Smart TV Bagi Masyarakat Indonesia

Contoh Smart TV Milik Samsung

Masyarakat Indonesia semakin melek terhadap perkembangan teknologi. Hal tersebut dibuktikan dengan menurunnya daya beli TV low end (non smart TV) dan meningkatnya daya beli terhadap smart TV. Smart TV merupakan penggabungan fungsi TV sebagai pusat hiburan dan informasi dengan internet. Koneksi internet yang ada digunakan untuk menonton streaming acara TV via internet.

“Tren TV low end (non smart TV) meski porsinya besar, tapi daya belinya mulai turun dibandingkan TV high end yang meski masih kecil, tapi terus meningkat. Smart TV di Indonesia sudah hampir 30% dari total market secara nilai rupiah” tutur Ubay Bayanudin, Head Of TV dan AV marketing Samsung Electronics Indonesia disela acara Samsung Forum 2017 di Singapura.

Walaupun daya beli terus meningkat, nampaknya pemanfaatan smart TV dikalangan masyarakat belum maksimal. Hal ini dapat dilihat dari masih rendahnya penjualan smart TV di Indonesia. Bahkan kebanyakan toko yang menjual smart TV belum tentu tahu cara mengoperasikannya. Tak hanya itu, stasiun TV di Indonesia belum terlalu memanfaatkan internet untuk menyiarkan secara langsung atau yang sering disebut streaming.

Selain itu, faktor lain yang menjadi kendala adalah kecepatan akses internet. Koneksi internet yang cepat sangat dibutuhkan untuk streaming konten. Infrastruktur jaringan yang memadai sangat dibutuhkan untuk mendukung hal tersebut. Harga smart TV yang memang lebih mahal dibandingkan dengan TV reguler merupakan kendala lain yang menjadikan smart TV di Indonesia belum begitu diminati.

Beberapa Keunggulan Smart TV

Sangat disayangkan jika masyarakat Indonesia tidak dapat memaksimalkan berbagai fitur yang ada pada smart TV. Penikmat TV tak hanya menyaksikan siaran TV tetapi dapat menjelajahi dunia maya dengan internet tanpa batas. Berbagai macam aplikasi yang ada pada komputer juga terdapat pada smart TV ini. Apa saja fungsi yang bisa kita dapatkan dari smart TV? Berikut ulasannya tentang beberapa keunggulan smart TV.

1. Prosesor Tambahan

Prosesor tambahan ini bertujuan agar smart TV dapat dioperasikan seperti komputer. Prosesor ini dapat digunakan untuk membuka beberapa aplikasi tetapi dapat berbeda pada setiap merk  smart TV. Beberapa aplikasi tersebut antara lain youtube, dan internet browser.

2. Aplikasi dan Games

Fitur selanjutnya yang ditawarkan smart TV adalah dapat membuka aplikasi streaming seperti BBC iPlayer, Netflix dan Youtube. Berbagai games juga dapat dimainkan di televisi ini salah satu contohnya adalah game Angry Birds.

3. Playback

Beberapa smart TV dilengkapi dengan fitur PVR/DVR Funtionally yang bisa merekam program acara TV dan kemudian memutarnya kembali tanpa memerlukan perangkat tambahan.

4. Gesture dan Voice Control

Fitur ini akan memungkinkan kita memberikan perintah kepada smart TV hanya dengan gerakan (gesture) ataupun suara (voice). Jadi televisi ini tidak membutuhkan lagi remote control yang dibutuhkan TV konvensional.

5. Social Networking

Keunggulan lain yang ditawarkan smart TV adalah dapat mengakses sosial media yang sekarang ini sudah menjadi sebauah keharusan dalam berkomunikasi di era millennial ini.

6. Smartphone Connectivity

Fitur ini dapat menghubungkan smartphone kesayangan anda dengan smart TV, sehingga anda dapat memutar video atau keperluan lainnya.

Dari berbagai fitur yang terdapat pada smart TV tentunya akan memberikan kenyamanan dan kemudahan lebih dibandingkan TV konvensional. Apakah anda berminat untuk memilikinya? Kaji ulang kembali apakah anda benar-benar membutuhkan dan dapat memaksimalkan fitur-fitur canggih yang ditawarkan smart TV tersebut. Selain itu, koneksi internet yang cepat wajib anda miliki.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply