Perbandingan Game FIFA19 dan PES 2019

gadgets.ndtv.com

Kedua game sepakbola populer yakni PES dari KONAMI dan FIFA dari EA Sports  sudah menelurkan edisi terbaru mereka masing – masing, yaitu edisi FIFA19 dan PES 2019.

Kedua game tersebut rilis berdekatan yakni pada Agustus 2018 (PES) dan September 2018 (FIFA). Kedua game ini memiliki banyak fitur yang masing – masing mendukung kegiatan game sepakbola. Sejak awal kemunculan game ini baik fifa maupun pes sudah sering dibandingkan baik dari segi grafik, permainan, lisensi dan lainnya.

Masing – masing game  mengupdate dan memperbaiki kesalahan di edisi sebelumnya. Meski begitu pada dua edisi ini juga masih bisa dibandingkan diantara keduanya. Walau begitu ada perbedaan dan perubahan pada masing – masing game.

Dalam tulisan kali ini kami akan membahas mengenai perbandingan game FIFA19 dan PES 2019 berdasarkan beberapa aspek.

Gameplay

Elemen penting dari sebuah game adalah gameplay, jika gameplay berjalan baik maka pengalaman dalam bermain game akan nyaman dan menyenangkan. Pada kedua game ini menggunakan masing – masing gameplay yang baik dan enak dimainkan. Meski begitu terdapat perbedaan yang ada di kedua game ini.

Pada PES 2019 mengusung gameplay yang tidak jauh berbeda dengan game PES 2018. Bisa dibilang gameplay pada PES 2019 masih baik dengan berbagai tambahan gerakan animasi. Contohnya cross over turn, no-look  pass, controlled chip, dripping shot, dan rising shot.  Pemain juga memiliki performa yang dipengaruhi oleh fitur visible fatigue.

Selain itu PES 2019 memperhatikan bagaimana teknik menendang bola, pergerakan bola, posisi pemain, kemampuan kiper, dan tambahan lainnya. Hal ini membuat permainan di PES 2019 ini lebih nyata dari yang sebelumnya.

Sementara pada FIFA19 juga melakukan perombakan besar – besaran pada gameplaynya yang mengubah permainan dari versi sebelumnya. Dari semua gameplay FIFA19 yang dimainkan FIFA19, hanya sedikit fitur gameplay FIFA18 yang masih ada digunakan.

Pada FIFA19 ada beberapa tambahan yang diberikan pada permainannya. Misalnya semakin sulitnya pemain untuk melakukan tendangan jarak jauh kecuali dengan waktu yang tepat dan tembakan yang terukur. Selain itu pemain (player) juga dapat mengubah taktik pertandingan ketika sedang berjalan. Bisa dibilang gameplay FIFA19 ini cukup baik meski berubah total.

Dari kedua gameplay di atas pengguna akan beranggapan bahwa gameplay PES lebih menarik untuk dimainkan meski FIFA memberikan gameplay yang realistis.

Grafik

Ada sedikit perbedaan antara kedua game ini pada bagian grafik. Pada FIFA19 grafik ditingkatkan dengan memberikan detail pada beberapa sisi, misalnya pada tribun yang dibuat semakin detail, wajah pemain & bentuk tubuh semakin nyata. Pada bagian stadion dibuat lebih detail dengan adanya aktivitas pinggir lapangan serta aktivitas bangku cadangan seperti layaknya permainan sepakbola pada umumnya.

Namun tidak semua detail ini berhasil diterapkan karena pada beberapa kasus wajah pemain yang masih kurang / tidak detail. Hal ini mendapat komplain dari pemain aslinya, meski sudah mengantongi lisensi langsung dari FIFA. Meski begitu lisensi FIFA yang dimiliki juga membuat game ini dapat memberikan ekspresi wajah para pemain secara baik.

Sedangkan PES 2019 sendiri untuk urusan grafik memang agak tertinggal karena minimnya lisensi yang didapatkan dari tim atau dari FIFA. Hal ini menyebabkan hanya beberapa pemain tertentu saja yang memiliki wajah asli sedangkan lainnya tidak ada. Meski begitu detail wajah pada PES 2019 tidak mengecewakan karena mirip dengan aslinya.

PES 2019 memiliki peningkatan visual untuk permainannya. Akan tetapi karena terbatasnya lisensi membuat beberapa detail seperti badan pemain dan wajah tidak secara detail tergambarkan dalam gim ini. Sehingga bisa dibilang grafik FIFA19 memang selangkah di depan PES 2019.

Lisensi

Sudah sejak dulu diperkenalkan memang game FIFA 19 memiliki lisensi yang asli dari FIFA. FIFA 19 memungkinkan mereka mengembangkan beberapa fitur yang bisa leluasa digunakan. Khusus untuk FIFA 19 mereka mendapatkan lisensi mengenai liga champions dan liga europa yang dulunya dipakai oleh PES. FIFA19 juga tetap mengantongi beberapa lisensi utama dari liga top eropa.

Hal sebaliknya terjadi dengan PES 2019 yang kehilangan lisensi liga Champions dan Europa. PES 2019 hanya memiliki beberapa lisensi untuk liga Skotlandia, Jerman, Belanda. Hanya beberapa klub besar terpilih memiliki lisensi yakni Schalke 04, Liverpool, AC Milan, dan tentunya Barcelona. Selain itu lisensi liga top eropa seperti liga Inggris tidak dimiliki oleh game ini.

Kesimpulan

Baik FIFA19 maupun PES 2019 memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Jika ingin grafik yang detail dan lisensi tentu anda perlu memainkan FIFA19 yang lengkap dalam aspek itu. Sedangakan jika menginginkan permainan yang menyenangkan dan mendapatkan gameplay yang nyaman bisa memainkan PES 2019 sebagai piilihan permainan.

Tentu semua ulasan ini kami kembalikan kepada anda selaku pengguna game yang memainkannya. Semoga tulisan kami bermanfaat bagi anda dan menambah wawasan akan kedua game ini.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan