mencoba perbedaan kualitas audio, kami menyarankan untuk menggunakan format FLAC terlebih dahulu dengan bit depth 16bit dan sample rate 44.100Hz. Jadi anda akan melakukan pencarian FLAC 16bit/44.1Khz. Format ini bisa terbilang kualitas audio yang bagus, mudah dicari, dan kompatibel dengan smartphone jaman sekarang.

Memulai Pencarian dan Pemilihan Smartphone

Jika anda sudah selesai dengan persiapan, kami akan bahas lebih lanjut untuk smartphone yang bisa anda coba.

1. LG V30

Penilaian kritis dari pecinta audio akan muncul pertama dengan melihat spesifikasi chipset audio. Kali ini, LG menghadirkan chipset audio atau DAC (Digital to Analog Converter) yang mampu bersaing dengan DAP (Digital Audio Player) tingkat menengah atas. chipset DAC yang digunakan adalah 32-Bit ESS SABRE ES9218P.

2. LG V20

Semenjak kehadiran LG V10, mereka mengklaim bahwa smartphone mereka setara dengan kualitas yang di idamkan para audiophile dan audio expert. Dengan chipset DAC (Digital to Analog Converter) 32-Bit SABRE ES9218, smartphone ini mampu memberikan kualitas audio kelas atas. Bahkan headphone dengan impedance besar pun mampu digunakan secara maksimal.

3. Xiaomi Mi A1

Secara spesifikasi tertulis, Mi A1 memang tidak menampakkan kualitas audio dan spesifikasi chipset DAC nya. Tapi siapa sangka jika smartphone ini bisa membuat audiophile terkesan. Belum diketahui chipset audio apa yang digunakan, tetapi sudah diklarifikasi bahwa Mi A1 mampu menggunakan headphone dengan impedance hingga 600 ohms. Tuning audionya pun diatasi oleh Dirac HD Sound.

4. LG V40 ThinQ

Masih mengedepankan soal audio, V40 ThinQ masih tetap menggunakan chipset DAC yang sama dengan LG V30. Lalu, apakah yang berbeda? jawabannya adalah pada tuning audionya. Ketika pendahulunya menggunakan tuning dari B&O, kali ini V40 ThinkQ menggunakan tuning dari Meridian Audio. Meski menggunakan chipset DAC yang sama, akan sangat berbeda jika tuning yang digunakan berbeda.

5. HTC M10

Meski jarang sekali peminat di Indonesia pada HTC, smartphone ini sebenarnya memiliki kelebihan di beberapa segmen, salah satunya audio. Pihak HTC memang merahasiakan chipset audio apa yang mereka gunakan pada flagship 2016 ini. Hanya ada tuning BoomSound dengan Dolby Audio. Meski dinilai tidak memiliki kapasitas Hi-Fi oleh para audio expert, smartphone ini tergolong memiliki kualitas audio yang baik.

Kesimpulan

Mungkin bagi anda yang asing dengan penjelasan dan istilah diatas akan bingung. Kami akan sedikit memberikan penjelasan terkait. ESS Sabre yang sering kami tuliskan merupakan chipset DAC yang banyak ditemukan di perangkat audio, tidak hanya pada smartphone. Mereka dinilai baik dalam menghasilkan suara.

Rekomendasi yang kami berikan dari kelima smartphone diatas adalah LG V20 karena mudah dicari dan harganya terjangkau saat ini. Mengapa banyak produk LG dan tidak ada produk seperti samsung, huawei, oppo, dan vivo? Secara fakta, produk LG memang memiliki kualitas audio terbaik. Banyak audio expert yang mengakui kualitasnya. Salah satunya, seperti reviewer Robert Triggs.

Dalam artikelnya di website Android Authority, Ia juga menjelaskan secara detail seperti apa kapasitas audio yang dimiliki oleh LG V20 dengan pembanding LG V10 dan ZTE Axon 7. Di channel YouTube Pocketnow, Seorang audio expert Juan Bagnell juga membandingkan LG V20 dengan smartphone lain, dan bahkan membandingkan juga dengan DAP Fiio X5.

Sebenarnya brand samsung dan ZTE juga memiliki kualitas audio yang bagus, tetapi jika melihat harga pada brand samsung dan sulitnya mencari smartphone ZTE maka kami tidak menulisnya diatas. Diketahui brand samsung dengan kualitas audio yang mumpuni adalah Galaxy Note 8 dan Samsung Galaxy S9. Untuk ZTE adalah ZTE Axon 7 dan seri Axon lainnya.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply