Perbedaan Snapdragon, Mediatek dan Exynos

Dalam dunia smartphone, kita pasti setidak-tidaknya melihat spesifikasi pada smartphone itu sendiri. Umumnya, yang pertama dilihat adalah processor yang digunakan dalam smartphone itu. Processor pada smartphone bisa diibaratkan otak pada manusia, processor bekerja sebagai pusat pengolah data. Semakin tinggi spesifikasinya, semakin cepat pula melakukan pengolahan data. Ada tiga produsen processor yang umum kita ketahui, yaitu Qualcomm, Mediatek dan Exynos. Apakah mereka sama? Tentunya pasti ada perbedaan Snapdragon, MediaTek dan Exynos yang perlu kita ketahui.

Ketiga produsen processor itu merajai pasar smartphone, khususnya smartphone yang berjalan pada sistem operasi Android. Mereka mengisi semua kelas smartphone, baik itu low-end, mid-end, atau bahkan mid-end yang sering diisi dengan kelas-kelas premium. Ketiga produsen ini memiliki perbedaan yang mendasar dalam produk-produknya, Mari kita simak bersama-sama tentang apa yang menjadi perbedaan pada ketiga produsen ini.

simak juga prosesor terbaik 2018 dari qualcomm snapdragon

Perbedaan Snapdragon, MediaTek dan Exynos

Kurang rasanya jika kita tidak benar-benar mengetahui kualitas sebuah processor, terutama jika kita ingin benar-benar memilih smartphone yang paling cocok untuk kita. Di dunia smartphone, kita mengenal tiga produsen yang selalu bersaing dalam menghadirkan performa-performa unggul untuk smartphone.

Snapdragon

Snapdragon merupakan produk dari Qualcomm, perusahaan ternama dalam urusan chipset. Snapdragon banyak digunakan oleh smarphone yang berjalan pada sistem operasi android karena rentang harganya yang bervariasi. Qualcomm memainkan seri Snapdragon di berbagai kelas, baik itu kelas bawah, menengah atau bahkan kelas atas. Perihal kualitasnya sendiri, Snapdragon sudah tidak diragukan lagi karena banyak pengguna smartphone yang sudah benar-benar mengenal kualitasnya.

Berbicara mengenai kelebihannya, Snapdragon baik dalam masalah kinerja, efisiensi, sampai dengan pengolahan grafis tinggi. Masin-masing itu tegantung pada snapdragon dalam kelas apa yang digunakan. Jika dalam kelas atas, tentunya Snapdragon sangat dikenal baik akan performanya berkat seri Snapdragon 800 yang menawarkan performa tinggi serta efisiensi yang juga baik.

simak juga perbedaan amd dan intel

MediaTek

Berbicara mengenai perbedaan Snapdragon, MediaTek dan Exynos, tentu MediaTek juga menarik diperbincangan. Produsen yang terkenal karena menawarkan harga terjangkau relatif rendah ini tidak bisa dianggap remeh, terutama setelah keluarnya seri Helio yang memiliki 10 inti atau disebut Deca-Core. Terlepas dari harganya yang murah, bukan berarti kualitasnya juga murahan. Processor ini juga mengisi berbagai kelas smartphone dari bawah, menengah sampai dengan atas.

Beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh MediaTek selain harganya yang murah adalah kinerjanya yang baik pada tampilan grafis, kinerjanya yang cepat juga tidak bisa dianggap remeh.

Ketiga produsen ini memiliki pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Sebagai pengguna, baiknya kita lebih mengetahui apa-apa saja yang menjadi nilai lebih dan kurang dari ketiganya dalam menentukan smartphone.

Exynos

Produsen ini berbasis di Kore Selatan, lebih tepatnya milik produsen smartphone yang telah memiliki nama besar, yaitu Samsung. Processor ini dikembangkan sendiri oleh Samsung untuk mendukung smartphonenya. Smartphone Samsung yang sering menggunakan processor ini pastinya pada seri Samsung Galaxy S dan Samsung Galaxy Note sebagai smartphone flagship mereka. Maka dari itu processor ini disebut sebagai processor bagi mereka yang kaya karena hanya digunakan pada seri flagship Samsung.

Exynos menawarkan beberapa keunggulan, diantaranya adalah mengoptimalkan kinerja baterai agar tetap bertahan lama serta mendukung pengolahan grafik yang tinggi. Untuk sisi kelemahannya sendiri, Exynos bisa dikata hampir tidak memiliki kelemahan. Hanya saja, Exynos memang hanya dijumpai pada smartphone flagship Samsung yang mana harganya terbilang mahal jika dibandingkan yang lainnya. Adapun produsen smartphone selain samsung yang menggunakan processor Exynos, salah satunya Meizu, produsen dari china. Meski sebenarnya Samsung sudah menawarkan penggunaan processor besutannya untuk produsen smartphone lain

 

Perbandingan dari ketiga prosesor sebenarnya hanya untuk mengetahui sejarah singkat serta sedikit karakteristik prosesor tersebut. Ketiga prosesor tersebut sama-sama memiliki kemampuan yang baik. Hanya saja, terkadang orang-orang memiliki selera tersendiri ataupun tidak mengetahui hal tersebut.

Jangan lupa juga untuk kunjungi website kami yang membahas tentang Convert Pulsa

simak juga cara transfer pulsa telkomsel

Tinggalkan Balasan

Close Menu