fbpx

Perbedaan Bluetooth V4.0, V4.1, V4.2, V5.0

Teknologi Bluetooth 5.x
forum.flymeos.com

Bluetooth saat ini adalah perangkat dalam sebuah handphone atau gadget yang berguna untuk komunikasi personal dua arah antar perangkat tanpa sambungan internet. Menggunakan sambungan bluetooth anda dapat bertukar informasi, data, dan komunikasi lainnya secara realtime meski jaraknya terbatas.

Kemampuan bluetooth memang rendah karena dibatasi oleh jarak dan frekuensi yang tidak seluas internet. Bluetooth sendiri memiliki kelebihan untuk melakukan pertukaran data secara cepat dengan jarak pendek. Bluetooth tak perlu koneksi dengan internet dan melakukan seting tertentu karena hanya cukup melakukan pair antar dua perangkat saja.

Seiring perkembangan jaman, bluetooth berkembang dalam beberapa versi, saat ini dikenal versi baru bluetooth yakni dari 4 sampai 5 yang masing – masing memiliki perbedaan. Bluetooth 4 sendiri masih terbagi menjadi bluetooth 4.1, 4.2, dan bluetooth v4 itu sendiri. Sedangkan teknologi terbaru adalah bluetooth 5 yang tentu berbeda dengan versi sebelumya.

Untuk mengulas mengenai hal tersebut, dalam tulisan ini kami akan memaparkan perbedaan dasar antara berbagai versi bluetooth tersebut.

Spesifikasi dan Perbedaan Masing – masing Seri Bluetooth

Masing – masing versi bluetooth memiliki perbedaan yang ada, namun biasanya semakin baru perangkat bluetooth tersebut ada beberapa kelebihan yang ditambahkan atau diberikan pada perangkat bluetooth tersebut. Kami rangkum dalam poin berikut ini.

• Bluetooth V4

Secara umum bluetooth V4 memiliki banyak tambahan fitur dibanding pendahulunya yakni bluetooth 3. Kami tidak akan menjelaskan secara detail apa saja perubahannya namun kami rangkum dalam beberapa poin berikut ini.
Jangkauan pada bluetooth 4 lebih luas hingga 100 meter jika dibandingkan dengan pendahulunya. Selain itu pada bluetooth generasi ini memiliki latency yang lebih kecil dari bluetooth 3 dan dapat diputus koneksinya secara otomatis apabila tidak diperlukan.
Bluetooth 4 memiliki waktu pengiriman yang cukup pendek dibandingkan versi 3 yakni kecepatannya mencapai 1Mbps. Bluetooth 4 mendukung topologi star dalam penggunaanya dan memiliki keamanan yang cukup baik karena data terenkripsi dengan metode AES-128 CCM.

• Bluetooth V4.1

Bluetooth ini memiliki tambahan  fitur yang sedikit dibandingkan bluetooth 4 namun tidak merubah dasar dari versi 4. Fitur yang ditambahkan pihak Bluetooth sendiri adalah bertujuan untuk kegunaan konsumen agar lebih baik.
Bluetooth versi ini dapat diupdate pengguna tanpa mengganti perangkat karena hanya berupa update software saja. Bluetooth 4.1 mendukung integrasi dengan koneksi LTE sehingga memiliki kecepatan lebih tinggi dari Bluetooth 4, memiliki manajamen daya lebih baik.

• Bluetooth V4.2

Bluetooth ini hadir Seiring dengan perkembangan Internet Of Things (IoT). Bluetooth ini memiliki perbedaan besar dengan Bluetooth 4 dan 4.1. Yang paling utama adalah kecepatan aksesnya yang lebih tinggi dibanding bluetooth 4 dan 4.1.
Karena mendukung kegiatan Internet Of Things, maka keamanan data dalam bluetooth semakin ditingkatkan. Selain itu daya yang digunakan dalam perangkat bluetooth 4.2 sangat rendah dan menguntungkan pemakaian daya di perangkat mobile.

• Bluetooth V5

Bluetooth V5 adalah generasi terbaru dari bluetooth manapun, bluetooth ini memiliki perbedaan sangat mencolok dibanding bluetooth pendahulunya dan memiliki berlipat ganda kelebihan dibandingkan bluetooth generasi sebelumnya.
Pada bluetooth ini kecepatan transfer ditingkatkan hingga 2Mbps, memiliki long range atau jangkauan tinggi, rendah energi, serta mendukung internet of things dengan lebih maksimal.
Kelebihan lainnya ialah tidak terputusnya koneksi bluetooth ketika berhadapan dengan jarak yang cukup jauh (sekitar 200 meter), atau terhalang tembok dengan jarak 10 meter. Dukungan lainnya ialah multi device dimana banyak perangkat yang bisa disambungkan sekaligus melalui bluetooth 5.

Di Indonesia, Bluetooth Mana yang sering dipakai?

Pemakaian bluetooth memang bebarengan dengan pemakaian device pendukung atau device induk dimana bluetooth itu ada. Misalnya laptop menggunakan bluetooth 3 banyak di pasaran, maka masyarakat pada tempat itu menggunakan bluetooth 3. Begitu ada perkembangan teknologi lagi maka penggunaan bluetooth 3 akan berganti dengan bluetooth 4 dan seterusnya.

Untuk lebih spesifik  mengenai bluetooth mana yang sekarang dipakai oleh masyarakat Indonesia tentu sulit untuk ditentukan mengingat banyaknya perangkat yang digunakan dan harus sruvey panjang mengenai apa mayoritas versi bluetooth yang dipakai.

Namun menilik jenis perangkat handphone yang digunakan masyarakat saat ini, bila pengguna Indonesia menggunakan ponsel jenis / merk samsung dan apple saja, rata – rata mereka otomatis menggunakan bluetooth versi 4 ke bawah.

Untuk versi bluetooth 5 memang perangkat pendukung masih baru dikeluarkan, jadi belum merata persebarannya sehingga masih sedikit pemakainya. Sedangkan untuk versi terdahulu agaknya juga sudah berkurang mengingat perangkat komunikasi dari tahun tersebut semakin berkurang dan kurang populer.

Bisa disimpulkan bahwa pengguna bluetooth di Indonesia mayoritas sudah versi baru dan bergantung pada perangkat yang digunakan. Demikian tulisan dari kami mengenai bluetooth semoga menjadi informasi dan menambah wawasan anda.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

This Post Has 21 Comments

  1. Mau tanya…kalo bluetooth handphonne ny masih versi 4.2 bisa pairing ke earphone yg versi bluetooth 5.0 gak?? Trima kasih

    1. Halo Beatrix.
      masih bisa, meskipun fitur dari bluetooth 5.0 tidak akan berfungsi maksimal di handphone dengan bluetooth versi 4.2
      Saat ini, penggunaan bluetooth 5.0 juga masih belum terlalu luas, mungkin di negara maju saja yang penggunaan versi 5.0 nya maksimal.

  2. Mau tanya dong min…kalau bluetooth handphonenya masih versi 4 apakah bisa digunakan untuk versi 4.1?? Makasihh🙏

    1. Halo MCkenni
      Bisa saja, akan tetapi, fitur eksklusif dari bluetooth 4.1 tidak akan jalan pada handphone atau device yang masih berada di versi 4.0
      Salah satu contohnya dari segi kecepatan dan fitur aptX HD

  3. Saya mau tanya hp saya bluetoot nya versi 4.0 kalau pake earphon 5.0 bisa ga??

    1. Halo Iwan
      Bisa saja, karena earphone atau bahkan peralatan yang menggunakan bluetooth versi 5.0 masih bisa terhubung dengan perangkat atau device yang menggunakan versi bluetooth dibawahnya. hanya saja, fitur ekslusif dari bluetooth 5.0 tidak akan berjalan pada perangkat yang masih menggunakan versi bluetooth dibawahnya

  4. Saya mau tanya kalau Bluetooth saya v4.0 apakah bisa terkoneksi ke Bluetooth v5.0 atau pun sebaliknya , dan kalau pun bisa hal apa yang terjadi ? Karena saya mengalami koneksi yang terputus2 ketika sudah terkoeksi dari HP saya yang Bv4.0 ke Headphone Bv5.0 . Terima kasih mohon jawaban terbaiknya

    1. Halo Satria.
      Sebenarnya, perangkat dengan versi bluetooth berapapun bisa terkoneksi dengan perangkat dengan versi bluetooth v5.0, hanya saja fiturnya tidak maksimal. Saya ambil contoh seperti delay suara dan delay control dari headset bluetooth. Jika perangkat sudah terpasang minimal bluetooth versi v4.0, delay yang saya sebutkan bisa terminimalisir atau bahkan hilang.

      Masalah koneksi yang terputus ada banyak faktor. Tidak semua versi bluetooth v5.0 selalu bagus dan begitupun sebaliknya, tidak semua versi bluetooth lama v4.0 kebawah jelek. Pastikan juga jika menggunakan HP Android tidak melakukan modifikasi seperti menggunakan custom ROM atau custom kernel karena sangat berdampak pada performa bluetooth. Seringkali modifikasi tersebut berdampak buruk jika tidak dipahami secara benar.

      Solusinya, mungkin anda bisa coba koneksikan headset v5.0 anda di perangkat lain seperti bluetooth adapter di PC/Laptop, iPhone, atau perangkat Android jenis lainnya untuk testing apakah headset v5.0 milik anda memang bekerja dengan baik.
      Pengalaman pribadi saya menggunakan ATH WS660BT dari audiotechnica, headset sering disconnect ketika saya menggunakannya iPhone 4s dan sesekali terjadi delay suara pada bluetooth adapter v4.0 di PC saya.

  5. Mau tanya dong min kenapa hp saya udah bluetooth 5.0 tapi ngga bisa konek sama bluetooth printer yg masih bluetooth 4.0 ya
    Ada tips ngga min supaya bisa konek

    1. Halo Wisnu saputra.
      Pastikan jika printer tersebut memiliki module tambahan yang harus di install di HP anda atau tidak. Beberapa merek printer membutuhkan module tambahan yang terdapat di aplikasi/software mereka. Jadi anda harus install aplikasi milik mereka.

      Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, permasalahan di bluetooth juga memiliki banyak faktor. Anda perlu melakukan testing dengan menggunakan berbagai perangkat untuk memastikan permasalahan koneksi bluetooth.

      Jika anda masih belum berhasil koneksikan HP anda pada printer, mungkin anda bisa mencoba Google Cloud Print yang sifatnya sama-sama wireless printing.

  6. Mau nanya min, sy punya android dgn bluetooth versi 4,, ama laptop dgn bluetooth versi 3. Trus sy mau pairing dgn speaker aktif yg tdk ada fitur bluetoothX,, kira2 dongle bluetooth versi brapa yg cocok buat speakerX utk pairing kedua device sy tersebut? Tolong pencerahanX min.

    1. Halo Obin.
      Ada dua pilihan mengenai hal tersebut. Jika anda hanya menggunakan speaker untuk memutar musik, cukup dengan bluetooth dongle versi 3. Tetapi jika anda menggunakan speaker untuk bermain game, menonton video/movie, dan aktifitas lainnya yang membutuhkan delay audio yang kecil, maka anda perlu dongle versi 4 atau 5 yang sudah support aptX atau LDAC.
      Sebenarnya aptX dan LDAC sendiri berfokus pada kualitas suara, tetapi mayoritas dengan fitur tersebut, delay audio yang terjadi sangat minim.
      Perlu diingat bahwa laptop anda masih menggunakan bluetooth versi 3 yang memungkinkan delay audio cukup tinggi.
      Saran kami, cobalah membeli bluetooth dongle yang umum dijual dengan harga yang murah dulu. Jika delay audio cukup tinggi, maka cobalah beberapa bluetooth audio dongle yang support aptX dan LDAC (biasanya perangkat DAC AMP memiliki fitur tersebut, tetapi harganya relatif mahal).
      Semoga membantu 🙂

      1. Oke dahh min… Trima kasih banyak atas pencerahannya,, mau lgsung yg dongle versi 4 atau 5 yang sudah support aptX atau LDAC aja deh min,, klo ga bagus mimin ganti yaa… 🙂
        Thanks ya min..

  7. mau tanya dong min hp saya msh pakai bluetooth versi 3.1 kalau misal di connect ke headset bluetooth yg sdh versi 5.0 bisa gak ya min?

    1. Halo hatifi.
      Bisa saja, akan tetapi beberapa fitur yang ada pada bluetooth versi 5.0 tidak akan aktif pada perangkat pasangan yang masih menggunakan versi bluetooth lama. Contohnya seperti aptX dan LDAC yang ada pada perangkat bluetooth minimal versi 4.1

  8. Bang kalo Hp saya versi 4.1 dan earphone 5.0, akan menambah delay suara gak?

    1. Halo Farrell.
      Di bluetooth versi 4.1 sudah memiliki latency (tingkat delay) yang sangat minim. Umumnya, earphone bluetooth versi 5.0 harusnya sudah memiliki latency yang kecil, yaitu dibawah 50ms.

  9. Bang kalo earphone saya versi 5.0 dan hp saya 4.1 , suaranya akan bertambah delay atau tidak?

    1. Halo Abrar.
      Di bluetooth versi 4.1 sudah memiliki latency (tingkat delay) yang sangat minim. Umumnya, earphone bluetooth versi 5.0 harusnya sudah memiliki latency yang kecil, yaitu dibawah 50ms.

  10. Permisi min mau tanya.
    Hp saya kan android dengan versi bluetooth 4.1
    Saya ingin membeli miband 4 dengan versi bluetooth 5.0 apakah masih bs min? Kalau ada beberapa fitur yg tidak bisa kira kira apa saja ya min? Terima kasih

    1. Halo Wahyu Ramadhan.
      Untuk fitur utama yang ada pada smartwatch miband akan berfungsi baik dan normal. Hanya saja, karena perangkat HP android masih menggunakan bluetooth versi 4.1, konektifitas bluetooth tidak akan sebaik versi 5.0.
      Beberapa contohnya adalah masalah penggunaan daya, dimana bluetooth 5.0 memiliki fitur low energy, jarak koneksi yang diklaim 4x lebih jauh, dan re-pairing lebih cepat.

      Kesimpulannya, fitur-fitur yang ada di miband akan berjalan normal, tetapi mungkin HP anda akan lebih boros daya, jarak koneksi yang lebih pendek, dan kecepatan re-pairing yang agak lambat ketika perangkat terputus dan terhubung kembali.

Leave a Reply