Prosesor AMD Terbaik

www.primeabgb.com

Advanced Micro Devices (AMD) telah merilis Ryzen generasi keduanya, yaitu Ryzen 7 2700X. Processor ini menggunakan arsitektur Zen+ ata Pinnacle Ridge, yang berbasis fabrikasi 12nm, berbeda dibanding generasi pertamanya yang berbasis fabrikasi 14nm. Sebenarnya AMD meluncurkan banyak seri ke 2 dalam jajaran Ryzen. Namun, Ryzen 7 2700X merupakan yang terbaik yang layak dinobatkan sebagai processor AMD terbaik untuk saat ini.

Hal yang menarik dari perilisan Ryzen adalah harganya. Walaupun Ryzen 7 2700X menduduki kasta tertinggi dalam jajaran Ryzen, AMD tetap berani memberi harga yang terjangakau untuk produknya yang satu ini. Ryzen 7 2700X dihargai Rp 4,5 juta di Indonesia. Hal yang lebih menarik lagi, processor ini juga hadir dengan stock cooler AMD Wraith Prism yang kini memiliki LED RGB sebagai penghias. Lalu, apa saja yang menjadi keunggulan Ryzen 7 2700X?

Keunggulan sebagai processor AMD terbaik

Ryzen 7 2700X menawarkan banyak keunggulan, terutama dari generasi sebelumnya. Selain performanya yang sangat tidak bisa dianggap remeh, processor ini memberikan fakta yang cukup mencengangkan.

Performa Ryzen 7 2700X

Processor ini memiliki spesifikasi yang gahar jika kita membandingkan dengan harganya yang cukup terjangkau. Dibekali CPU Cores sebanyak 8 Cores dan 16 threads (2 CCX: 4+4), CPU Max Boost clock yang bisa mencapai hingga 4.3 GHz, dan CPU base clock yang ada pada angka 3.7 GHz. Dari spesifikasi tersebut, dapat dilihat dengan jelas bahwa salah satu peningkatannnya terletak pada clockspeed yang lebih difokuskan. Ukuran L1, L2, serta L3 Cache yang ada pada processor ini masih sama dengan generasi pertama, namun ada tuning pada cache memory untuk mencjadikannya low-latency. Hal ini akan menghasilkan throughput performance yang lebih baik dan juga meningkatkan instruction-per-clock (IPC).

Mari kita fokuskan pada clockspeed, dengan rating kecepata base pada 3.7 GHz, processor ini masih diizinkan untu meningkatkan kecepatan sempai dengan 4.3 GHz. Sayangnya, angka ini hanya akan terjadi pada loading ringan, namun kecepatan ini belum pernah dicapai oleh generasi sebelumnya. Clockspeed tentu bukan hanya satu-satunya perbaikan yang diberikan AMD pada generasi ke 2. Masih ada beberapa perbaikan lainnya yang juga meningkatkan performanya.

Kemampuan setara kompetitor

Tak luput bersaing dengan kompetitor, AMD sempat membandingkan prosesor ini dengan prosesor milik kompetitor di kelas yang sama, yaitu Intel Core i7-8700K. Seperti yang diketahu bahwa Intel Core i7-8700K adalah seri tertinggi pada Intel yang digadang-gadang sebagai processor gaming terbaik untuk saat ini. Namun, Ryzen 7 2700X adalah lawan yang sepadan untuk menyaingi processor milik Intel tersebut.

Melalui beberapa hasil uji yang ditampilkan dalam bentuk persentase, AMD nampak bisa mengimbangi Intel Core i7-8700K dalam beberapa hal. Dari mulai gaming sampai dengan pengolahan grafis, keduanya bersaing dengan ketat. Hal yang menjadi titik pembanding dari kedua ini adalah pada harganya. Intel Core i7-8700K dihargai sebesar Rp. 4,8 hanya untuk processor saja, sedangkan Ryzen 7 2700X dihargai sebesar Rp. 4,5 yang sudah termasuk dengan stock cooler AMD Wraith Prism yang kini sudah memiliki LED RGB.

Dilihat dari spesifikiasinya yang memang gahar dan diusung dengan fakta bahwa Ryzen 7 2700X mampu mengimbangi kemampuan kompetitornya yang lebih mahal, tak heran jika Ryezen 7 2700X layak dinobatkan sebagai processor AMD terbaik saat ini. Juga tidak perlu diragukan lagi mengenai kualitasnya karena AMD memberikan persentasi perbandingan yang faktual.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan