Perbandingan Antara Joystick Dualshock dan XBOX All Series

gamesradar.com

Controller game atau bisa dibilang joystick adalah komponen penting dalam sebuah permainan game. Biasanya bermain tanpa joystick membuat game tidak bisa berjalan dengan maksimal. Banyak produsen game console yang membuat joystick dengan keunggulan masing – masing, salah satunya adalah joystick sony dan microsoft dengan nama dualshock dan XBOX controller.

Dualshock sendiri adalah seri terbaru dari controller keluaran SONY untuk playstation 4 atau PC. Begitu juga controller XBOX keluaran terbaru seperti seri 360, XBOX One dan  XBOX One S juga kompatibel dengan PC. Semua seri stik tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing.

simak juga controller game console pc yang jarang diketahui

Kedua joystick di atas merupakan salah satu seri joystick yang cukup populer yang ada di pasaran. Masing – masing berlomba untuk menjadi controller terbaik dengan fitur yang ada di dalamnya. Namun bila anda masih bingung dengan kedua controller ini tidak ada salahnya untuk melihat perbandingannya melalui artikel berikut ini.

Mengenal Joystick Dualshock 4 V1 dan V2

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahawa joystick dualshock adalah seri joystick keluaran Sony untuk produk Playstation 4 dan kini terdiri atas dua seri yakni V1 dan V2. Perbedaan yang mendasar dari joystick ini dibanding seri sebelumnya adalah desain yang lebih ergonomis dan memiliki fitur touchpad pada joystick tersebut.

Pada seri ini beberapa fitur ditambahkan seperti panjang stik yang lebih panjang, adanya lampu indikator pada joystick, serta dukungan untuk dimainkan di PC atau komputer.

Mengenal Joystick XBOX 360, One, One S

Xbox adalah console game buatan Microsoft yang berkembang pesat seiring dengan Sony Playstation yang juga berkembang. Controller pada Xbbx dari seri 360 sampai One S memiliki beberapa perbedaan namun kesamaan dari segi filosofi desain yang ditawarkan.

Jelas desain stik Xbox berbeda dengan sony Dualshock, namun fitur yang ditambahkan seperti pegangan yang tidak selip, tombol yang dibuat lebih baik, namun tidak mengubah desain stik Xbox sejak awal berdirinya console ini.

Perbandingan Antara Dualshock V4 dengan XBOX Semua Seri

• Perbandingan Secara Desain

Dari segi desain kedua joystick ini memiliki kelebihan masing – masing. Stik Xbox yang baru memiliki desain yang lebih minimalis dan memiliki tekstur yang tidak selip jadi bisa dibilang nyaman digunakan. Meski begitu berat joystick Xbox lebih berat daripada joystick Dualshock 4  seri v1 atau v2.
Untuk Dualshock 4 V1 atau V2 sendiri memiliki desain yang sangat futuristik dan nyaman dipakai karena berat yang ringan. Namun perlu diketahui untuk varian pada dualshock ini tidak sebanyak varian yang ada pada Xbox controller.

• Analog Button

Analog button berfungsi untuk menggerakkan permainan sesuai keinginan pengguna. Pada Dualshock 4 semua seri memiliki kelebihan dimana tombol lebih stabil dan responsif. Permainan dengan dualshock akan menjadi lebih presisi dengan tombol yang awet. Namun tombol analog pada Dualshock 4 ini belum memiliki tekstur sehingga kadang slip.
Sementara stik Xbox sendiri memiliki pegangan yang nyaman dan bertesktur pada tombol analognya. Akan tetapi stik Xbox tidak terlalu presisi dan cukup berat karena berat joystick itu sendiri yang sedikit menghambat. Meski begitu bisa dibilang joystick Xbox seri terbaru ini nyaman dibanding joystick Dualshock.

• Fungsi dan Tombol Lain

Masing – masing tombol pada Xbox maupun dualshock memiliki perkembangan sendiri – sendiri. Xbox memberikan perbaikan pada tombol yang ada agar semakin nyaman digunakan. Contoh misalnya pada tombol trigger yang lebih besar dan desain yang lebih ergonomis.
Sementara pada Dualshock 4 semua seri sensivitas tombol lain masih sama dengan pendahulunya. Namun pada versi baru ada beberapa tombol lain yang didesain lebih ergonomis dan nyaman.

• Kelengkapan

Dua joystick ini djual dengan beberapa kelengkapan yang ada, untuk Dualshock 4 seri V1 atau V2 memiliki kelengkapan yang minim dimana tidak disediakan kabel charger resmi. Untuk mengatasi ini anda bisa ganti dengan kabel USB biasa. Untuk Xbox controller tidak dibekali dengan baterai rechargable bawaan sehingga harus beli secara terpisah.
Meski begitu ada kelebihan yang ditawarkan oleh controller Xbox. Jika ingin koneksi wireless tidak perlu perangkat tambahan seperti bluetooth dongle dan pergantian baterai lebih simple apabila terjadi kerusakan.

• Kompatibilitas

Ada beberapa masalah kompatibilitas yang ada pada Dualshock 4 seri V1 atau V2. Karena agak sulit menginstalasi jika akan digunakan pada komputer karena harus menggunakan software third party untuk dapat mengoperasikan Dualshock 4 ini.
Sementara Xbox memiliki kelebihan dimana tidak perlu menggunakan software tambahan apapun, karena dapat langsung tersambung dengan perangkat komputer anda baik dengan kabel maupun wireless.

• Harga

Dua perangkat ini memiliki harga yang berbeda, namun harga Xbox controller jauh lebih mahal dibanding dari dualshock 4 seri v2. Perbedaan harga ini sesungguhanya tidak terlalu jauh, yakni sekitar 10 ribu rupiah. Data ini kami ambil dari website daily social yang memberikan harga Dualshock sekitar Rp. 660 ribu dan Xbox Rp. 670 ribu pada bulan februari 2018 (harga bisa berubah saat ini).

Kesimpulan

Dari beberapa perbandingan di atas bahwa ada beberapa perbedaan antara kedua jenis joystick ini. Meski begitu masing – masing memiliki poin plus sendiri. Kami kembalikan lagi kepada anda mengenai joystick mana yang sesuai dengan anda. Semoga tulisan kami bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Jangan lupa untuk kunjungi website kami juga yang membahas tentang Convert Pulsa, yaitu cara Tukar Pulsa untuk transaksi online atau merubah Pulsa Jadi Uang

simak juga fitur dan spesifikasi audio pada smartphone

Tinggalkan Balasan

Close Menu