Modifikasi Pada OS Android, Perlukah?

Beberapa Custom ROM Untuk Smartphone Android
gearburn.com

Penggunaan OS Android sekarang semakin pesat, selain mudah digunakan juga dapat diubah – ubah tanpa perlu membeli lisensi seperti OS lainnya. Perlu diketahui sejak kemunculan pertamanya, Android sudah berkembang pesat dan banyak orang yang ikut memodifikasi OS Android bermacam – macam modifikasi.

Banyak sekali OS Android modifikasi ini memiliki keunggulan atau fitur tertentu yang tidak ditemukan pada OS Android bawaan produsen. Banyak orang yang melakukan modifikasi secara mudah karena tutorial yang banyak di Youtube serta bebas dilakukan karena tidak melanggar hukum.

Akan tetapi tidak semua modifikasi pada android memberi dampak baik, modifikasi pada OS Android juga memiliki dampak tersendiri jika tidak dilakukan secara hati – hati. Ada beberapa istilah atau alat yang dapat digunakan untuk melakukan hal tersebut, kami sudah merangkumnya dalam tulisan ini melalui poin poin di bawah ini.

Beberapa Istilah dan Tools dalam Modifikasi OS Android

Sebelum anda akan melakukan modifikasi OS Android perlu mengetahui beberapa istilah dan tools yang dipergunakan untuk melakukan modifikasi OS Android ini. Kami sudah merangkumnya dalam beberapa poin berikut :

• Root

Root adalah aktivitas yang dilakukan pengguna kepada Android nya untuk memberi akses penuh pada sistem file OS Android. Dikarenakan Android adalah berbasis linux pada kernelnya, maka kegiatan ini sama seperti yang ada pada Linux pada umumnya.
Dengan melakukan root pada handphone atau perangkat android lainnya, anda dapat membuat file sistem atau aplikasi pada semua bagian di OS Android menjadi dapat diakses oleh anda.
Biasanya dalam Android terdapat software yang dapat melakukan root yang sistemnya cukup mudah dan dapat didownload secara gratis.

• SuperSU

SuperSU adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna melakukan root pada perangkat androidnya untuk memberi akses pengguna terhadap perangkat android tersebut.
SuperSU bekerja dengan memberikan akses root kepada pengguna agar dapat mengakses beberapa file sistem dan pengaturan android. SuperSU berguna dalam melakukan modifikasi android dengan software pihak ketiga (Mod atau CustomROM).

• ROM dan Custom ROM

ROM disini adalah data pada Android yang sebenarnya tidak dapat dihilangkan oleh pengguna karena berisi file sistem Android secara utuh. Data pada ROM tidak dapat diubah – ubah karena bersifat permanen untuk sistem Android itu sendiri.
Namun untuk mengubah ROM berarti harus mengubah keseluruhan sistem di perangkat tersebut yang biasanya kita kenal dengan flashing. Disinilah awal mula medofikasi OS Android berjalan atau biasa dilakukan.
ROM android terdapat bebas di internet dengan berbagai macam pengembang yang mempublikasikannya. Salah satu yang terkenal adalah Custom ROM dimana berasal dari pengembang pihak ketiga yang memodifikasi source code asli dari Android. Jika Custom ROM dipasang di perangkat dapat memodifikasi android anda menjadi berbeda dari sebelumnya.

• Xposed Framework

Xposed Framework sendiri adalah pengembangan dari adanya teknik modifikasi Android. Xposed Framework adalah kumpulan database yang berisi berbagai macam aplikasi dan pengaturan yang dapat digunakan untuk memodifikasi OS android. Contoh modifikasi misalnya mengubah tema, mengubah tampilan notifkasi, dan lain sebagainya.
Xposed Framework tidak dapat berjalan sendiri, oleh karena itu ada software lain yang harus digunakan untuk mendapatkan / mengakses Xposed Framework ini. Biasanya software ini juga dapat melakukan root pada android.

• Magisk

Perangkat lunak ini berhubungan erat dengan Xposed Framework karena salah satu modulnya dapat menggunakan Xposed Framework untuk memodifikasi OS Android. Magisk adalah salah satu aplikasi yang dapat melakukan root layaknya  superSU atau aplikasi lainnya.
Magisk selain dapat melakukan root juga bisa melakukan download Xposed Framework melalui module Xposed. Selain itu sifatnya yang opensource dan baru dapat membuat modifikasi android semakin maksimal, terlebih sekarang ada Mod untuk android versi 7.
Aplikasi ini juga membuat root pada android bisa disembunyikan. Ini sangat berguna ketika menghadapi aplikasi lain yang melarang modifikasi root pada android.

Dampak Buruk Memodifikasi OS Android

Meski terlihat menarik untuk melakukan modifikasi OS android, anda juga harus tahu bahwa tidak semua modifikasi baik dilakukan. Mengingat tidak semua perangkat dapat melakukannya.

Ada baiknya anda haru s hati – hati dalam melakukan hal ini dan memperhatikan kerugian dari memodifikasi OS Android. Kami merangkumnya dalam poin berikut :

1. Membuat Bug Pada Android

Karena modifikasi OS Android kebanyakan bukan berasal dari pihak pengembang yang asli yakni Google, maka banyak bug yang biasanya terjadi pada modifikasi Android yang dilakukan.

2. Menghilangkan Garansi

Ketika handphone android anda di root atau dilakukan modifikasi, secara langsung maka garansi handphone dari pihak pabrik akan hilang.

3. Fungsi Beberapa Perangkat Bisa Hilang

Memodifikasi android dengan custom ROM dapat membuat kamera kadang tidak berfungsi, atau sinyal 4G hilang dari handphone anda bisa terjadi apabila dilakukan. Sering terjadi permasalahan pada WiFi dan Bluetooth.

4. Mudah Tertular Virus

Biasanya sistem keamanan yang ditawarkan pihak ketiga untuk modifikasi ini tidak terlalu kuat. Hal tersebut menyebabkan selain muncul bug juga handphone anda mudah terkena virus komputer secara tidak langsung.

5. Fungsi Aplikasi Pembayaran Yang Bisa Hilang

Aplikasi E-Cash dan in-app purchase bisa saja tidak bisa digunakan. Khususnya aplikasi yang memiliki fitur pembayaran dalam aplikasi itu sendiri seperti T-Cash, i-Saku, dan sebagainya. Tetapi aplikasi yang menggunakan perantara lain dengan pembayaran transfer bank, convert pulsa, atau pembayaran di toko retail masih bisa digunakan.

Melihat beberapa poin di atas, sebaiknya anda tidak perlu melakukan modifikasi OS Android. Hal tersebut tidak perlu jika anda tidak ingin terjadi error atu kerusakan pada Android anda.

Namun jika anda seorang yang ingin mengetahui kelebihan dari OS Android hasil modifikasi, tidak ada salahnya untuk memodifikasi Android. Tentu dengan resiko yang harus diambil anda selaku pengguna.

Bijaklah dalam melakukan sesuatu hal, termasuk dalam memodifikasi OS Android agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Semoga tulisan kami bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai OS Android.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply