Rekomendasi Earphone Murah Kualitas Mewah Viapulsa

Di kesempatan sebelumnya, kami telah membahas Fitur Audio Pada Smartphone. Kali ini kami mencoba untuk membantu anda untuk memberikan rekomendasi earphone untuk smartphone kesayangan anda dengan harga murah kualitas mewah. Tentu saja artikel ini kami tulis setelah kami melakukan pengujian langsung terhadap earphone yang akan kami rekomendasikan.

Disini kami memiliki tiga rekomendasi dari produsen cina dan belum banyak yang mengetahui tentang brand ini, tetapi jangan khawatir, seperti yang sudah anda ketahui tentang smartphone xiaomi, earphone ini memiliki keunggulan yang jauh dan hampir menyamai produk yang harganya hampir 4x lipatnya. Earphone yang akan kami bahas secara spesifik disebut IEM (In Ear Monitoring). Mari kita simak bersama – sama.

simak juga fitur dan spesifikasi audio pada smartphone

1. KZ ZS6 (Rp 449.000 – Rp 529.000)

KZ atau Knowledge Zenith adalah produsen IEM yang memiliki banyak sekali varian dalam produksi mereka. Yang akan kami bahas adalah ZS6 dengan konfigurasi Quad Driver. Sebenarnya earphone ini sudah di release agak lama, tepatnya november 2017 dan seri-nya sangat banyak. Contohnya KZ ZS3 dan ZS5 adalah seri sebelumnya, dan KZ ZS10 seri terbaru. Meski sudah ada ZS10, tapi sebenarnya sound signature suara kedua IEM ini sangat jauh berbeda, dimana ZS10 lebih cenderung warm, dibanding ZS6 yang bright.

Sebelumnya, banyak pengguna seri ZS3 dan ZS5 berkomentar dimana hasil suara yang terlalu bright (terlalu tinggi frekuensi treble). Akhirnya pun KZ me-release ZS6 dengan seluruh perbaikan dan mereka berhasil meningkatkan detail suara dan jernihnya suara treble. Bagi anda yang suka dengan karakter suara yang bright, saya sangat menyarankan IEM ini, karena selain treble dan detail suara yang baik, suara bass dari IEM ini sangatlah ber-impact dan menyenangkan.

Sebagai catatan penting. Sebelum membeli IEM jenis ini, sangat direkomendasikan untuk mencoba terlebih dahulu karena banyak sumber yang mengatakan bahwa quality control produsen KZ tidak konsisten.

2. TRN V80 (Rp 489.000 – Rp 539.000)

Earphone atau IEM ini bisa terbilang masih baru karena release pada bulan juli tahun 2018. Ya, TRN pun sebuah produsen earphone yang berfokus pada IEM dan terbilang belum dikenal banyak orang. TRN sendiri masih agak sulit ditemukan di toko – toko lokal dan hanya beberapa toko online yang menjual IEM ini. Dalam versi sebelumnya pun TRN memiliki seri V60, V20, dan V10 yang memiliki karakter suara warm (sedikit dominan bass, kurang lebih seperti anda memutar lagu menggunakan equalizer jazz). TRN pun akhirnya me-release V80 dengan karakter suara berbeda dari pendahulunya.

simak juga 3 tipe gamer berdasarkan viapulsa

TRN V80 pun masih sama dengan ZS6 yang memiliki konfigurasi empat driver atau Quad Driver. Disini driver yang dimaksud adalah komponen audio yang menghasilkan suara di frekuensi tertentu. ZS6 dan V80 sama-sama menggunakan komposisi 2 buah BA (Balanced Armature) driver dan 2 buah Dynamic Driver dimana driver ini adalah driver paling sering digunakan di peralatan audio, sedangkan BA hanya digunakan pada IEM. Meski komposisi keduanya sama, tetapi ukuran, penempatan, desain, dan tuning dari driver tersebut sangatlah berbeda, sehingga suara yang dihasilkan-pun juga berbeda. Alhasil V80 pun memiliki karakter suara yang warm, berbeda dengan ZS6. Bass yang dihasilkan pun juga lebih terasa dan juga menyenangkan.

Bagi anda yang suka dengan musik sedikit dominan bass, anda bisa mencoba earphone ini. Meski begitu, suara yang dihasilkan V80 masih belum cukup memuaskan untuk para basshead (pengguna yang sangat suka musik dominan bass seperti hip-hop, EDM).

3. TinHiFi/TinAudio T2 (Rp 589.000 – Rp 649.000)

Masih dalam kawasan produsen cina, terakhir yang akan kami bahas adalah TinHiFi/TinAudio T2 yang masih juga sama – sama belum komersial. Earphone ini adalah yang paling berbeda dari pembahasan sebelumnya, karena menggunakan hanya Dynamic Driver. Ya, hanya mengandalkan Dynamic Driver, apakah suara yang dihasilkan maksimal? Tentu saja, karena jumlah driver bukanlah penentu kualitas. Tuning, desain, serta penempatan sangatlah berpengaruh. Kami akan sedikit membahas tentang driver.

Dynamic Driver dan Balanced Armature Driver memiliki fungsi yang berbeda, serta bentuk fisik yang berbeda juga. Dynamic Driver bertugas dominan menghasilkan suara frekuensi rendah (bass), sedangkan Balanced Armature Driver bertugas dominan di frekuensi tinggi (treble). Bentuk Dynamic Driver bulat, sedangkan balanced armature seperti persegi panjang.

Bagaimanakah TinAudio T2 yang hanya menggunakan Dynamic Driver saja yang bertugas menghasilkan seluruh frekuensi? Apakah bisa maksimal? Tentu saja bisa. Kembali di beberapa pembahasan kami, semua tergantung pada tuning, desain, serta penempatan yang dilakukan produsen. Disinilah T2 berbicara, karakter suara yang dihasilkan T2 neutral to bright. T2 dengan hanya Dynamic Driver saja mampu menghasilkan karakter suara treble yang jelas dan netral.

Bagi anda yang suka dengan karakter suara netral, saya sangat menyarankan IEM ini. Karakter suara netral sangat membantu jika anda ingin mendengarkan keaslian suara dari musik yang dihasilkan dari mastering recording. Hanya saja, banyak pengguna yang mengatakan jenis ini sangat tidak menyenangkan karena seluruh suara menjadi datar dan mendekati aslinya. Istilah dari mereka adalah suara yang tidak fun (menyenangkan)

Demikianlah pembahasan rekomendasi earphone murah kualitas mewah viapulsa. Dari ketiga jenis IEM tersebut, tidak ada yang memiliki suara yang khusus dominan di bass heavy. Jika anda ingin mencoba IEM basshead, saya merekomendasikan anda untuk mencoba KZ ZST, TRN V20, dan ROCK Zircon.

Jangan lupa untuk kunjungi website kami yang membahas tentang Convert Pulsa, yaitu tukar pulsa untuk transaksi online atau pulsa jadi uang

 

simak juga jenis – jenis driver pada perangkat audio

Tinggalkan Balasan

Close Menu