Perbandingan Smartphone Camera Mirrorless, dan DSLR

elproducente.com

Perkembangan teknologi semakin pesat di segala bidang, banyak bidang yang kini telah berkembang dengan perkembangan teknologi dan hadirnya internet. Hal ini juga terjadi pada dunia fotografi atau seni memotret.

Dahulu kita mengenal adanya kamera foto film atau kamera manual yang penggunaannya sangat repot dan kompleks, bahkan hingga proses pencetakan foto pun masih memerlukan waktu yang cukup panjang. Namun kini kehadiran dunia digital mengubah wajah fotografi ke arah yang lebih sederhana namun tetap meletakkan dasar – dasar fotografi yang ada selama ini, misalnya dengan kehadiran kamera digital.

Perkembangan fotografi tidak lepas dari teknologi fotografi, faktor utama pendukung fotografi adalah adanya kamera.  Kamera mengalami perkembangan yang cukup pesat dengan kehadiran kamera digital di awal tahun 2000-an kemudian disusul dengan teknologi terbaru dari kamera yang kini sudah dapat anda nikmati dalam sebuah telepon genggam yang lebih banyak disebut dengan smartphone.

Perkembangan teknologi yang signifikan ini juga menghasilkan bebrapa jenis produk fotografi yang ada, salah satu hal yang populer adalah adanya kehadiran smartphone, camera mirrorless, dan camera DSLR.

Ketiga produk di atas saat ini sudah menjadi barang lumrah ditemui dan banyak digunakan untuk fotografi, masing – masing memiliki keunggulan sendiri – sendiri. Baik smartphone, camera mirrorless, maupun DSLR sama – sama memiliki teknologi berbeda untuk tujuan yang sama yakni menghasilkan gambar yang baik untuk kepentingan fotografi atau di era sosial media saat ini dapat dimanfaatkan untuk diunggah di sosial media.

Dalam tulisan ini kami mengulas mengenai beberapa perbandingan mendasar mengenai smartphone, camera mirrorless dan camera DSLR.

Pengertian Smartphone, Camera Mirrorless dan Camera DSLR

Sebelum membandingkan beberapa teknologi tersebut, alangkah baiknya anda memahami beberapa pengertian mengenai smartphone, camera mirrorless, dan camera DSLR. Kami merangkumnya dalam beberapa poin berikut.

1. Smartphone

Sesuai dengan namanya, smartphone adalah handphone yang memiliki kemampuan lebih dalam mengolah data dan tugas – tugas yang dilakukan oleh telepon pada umumnya. Smartphone selaind digunakan untuk telepon dan sms juga dapat dignakan untuk hal lain seperti fotografi, musik, internet, dan lainnya.
Sekarang kamera pada smartphone bisa dibilang memiliki perkembangan yang cukup pesat dimana kamera pada smartphone memiliki resolusi tinggi bahkan ada yang memiliki kamera lebih dari satu lensa. Hal inilah yang menjadikan smartphone juga salah satu pesaing dari fotografi konvensional menggunakan kamera biasa.

2. Camera Mirrorless

Camera Mirrorless atau Mirrorless Interchangaeable Camera (MILC) atau bisa disebut juga kamera saku (compact) adalah kamera yang dapat diubah – ubah lensanya namun memiliki perbedaan dimana tidak adanya cermin pengalih gambar dari lensa ke optik – view.
Kamera mirrorless ini memiliki kelebihan dimana memiliki berat yang ringan dan mudah dibawa  kemana – mana dibanding DSLR namun tetap memiliki kualitas gambar yang cukup baik / sama dengan DSLR. Pada dasarnya kamera ini memiliki teknologi yang hampir sama  dengan DSLR hanya saja berbeda di tidak adanya kaca reflektor bayangan gambar tadi.

3. Camera DSLR

Kamera ini adalah kamera digital yang dapat diubah – ubah lensanya dan menjadi kamera populer untuk fotografi. DSLR (Digital Single Lens Reflex) adalah sebuah kamera dengan lensa dan cermin pemantul otomatis untuk meneruskan cahaya dari lensa menuju viewfinder. DSLR adalah versi digital dari kamera SLR yang merupakan kamera teknologi lama yang masih eksis sampai sekarang digunakan di dunia fotografi.

Perbandingan antara Smartphone, Camera Mirrorless, dan Camera DSLR

Setelah memahami pengertian dasar mengenai ketiga perangkat diatas, ada beberapa perbandingan yang anda dapat temui di ketiga perangkat tersebut, karena teknologi yang berbeda – beda tentu menghasilkan hasil gambar yang berbeda – beda juga. Kami merangkm perbandingan tersebut dalam tabel berikut.

Perbandingan

Smartphone

Mirrorless

DSLR

Ukuran Lensa dan Jenisnya

Kecil dan Tidak bisa diganti – ganti

Menengah dan bisa diganti – ganti

Ukuran besar, bervariasi dan bisa diganti – ganti

Hasil Gambar

Ukuran lebih kecil dari kamera dan kualitas di bawah kamera, contoh maksimal 6R dengan format JPEG

Kualitas bagus dan ukuran menengah ke besar, contoh 16 R atau dalam bentuk JPEG/RAW

Kualitas bagus dan ukuran cukup besar, contoh 16 R atau dalam bentuk RAW

Fungsi Utama

Foto dan komunikasi

Fotografi

Fotografi

Flashlight

Ada namun kurang baik dan tidak bisa diganti

Ada, bisa diganti /custom

Ada, bisa diganti /custom

Berat/Bobot

Ringan kurang dari 500 gram

Agak ringan namun lebih berat dari smartphone

Berat, tergantung lensa pendukung (bisa lebih dari 1 kg)

Harga

Bervariasi, kebanyakan murah

Agak murah

Mahal, ditambah lensa pendukung dan perlengkapan lainnya

Pengguna

Umum

Umum, pecinta fotografi

Fotografer profesional, pecinta fotografi

Penggunaan

Umum, sosial media, hobby

Umum, Hobby

Profesional, Hobby, Jurnalistik

Lain – Lain

Gambar mudah di share ke sosial media, digital zoom. Baterai boros

Gambar agak susah di share ke sosial media. Baterai lebih boros dari DSLR

Gambar susah di share ke sosial media. Perlengkapan tambahan banyak. Baterai cukup hemat

Sebenarnya masih banyak perbandingan lainnya yang kami tidak bisa bahas satu per satu mengingat banyaknya detail yang tidak bisa dibahas dalam tulisan ini, namun semoga dengan adanya tulisan ini bermanfaat bagi anda dan menambah wawasan anda mengenai fotografi.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan