Microsoft Office Access, Aplikasi Olah Database Menarik

oakstraining.com

Banyak aplikasi pengolah database untuk tujuan tertentu yang beredar di pasaran. Masing – masing memiliki kelebihan dan manfaat dalam mengelola database. Salah satunya adalah program microsoft office access buatan Microsoft. Aplikasi ini sudah lama ada untuk melakukan pengelolaan database, dengan kelebihan tersendiri.

Ada beberapa kelebihan dari Microsoft Office Access dalam pengelolaan database. Pengoperasiannya yang mudah dan tidak rumit dapat digunakan oleh setiap kalangan. Karena pengoperasiannya yang mudah sangat cocok bagi pengguna dengan skala menengah kebawah, contohnya wirausaha. Jika anda seorang wirausaha yang akan atau sedang mengembangkan usaha dengan pengelolaan data, lebih baik mengggunakan aplikasi ini.

Dalam tulisan kami kali ini akan membahas Microsoft Office Access sebagai aplikasi olah database yang menarik. Dan bagaimana prospek penguunaannya untuk sektor usaha / wirausaha.

Pengertian Database & DBMS

Sebelum mengetahui mengenai aplikasi Microsoft Access, anda harus tahu terlebih dahulu mengenai database. Database sendiri adalah kumpulan data yang teroganisir dan tersimpan dalam tempat tertentu untuk dapat dimanipulasi dan dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi. Dengan kata lain database adalah kumpulan data – data yang diolah untuk mendapatkan informasi.

Database tidak bisa diolah sendiri secara manual, melainkan menggunakan sebuah aplikasi pengolah database. Aplikasi ini disebut dengan DBMS atau Database Management System, dengan DBMS pengelolaan database menjadi lebih baik dan mudah. Banyak jenis aplikasi DBMS yang beredar, seperti Oracle, My SQL, PostGre SQL, dan Microsoft Access.

Pengertian Microsoft Office Access

Microsoft Office Access atau dikenal dengan MS Access adalah sebuah aplikasi pengolah database / basis data relasional buatana Microsoft. Aplikasi ini ditujukan untuk pengguna rumahan dan perusahaan kecil dan menengah. Aplikasi ini biasanya gabungan dari beberapa aplikasi yang sepaket dengan Microsoft Office lainnya (Misal Word, Excel).

Microsoft Access memiliki beberapa fitur diantaranya pengolah database serta tampilan grafis yang mudah dipahami pengguna. Oleh karena itu aplikasi ini cocok bagi anda yang bekerja dirumah atau punya usaha kecil menengah / wirausaha.

Fungsi & Manfaat Microsoft Access

Microsoft Access sendiri memiliki manfaat dan fungsi yang dapat digunakan oleh pengguna. Antara lain sebagai berikut :

  1. Mengolah Database, baik itu dari pembuatan, edit, hapus database
  2. Membuat aplikasi input database sederhana
  3. Dapat membuat program aplikasi gaji karyawan
  4. Dapat membuat aplikasi database baik yang offline maupun online
  5. Microsoft Access dapat mengolah database dari luar MS Access, misalny MySQL
  6. Dapat digunakan untuk membuat aplikasi pengelolaan barang di toko

Microsoft Office Access Untuk Wirausaha

Dalam perkembangannya, Microsoft Office Access dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang ditujukan bagi wirausaha dengan usaha skala kecil atau menengah. Microsoft Access dapat digunakan baik secara fisik (offline) maupun online sehingga bermanfaat bagi wirausaha baik yang membuka toko fisik maupun online.

Kelebihan Microsoft Access dibanding aplikasi lainnya ialah mudah untuk memanipulasi tabel dan relasinya. Selain itu perintah SQL yang ada di database umumnya, juga ada di aplikasi ini. Yang paling penting adalah pembuatan aplikasi database di Microsoft Access cukup mudah dilakukan, banyak tutorialnya dan  tidak serumit aplikasi database lainnya.

Misalnya jika anda adalah wirausaha yang membuka toko kecil, anda dapa membuat aplikasi pengelolaan data toko dengan mudah. Biasanya caranya hanya membuat tabel database setelah itu membuat form apilkasi untu pengelolaan data tersebut. Dengan cara yang mudah dipahami oleh orang awam dan tidak rumit, menjadikan aplikasi ini ramah untuk wirausaha.

Contoh lain dari aplikasi yang dibuat dengan Microsoft Office Access adalah aplikasi karyawan, gaji, absensi karyawan, keuangan, dan masih banyak lagi. Dengan Microsoft Access anda akan hemat biaya untuk mengembangkan aplikasi database. Hal ini karena tidak perlu biaya tinggi untuk pengadaan server dan tenaga pengolah database.

Masih banyak lagi yang dapat anda manfaatkan dengan Microsoft Access bagi wirausaha namun kami tidak bisa jelaskan satu per satu. Semoga dengan artikel ini menambah wawasan anda terutama anda yang wirausaha dan ingin mengembangkan usaha lebih maju lagi.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan