Perbedaan Jenis – Jenis Lampu

onlinetabsshop.com

Lampu adalah perangkat elektronik yang penting bagi kehidupan manusia, tanpa lampu penerangan rumah atau jalan tidak ada dan mengganggu aktifitas sehari – hari. Lampu atau bola lampu sudah ada sejak ditemukan oleh sang penemu Thomas Alva Edison.

Hingga kini keberadaan lampu tetap digunakan sebagai alat penerangan bagi manusia. Lampu adalah perangkat listrik yang menggantikan penerangan tradisional seperti obor, lilin, atau lampu tempel di zaman dulu.

Berkembangnya jaman dan teknologi menyebabkan perkembangan juga pada lampu. Lampu saat ini banyak dijual dengan variasi harga dan tipe. Dalam penggunaan pun lampu memiliki banyak jenis yang berbeda – beda. Jenis lampu yang diproduksi saat ini juga memiliki fungsi masing – masing. Kelebihan lampu juga ditentukan berdasarkan jenis lampu yang dibuat. Pada tulisan kami kali ini akan membahas perbedaan jenis lampu yang ada di dunia saat ini.

Lampu Pijar

Jenis lampu yang pertama kali dibuat / diproduksi adalah lampu pijar. Lampu ini bekerja dengan menggunakan kawat pijar yang didalam bola kaca berisi gas tertentu, biasanya gas nitrogen, argon, atau kripton. Lampu ini dikenal memiliki tingkat penggunaan energi tinggi dengan ketahanan rendah tapi harganya murah. Ketahanan lampu ini hanya berlangsung selama 3 – 4 bulan setelah itu harus ganti lampu yang baru.

Kelebihan lampu pijar sehingga digemari adalah warna lampunya yang redup namun terasa teduh. Hal ini karena faktor filamen lampu tersebut, yang menyebabkan warna kuning tungsten dan menghasilkan suhu ruang. Kebanyakan lampu pijar dengan kelebihan ini digunakan untuk lampu tidur, lampu penghangat ruang, atau penghangat kandang ayam / unggas karena dapat mengeluarkan suhu.

Lampu TL / Fluorescent / Neon

Lampu yang kebanyakan mengeluarkan cahaya putih ini merupakan inovasi dalam pembuatan lampu penerangan. Lampu neon menggunakan tenaga elektrik untuk menghasilkan gelombang UV yang dapat membuat fosfor di dalam lampu berpijar. Ada dua jenis lampu neon/ fluorescent yang digunakan. Biasanya adalah lampu neon untuk komersil dan lampu neon compact untuk rumah.

Lampu ini memiliki beberapa kelebihan, misalnya lebih hemat energi dan tahan lama dibanding lampu pijar. Ketahanan lampu ini berkisar 4-6 bulan untuk kualitas rendah dan 10 tahun pemakaian untuk kualitas baik. Selain itu lampu jenis ini memiliki banyak jenis fitting / bentuk seperti memanjang, vertikal, tornado, dan bentuk lainnya. Karena hemat energi dan tahan lama, mejadikan lampu ini banyak digunakan di toko atau supermarket sebagai media penerangan.

Lampu Halogen

Lampu halogen adalah lampu yang biasa digunakan untuk spotting pada objek tertentu. Lampu halogen memiliki reflektor cahaya dan fitting khusus. Reflektor yang dibuat di lampu ini bertujuan untuk menyorot cahaya fokus ke satu titik saja.

Banyak kegunaan lampu halogen, namun kebanyakan berguna untuk menerangi area dalam skala kecil dan terfokus. Misal lampu sorot panggung, lampu sorot pada lukisan seni, penerang patung, taman, dan lainnya. Lampu ini menggunakan teknologi yang hampir serupa dengan lampu pijar, hanya dibuat lebih terang dari lampu pijar biasa namun energi tetap sama.

Lampu HID

Lampu yang memiliki cara kerja dengan lampu pijar ini memiliki nama lain lampu xenon. HID (High Intensity Discharge) adalah lampu yang menghasilkan cahaya cukup besar dan tahan lama yang kuat hingga 20.000 jam. HID lamp biasanya digunakan untuk penerangan area luas dan penggunaan lama, misalnya lampu stadion atau toko besar.

Perlu diketahui mengingat besarnya daya dan cahaya yang dipancarakan, membuat lampu ini memiliki radiasi yang sangat besar. Perlu diperhatikan bahwa penggunaan lampu ini tidak baik untuk skala rumahan karena pancaran sinar UV terlalu berlebihan bagi manusia.

Lampu LED

Lampu LED menggunakan dioda minim energi sebagai pemancar cahaya lampu tersebut. LED adalah semacam semikonduktor yang dapat berpijar ketika dialiri listrik. Teknologi LED diklaim tidak menghasilkan panas dan membuang energi terlalu banyak dibandingkan lampu pijar biasa. Keunggulan LED adalah harganya yang cukup murah dan tidak memberi panas pada ruang.

Demikian tulisan kami mengenai berbagai jenis lampu yang ada di sekitar kita. Pilihlah lampu sesuai kebutuhan anda agar nyaman dipakai dan bermanfaat. Semoga tulisan kami bermanfaat bagi anda.

Tinggalkan Balasan