Perbedaan Grafis Game Smartphone dan PC

Game PUBG Di PC Laptop
www.winter-games.net

Seiring dengan perkembangan teknologi dan kemajuan internet, banyak sekali game atau permainan yang beredar di pasaran mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Jika dahulu orang memainkan game di konsol atau di komputer, sekarang sangat mudah dijumpai keberadaan game yang ditemui di smartphone atau handphone.

Game berkembang seiring dengan perkembangan internet yang juga makin pesat, kini banyak game yang bersifat online sehingga banyak penguna dari seluruh dunia terhubung untuk memainkannya.

Jika dikelompokkan secara garis besar, game saat ini berada dalam dua kategori utama yakni game smartphone dan game PC atau game komputer. Pengguna saat ini juga ada yang memainkan salah satu atau kedua jenis game yang ada dalam dua perangkat tersebut.

Masing – masing game baik dalam smartphone maupun PC memiliki beberapa perbedaan dan kelebihan masing – masing, jika game PC memiliki fleksibilitas tinggi karena ada kontroler, maka game smartphone mendukung kompatibilitas sehingga dapat dimainkan dimanapun. Selain perbedaan fungsi, ada perbedaan lain dari kedua jenis game ini, yakni soal grafis atau kualitas gambar dari game yang dimainkan. Bagaimana sebenarnya kualitas gambar game smartphone dan PC dan mana yang anda dapat pilih kami bahas dalam poin berikut.

Perbedaan Mendasar Game Smartphone dan PC

Grafis adalah elemen penting dalam sebuah game saat ini, apalagi jika game itu game online. Semakin baik grafis maka pengguna akan semakin puas dan semangat memainkan permainan tersebut. Namun diantara kedua game tersebut, memiliki perbedaan mendasar dari segi grafis yang dibuat pada game, kami merangkumnya dalam beberapa poin berikut:

  • Grafis pada game smartphone dioptimalkan untuk smartphone sehingga memiliki tingkat grafik yang lebih rendah atau kurang detail dibanding game PC. Hal ini berkaitan dengan spesifikasi handphone yang memang tidak menunjang grafik terlalu tinggi meski memiliki spesifikasi baik, mengingat desain game smartphone juga berbeda dari game PC.
  • Grafis game pada PC bisa diatur sesuai selera bahkan dengan mengubah perangkat kerasnya, misalnya mengupgrade VGA sehingga meningkatkan level grafis yang ada. Sementara game smartphone tidak memungkinkan mengupgrade VGA sehingga harus membeli perangkat smartphone yang baru. Oleh karena itu banyak game smartphone dibuat agar memungkinkan berjalan di perangkat dengan spesifikasi yang tidak begitu tinggi.
  • Grafis pada game PC memiliki biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan game smartphone karena harus menambahkan perangkat tambahan agar grafis maksimal. Sementara grafis game smartphone tidak memerlukan biaya tinggi. Ini juga berpengaruh pada beberapa game PC yang sifatnya berbayar sedangkan game smartphone kebanyakan gratis.

Mana Sebaiknya Yang Anda Pilih?

Berdasarkan beberapa poin di atas tentu bagi setiap pengguna memiliki pengalaman masing – masing dalam menjalankan game. Bila anda menginginkan pengalaman game maksimal dan fleksibel bisa menggunakan game PC namun dengan biaya yang lebih tinggi, hasilnya nanti pasti sebanding dengan apa yang anda bayar denan game PC tersebut.

Jika anda menginginkan grafis yang tidak terlalu tinggi namun menginginkan kompatibilitas, bisa mencoba game smartphone yang mana juga memiliki kinerja yang berbeda dengan game PC. Tentu resiko menggunakan game smartphone jika game smartphone tersebut tidak cocok dengan perangkat yang anda miliki, anda harus membeli perangkat smartphone baru yang memiliki spesifikasi lebih tinggi.

Demikian tulisan kami mengenai perbedaan grafis game smartphone dan PC, kami kembalikan kepada anda jenis game yang akan dipilih, baik itu game smartphone atau PC secara bijak agar sesuai dengan selera dengan pengalaman yang menarik dan tidak mengecewakan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply