Pekerjaan Yang Hilang Karena Evolusi Teknologi

id.wikipedia.org

Disadari atau tidak, perkembangan teknologi yang semakin pesat memberi perubahan besar pada segala sektor. Tidak terkecuali sektor pekerjaan yang ikut kena dampak akan evolusi teknologi. Disisi lain kita terbantu dengan adanya teknologi yang berkembang sehingga meringangkan pekerjaan yang ada. Namun disisi lain ada juga pekerjaan yang semakin berat atau tidak bisa eksis karena hal tersebut.

Saat ini banyak pekerjaan yang sudah tergantikan oleh teknologi dengan maksud mengurangi biaya dan mempermudah pekerjaan. Namun berdasarkan hal tersebut pekerjaan ini lama kelamaan hilang dan terancam tersingkir karena perkembangan teknologi. Hal ini mengakibatkan orang – orang tersebut kehilangan pekerjaan atau pekerjaan tersebut hilang karena evolusi teknologi.

Dalam tulisan kali ini kami akan membahas beberapa pekerjaan yang hilang dan terancam hilang karena evolusi teknologi. Kami sudah rangkum dalam beberapa poin berikut.

1. Teller / Kasir

Teller adalah orang yang menerima dan mengurus setoran di bank, sedangkan kasir adalah orang yang melayani pembeli di sebuah toko. Kedua pelayan yang satu ini bisa terancam pekerjaannya karena sistem online yang diberlakukan di bank maupun di toko dengan hadirnya e – commerce.
Hadirnya mesi atm yang sudah tersambung jaringan luas dan dompet digital menjadikan kerja dari teller bank menjadi berkurang. ATM kini dapat bekerja maksimal untuk melayani nasabah. Sementara kasir tidak diperlukan lagi karena sistem online yang berkembang di masyarakat membuat masyarakat lebih suka belanja online.
Seperti pada jasa layanan convert pulsa atau sulap pulsa, juga sudah tidak menggunakan teller ataupun kasir. hanya saja customer service masih dibutuhkan untuk saat ini.

2. Agen Travel

Hadirnya teknologi, khususnya sistem online juga berdampak buruk bagi agen travel atau perjalanan. Kini dengan hadirnya pemesanan tiket online orang tidak perlu repot datang ke agen perjalanan untuk memesan tiket. Akhirnya pada dampak berkelanjutan agen travel / perjalanan ini mulai berkurang dan kehilangan pekerjaannya.
Meski begitu ada beberapa sektor yang masih memerlukan agen travel untuk melakukan bisnis. Misalnya untuk umroh dan haji karena masih bersifat kolektif dan butuh tenaga manual.

3. Pengantar Surat

Kehadiran surat menyurat semakin lama hilang dari peredaran seiring dengan teknologi internet dan selular. Saat ini orang lebih suka mengirimkan surat lewat e-mail atau pesan singkat melalui sms dan aplikasi chat. Email, sms, maupun aplikasi chat sangat unggul dalam segi kecepatan dan kehandalan. Hal ini tentu berbeda dengan berkirim surat yang harus menunggu berhari – hari untuk informasi yang didapat.
Hal ini mengakibatkan para pengantar surat kehilangan pekerjaan karena minimnya surat yang dikirimkan. Hal ini tidak lepas dari kegemaran orang menggunakan email atau aplikasi chat. Makin lama kehadiran para  pengantar surat hanya menjadi sejarah karena sekarang sudah tidak dibutuhkan lagi.

4. Penjual CD atau Kaset

Kehadiran aplikasi streaming online untuk musik tentu memukul bisnis musik konvensional yang dijual melalui CD / kaset. Saat ini kehadiran kaset ata CD sulit ditemui dan hanya bisa ditemui di tempat tertentu dengan harga yang mahal. Hal ini juga berlaku pada CD film yang sudah digantikan oleh aplikasi streaming film online.
Kehadiran sistem online di kedua sektor tersebut membuat penjual kaset atau CD, baik musik atau film menjadi berkurang atau hilang karena bangkrut. Sepinya pembeli dan kalah saingnya CD membuat kehadiran penjualnya hilang dari peredaran.

5. Petugas Tol

Di sektor transportasi selain agen travel yang hilang juga berdampak pada pengelola jasa tol. Jika dulu orang menggunakan jasa petugas tol untuk pembayaran, sekarang pembayaran toll bisa dilakukan dengan sistem e-toll untuk pembayaran elektronik dengan mesin. Hal ini tentu berimbas pada berkurangnya dan dihilangkannya petugas tol dari jalan tol yang ada di Indonesia maupun dunia.

6. Jurnalis / Reporter

Jurnalis dan reporter memang masih ada dan eksis saat ini. Namun kehadiran teknologi dapat mengurangi kinerja mereka karena penulisan laporan berita dan wawancara bisa dilakukan dengan program seperti AI. Selain itu hadirnya media online juga mengurangi kegiatan reporter dalam meliput berita. Reporter dapat digantikan dengan pengelolaan data dalam jumlah besar yang lebih akurat.

Menyikapi Evolusi Teknologi di Dunia Kerja

Berdasarkan contoh di atas banyak sekali pekerjaan yang hilang akibat evolusi teknologi. Hal ini harus anda sikapi dengan bijak karena mau tidak mau anda harus menerima perkembangan tersebut. Anda harus bisa menerima perubahan dan menyesuaikan diri dengan teknologi yang semakin canggih. Selain itu anda juga harus memanfaatkan teknologi sebaik mungkin agar manfaat baiknya sajalah yang bisa diterima oleh anda.

Tinggalkan Balasan