Perizinan di Madiun Belum Layak, Lalu Bagaimana?

izin_usaha_perdagangan
dpmptsp.kuningankab.go.id

Perizinan merupakan elemen paling penting dalam segala hal. Salah satunya adalah izin mendirikan usaha. Dalam mendirikan sebuah perusahaan, tentunya izin diperlukan guna mendapatkan keamanan, lokasi, dan pajak yang sesuai. Apabila ada sebuah perusahaan tanpa izin, tentunya akan menimbulkan banyak masalah dari segala sumber.

Berbicara mengenai perizinan, disini tentunya bukan hanya usaha besar saja yang diwajibkan, tetapi usaha skala kecil juga sangat diwajibkan izin usahanya. Terdengar sedikit berlebihan jika usaha kecil diwajibkan menggunakan perizinan. Sebenarnya, perizinan juga membantu di segmen penjualan juga.

Mayoritas masyarakat yang memiliki usaha enggan untuk mengurus perizinan lantaran biaya yang digunakan dirasa banyak. Ada juga yang beranggapan bahwa perizinan sama sekali tidak memberikan manfaat bagi pihak pengusaha, apalagi dengan usaha yang masih berskala kecil.

Manfaat Perizinan Usaha Resmi

Dikarenakan stigma masyarakat yang menganggap perizinan sama sekali tidak memiliki manfaat, kami akan menjelaskan manfaat perizinan usaha. Berikut beberapanya :

1. Sarana Kepastian Perlindungan Hukum

Dengan memiliki perizinan usaha, secara resmi anda akan tercatat dalam badan pemerintah sehingga akan terhindar dari penertiban Satpol PP dan juga aman dari kegiatan premanisme serta aksi demonstrasi.

2. Sarana Perlindungan Dari Persaingan Tidak Sehat

Dengan perizinan yang jelas, pengusaha akan terlindungi dari persaingan tidak sehat. Tidak sedikit pengusaha lain yang menimbulkan persaingan sengit hingga menghalalkan segala cara. Dalam hal ini, pemerintah akan meninjau dan mengeksekusi pengusaha yang bertindak tidak sewajarnya.

3. Sarana Bukti Kredibilitas Usaha Dari Ketaatan Hukum

Dengan perizinan dari pemerintah, usaha anda akan lebih dipercaya oleh instansi lain dan banyak konsumen. Dalam beberapa hal, ada benefit yang didapatkan juga seperti lelang dalam pengembangan perumahan atau gedung dan produksi (Perusahaan Konstruksi), pemasaran usaha di level internasional, dan bahkan peminjaman modal dari perbankan.

Sebagai pihak lain dari pengusaha seperti konsumen dan masyarakat sekitar, ada juga manfaat sebagai berikut :

1. Sarana Perlindungan Lingkungan Sekitar

Perusahaan dengan perizinan resmi, lingkungan sekitar perusahaan akan dianalisis secara benar untuk memberikan keamanan bagi masyarakat sekitarnya.

2. Sarana Perlindungan Konsumen

Perusahaan dengan perizinan resmi akan selalu diperiksa hasil produknya. Konsumen akan selalu terlindung dari produk yang berbahaya dan tidak sesuai.

Perizinan di Madiun Dinilai Belum Layak

Perizinan resmi perusahaan pasalnya sesuatu yang sudah legal dan mutlak dikeluarkan dari pemerintahan. Adapun penilaian dari sudut pandang pengusaha dan masyarakat bahwa perizinan hanyalah hiasan saja. Manfaat-manfaat yang ditawarkan tidak dijalankan oleh pemerintah.

Di Madiun, ada banyak usaha yang tidak memiliki legalitas perizinan. Usaha ilegal ini yang sebenarnya menyebabkan pemikiran pengusaha dan masyarakat seperti demikian. Bahkan beberapa perusahaan besar yang dianggap pastinya sudah memiliki perizinan usaha sebenarnya masih dalam kategori usaha ilegal.

Berdasarkan pernyataan Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro, peraturan bupati (perbub) tentang perizinan harus segera diperbaiki. Perbaikan ini guna menunjang kredibilitas perusahaan dan menarik investor agar merasa aman dan terorganisir saat berinvestasi di perusahaan seluruh Madiun serta daerah kabupaten.

Bupati Madiun mengaku belum ada izin usaha yang ditandatanganinya sejak dirinya dilantik. Meski begitu, sudah banyak beberapa usaha yang nekat beroperasi. Karena itu, bupati segera merencanakan penutupan paksa usaha yang tidak memiliki legalitas perizinan.

Penutupan Usaha di Madiun dan Daerah Kabupaten

Saat ini, sudah ada 5 usaha toko modern yang di tutup oleh Satpol PP. Penutupan toko modern ini dikarenakan tidak memiliki izin usaha toko modern atau IUTM. Sebenarnya penutupan ini tidak bersifat permanen. Jika izin usaha sudah dijalankan dan tidak ada masalah lebih lanjut, pengusaha bisa membuka usahanya kembali. Penutupan ini dilakukan setelah Satpol PP menutup beberapa cafe dan karaoke di daerah kabupaten beberapa waktu silam.

Seperti yang diketahui, Bupati Madiun sebelumnya, Muhtarom sudah seringkali menghimbau penutupan cafe dan karaoke malam yang diduga melakukan prostitusi serta tidak memiliki ijin usaha. Tempat hiburan malam memang tidak lepas dari observasi karena dugaan praktik prostitusi.

Demi keamanan dan kenyamanan bersama, setidaknya izin usaha harus selalu diindahkan agar kedepannya pengusaha dan konsumen selalu mendapatkan lingkungan yang kondusif.

Tinggalkan Balasan