Perbandingan Monitor TV dan PC

lifehacker.com

Serupa tapi tak sama, itulah yang menggambarkan Monitor pada TV dan PC atau komputer. Monitor pada TV versi terbaru memang memiliki kesamaan bentuk dari monitor PC yang selama ini kita jumpai. Mengingat teknologi yang semakin berkembang membuat standar teknologi juga serupa termasuk pada monitor TV dan PC.

TV sebenarnya sudah ada sejak sebelum monitor PC muncul, dimana tv mendukung siaran televisi melalui kabel dan antena. Monitor muncul beberapa tahun kemudian seiring kemunculan komputer dan perangkat sejenisnya. Namun perkembangan jaman membuat kedua teknologi ini berkembang dan hadir TV jenis baru yang dapat memunculkan gambar dari komputer, bahkan lebih jauh lagi seperti adanya HDTV atau bahkan smart TV.

Perkembangan teknologi yang makin pesat ini memungkinkan kedua jenis perangkat ini memiliki kesamaan fungsi, namun pada dasarnya kedua perangkat ini memiliki perbedaan dan perbandingan masing – masing yang harus anda ketahui. Berikut kami paparkan beberapa perbandingan antara monitor TV dan PC yang harus anda pahami.

Perbandingan Dasar Monitor TV dan PC

Ada beberapa perbandingan dasar monitor TV dan PC yang terbagi dalam beberapa kategori dan faktor berikut ini :

• Bentuk Fisik & Ukuran

Dikarenakan fungsi yang berbeda dari awalnya, maka bentuk dari TV dan Monitor agak sedikit berbeda. TV meski desainnya sekarang sama dengan monitor dapat berbentuk lebih besar dari monitor. Ukurannya juga kadang tidak tanggung – tanggung yakni dapat sebesar pintu atau dinding rumah.
Sedangkan monitor PC untuk kebutuhan biasa ukurannya tidak terlalu besar dari TV. Meski begitu ada monitor yang cukup besar diproduksi, tetap saja pada penggunaan tidak bisa  maksimal karena resolusinya yang berbeda.
Selain itu TV secara desain dan fitur memiliki banyak fitur namun tetap pada fungsi utama TV yaitu memberikan hiburan bagi pengguna dengan jumlah orang yang banyak.
Monitor memiliki fisik yang ditujukan pada satu orang saja yang terpaku menatapnya. Hal ini memberi alasan mengapa TV dibuat dapat cukup besar dan monitor tidak karena orang di depan monitor yang terlalu besar tidak baik bagi mata pengguna tersebut.

• Fungsi

Sesuai dengan fungsi dasar masing – masing perangkat, TV digunakan untuk menyiarkan siaran televisi melalui kabel coaxial atau sejenisnya. Siaran ini bisa didapat melalui menggunakan antena analog, parabola, maupun tv berbayar.
Meski begitu fungsi utama TV adalah sebagai hiburan dan banyak fitur yang ditambahkan di dalamnya untuk menambah fitur tersebut.
Monitor tidak memiliki fungsi untuk memberi output siaran televisi. Tetapi jika anda ingin menyalakan tv dengan monitor PC harus ditambah perangkat tambahan seperti tv tuner dan sejenisnya. Sedangkan fungsi utama monitor ialah penghubung antara perangkat input dan menjadikannya output gambar / video ke pengguna.

• Jumlah Input Yang Bisa Masuk

TV modern saat sejatinya memiliki banyak fungsi dibanding monitor.TV selain menjadi hiburan juga dapat digunakan sebagai monitor untuk komputer dan keperluan lainnya. Oleh karena itu kebanyakan TV memiliki input yang banyak dibandingkan monitor yang hanya menerima input dari VGA atau HDMI saja.

• Resolusi

Monitor TV memiliki resolusi layar yang lebih rendah dibandingkan monitor karena sifatnya yang dipergunakan untuk tontonan banyak orang. Anda bisa dibuktikan jika anda melihat dekat ke arah TV maka akan melihat piksel (kotak – kotak) penysun gambar TV. Namun tidak semua TV seperti ini, hanya rata – rata TV konvensional yang memiliki resolusi rendah.

Perbandingan LED dan LCD Pada Layar Monitor TV dan PC

Selain perbedaan mendasar antar monitor TV dan PC, sebenarnya ada kesamaan diantara keduanya. Hal tersebut ialah jenis bahan apa yang dipakai dalam pembuatan monitor TV dan PC. Biasanya saat ini monitor kebanyakan menggunakan dua jenis panel yang sering dijual di pasaran, yakni LED dan LCD untuk monitor atau untuk TV.

Banyak jenis monitor komputer yang terbuat dari LED atau LCD. Begitu juga dengan TV yang kini juga terbuat dari LED atau LCD. Meski membentuk perangkat yang sama, namun kedua hal ini (LED dan LCD) memiliki beberapa perbandingan, sama seperti perbandingan dua perangkat sebelumnya. Antara lain sebagai berikut :

1. LED Lebih Hemat Energi Dibanding LCD

LED (Light Emmitted Diode) adalah teknologi LCD yang dikembangkan sehingga pencahayaan dan daya  yang digunakan pada layar lebih sedikit dibanding LCD (liquid Crsytal Display).
Dengan LED pengguna dapat mendapatkan pengalaman pencahayaan monitor yang lebih baik namun dengan daya yang lebih rendah sehingga hemat energi.

2. Ketahanan Monitor

Dikarenakan daya yang rendah dikeluarkan oleh monitor LED, menyebabkan ketahanan monitor LED lebih tinggi dibandingkan LCD. Bisa dibilang LED lebih awet karena tidak terus menerus memancarkan cahaya seperti teknologi LCD yang biasa dijumpai.

3. Jangkauan Pandangan Monitor

LED memiliki jangkauan pandangan yang cukup luas dibanding LCD. LCD memang memiliki kualitas gambar yang cukup jernih dan dapat mengatasi perubahan warna dan pencahayaan yang baik dibanding LED. Hal ini karena LCD menerangi seluruh layar dengan pencahayaan jenis cold cathode fluorescent lamps (CCFL).

4. Harga & Perawatan

Harga panel LED atau monitor LED di pasaran jauh lebih mahal dibanding layar LCD. Perawatan pada LED juga lebih mahal karena LED lebih rentan dan sensitif menjadi hambatan anda.
Apabila ingin membeli sesuaikan dengan penggunaan dan keperluan yang anda inginkan, tidak ada salahnya membeli LCD. Akan tetapi Jika akan digunakan terlalu sering atau untuk desain grafis anda bisa beli LED, begitu juga sebaliknya.

Demikian tulisan kami mengenai beberapa perbandingan monitor TV dan PC serta komponen yang ada di dalamnya. Semoga menjadikan manfaat dan informasi bagi anda.

Prosesor AMD Terbaik

Prosesor AMD Terbaik www.primeabgb.com Advanced Micro Devices (AMD) telah merilis Ryzen generasi keduanya, yaitu Ryzen 7 2700X. Processor ini menggunakan arsitektur Zen+ ata Pinnacle Ridge,

Baca Selengkapnya >>>

Tinggalkan Balasan