Perbedaan Bluetooth V4.0, V4.1, V4.2, V5.0

forum.flymeos.com

Bluetooth saat ini adalah perangkat dalam sebuah handphone atau gadget yang berguna untuk komunikasi personal dua arah antar perangkat tanpa sambungan internet. Menggunakan sambungan bluetooth anda dapat bertukar informasi, data, dan komunikasi lainnya secara realtime meski jaraknya terbatas.

Kemampuan bluetooth memang rendah karena dibatasi oleh jarak dan frekuensi yang tidak seluas internet. Bluetooth sendiri memiliki kelebihan untuk melakukan pertukaran data secara cepat dengan jarak pendek. Bluetooth tak perlu koneksi dengan internet dan melakukan seting tertentu karena hanya cukup melakukan pair antar dua perangkat saja.

simak juga mengenal ping, latency, dan ttl pada komunikasi internet

Seiring perkembangan jaman, bluetooth berkembang dalam beberapa versi, saat ini dikenal versi baru bluetooth yakni dari 4 sampai 5 yang masing – masing memiliki perbedaan. Bluetooth 4 sendiri masih terbagi menjadi bluetooth 4.1, 4.2, dan bluetooth v4 itu sendiri. Sedangkan teknologi terbaru adalah bluetooth 5 yang tentu berbeda dengan versi sebelumya.

Untuk mengulas mengenai hal tersebut, dalam tulisan ini kami akan memaparkan perbedaan dasar antara berbagai versi bluetooth tersebut.

Spesifikasi dan Perbedaan Masing – masing Seri Bluetooth

Masing – masing versi bluetooth memiliki perbedaan yang ada, namun biasanya semakin baru perangkat bluetooth tersebut ada beberapa kelebihan yang ditambahkan atau diberikan pada perangkat bluetooth tersebut. Kami rangkum dalam poin berikut ini.

• Bluetooth V4

Secara umum bluetooth V4 memiliki banyak tambahan fitur dibanding pendahulunya yakni bluetooth 3. Kami tidak akan menjelaskan secara detail apa saja perubahannya namun kami rangkum dalam beberapa poin berikut ini.
Jangkauan pada bluetooth 4 lebih luas hingga 100 meter jika dibandingkan dengan pendahulunya. Selain itu pada bluetooth generasi ini memiliki latency yang lebih kecil dari bluetooth 3 dan dapat diputus koneksinya secara otomatis apabila tidak diperlukan.
Bluetooth 4 memiliki waktu pengiriman yang cukup pendek dibandingkan versi 3 yakni kecepatannya mencapai 1Mbps. Bluetooth 4 mendukung topologi star dalam penggunaanya dan memiliki keamanan yang cukup baik karena data terenkripsi dengan metode AES-128 CCM.

• Bluetooth V4.1

Bluetooth ini memiliki tambahan  fitur yang sedikit dibandingkan bluetooth 4 namun tidak merubah dasar dari versi 4. Fitur yang ditambahkan pihak Bluetooth sendiri adalah bertujuan untuk kegunaan konsumen agar lebih baik.
Bluetooth versi ini dapat diupdate pengguna tanpa mengganti perangkat karena hanya berupa update software saja. Bluetooth 4.1 mendukung integrasi dengan koneksi LTE sehingga memiliki kecepatan lebih tinggi dari Bluetooth 4, memiliki manajamen daya lebih baik.

simak juga koneksi internet buruk saat hujan, benarkah?

• Bluetooth V4.2

Bluetooth ini hadir Seiring dengan perkembangan Internet Of Things (IoT). Bluetooth ini memiliki perbedaan besar dengan Bluetooth 4 dan 4.1. Yang paling utama adalah kecepatan aksesnya yang lebih tinggi dibanding bluetooth 4 dan 4.1.
Karena mendukung kegiatan Internet Of Things, maka keamanan data dalam bluetooth semakin ditingkatkan. Selain itu daya yang digunakan dalam perangkat bluetooth 4.2 sangat rendah dan menguntungkan pemakaian daya di perangkat mobile.

• Bluetooth V5

Bluetooth V5 adalah generasi terbaru dari bluetooth manapun, bluetooth ini memiliki perbedaan sangat mencolok dibanding bluetooth pendahulunya dan memiliki berlipat ganda kelebihan dibandingkan bluetooth generasi sebelumnya.
Pada bluetooth ini kecepatan transfer ditingkatkan hingga 2Mbps, memiliki long range atau jangkauan tinggi, rendah energi, serta mendukung internet of things dengan lebih maksimal.
Kelebihan lainnya ialah tidak terputusnya koneksi bluetooth ketika berhadapan dengan jarak yang cukup jauh (sekitar 200 meter), atau terhalang tembok dengan jarak 10 meter. Dukungan lainnya ialah multi device dimana banyak perangkat yang bisa disambungkan sekaligus melalui bluetooth 5.

Di Indonesia, Bluetooth Mana yang sering dipakai?

Pemakaian bluetooth memang bebarengan dengan pemakaian device pendukung atau device induk dimana bluetooth itu ada. Misalnya laptop menggunakan bluetooth 3 banyak di pasaran, maka masyarakat pada tempat itu menggunakan bluetooth 3. Begitu ada perkembangan teknologi lagi maka penggunaan bluetooth 3 akan berganti dengan bluetooth 4 dan seterusnya.

Untuk lebih spesifik  mengenai bluetooth mana yang sekarang dipakai oleh masyarakat Indonesia tentu sulit untuk ditentukan mengingat banyaknya perangkat yang digunakan dan harus sruvey panjang mengenai apa mayoritas versi bluetooth yang dipakai.

Namun menilik jenis perangkat handphone yang digunakan masyarakat saat ini, bila pengguna Indonesia menggunakan ponsel jenis / merk samsung dan apple saja, rata – rata mereka otomatis menggunakan bluetooth versi 4 ke bawah.

Untuk versi bluetooth 5 memang perangkat pendukung masih baru dikeluarkan, jadi belum merata persebarannya sehingga masih sedikit pemakainya. Sedangkan untuk versi terdahulu agaknya juga sudah berkurang mengingat perangkat komunikasi dari tahun tersebut semakin berkurang dan kurang populer.

Bisa disimpulkan bahwa pengguna bluetooth di Indonesia mayoritas sudah versi baru dan bergantung pada perangkat yang digunakan. Demikian tulisan dari kami mengenai bluetooth semoga menjadi informasi dan menambah wawasan anda.

Jangan lupa untuk kunjungi website kami juga yang membahas tentang Convert Pulsa, yaitu cara Tukar Pulsa untuk transaksi online atau merubah Pulsa Jadi Uang

simak juga fitur dan spesifikasi audio pada smartphone

Tinggalkan Balasan

Close Menu