Smartphone Dengan 4 Kamera, Perlukah Ada?

Smartphone 4 Kamera Samsung Galaxy A9 Star Pro
wccftech.com

Perkembangan teknologi yang semakin pesat mendorong banyak perusahaan teknologi terutama teknologi informasi menghasilkan banyak produk yang berkualitas dan memiliki teknologi terbaru agar tidak mudah dimakan zaman dan semakin berkembang mengikuti selera pasar yang ada di masyarakat.

Salah satu hal yang mengalami perkembangan pesat dari kemajuan teknologi ini adalah handphone yang memiliki perkembangan signifikan dalam 10 tahun terakhir, sekarang handphone atau smartphone bukan lagi hanya berfungsi sebagai sarana telpon dan sms saja, namun lebih dari itu.

Smartphone biasanya dibekali dengan kamera dengan resolusi kecil atau menengah, di awal kemunculannya bahkan resolusi kamera ini rata – rata hanya 2MP saja, namun seiring perkembangan zaman resolusi kamera semakin besar dengan ukuran lensa yang berubah – ubah juga, ditambah dengan beberapa fitur lain seperti pengaturan fokus, efek, dan akses ke sosial media yang bisa dilakukan lewat kamera tersebut.

Perkembangan kamera smartphone meski sudah maju masih membuat produsen tidak cepat puas, sekarang ini inovasi berkembang pesat dengan dihadirkannya ponsel pintar dengan kamera lebih dari satu atau dua, bahkan yang terbaru terdapat ponsel dengan 4 kamera sekaligus yang menggebrak pasaran.

Tentu dengan kemunculan smartphone jenis ini membuat pengalam foto pengguna smartphone akan semakin meningkat dan meningkatkan nilai foto dari smratphone, namun apakah sebenarnya perlu adanya teknologi seperti ini mengingat tidak semua orang menginginkan teknologi yang sama di tempat yang lain, atau apakah teknologi ini perlu dan penting diluncurkan pada saat sekarang ini?

Dalam tulisan ini kami akan membahas hal tersebut.

Contoh & Spesifikasi Smartphone 4 Kamera

Kami akan memberi contoh kamera ponsel atau smartphone dengan kamera (baik kamera depan dan belakang atau salah satu) yang memiliki 4 lensa dan telah muncul di pasaran, masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Contoh smartphone dengan 4 kamera adalah sebagai berikut :

1. Huawei Nova 2i

Smartphone produksi tiongkok ini sudah rilis sejak 2017 dan menjadi smartphone pertama dengan teknologi 4 kamera (2 kamera depan & 2 kamera belakang), kamera belakang memiliki dua lensa dengan resolusi sekitar 16MP dan 2 MP, dengan autofocus, LED Flash, dan teknologi video 1080p.
Kamera depan Huawei Nova 2i sendiri memiliki resolusi 13 MP dan 2 MP. Kedua kamera ini bisa digunakan untuk mengambil gambar berkualitas baik dan fokus yang berbeda. Untuk spesifikasi lainnya ponsel ini memiliki jaringan LTE, dengan RAM 4GB dan memori internal sekitar 64GB dengan ukuran 5.9 inci

2. Luna G8

Luna G8 adalah ponsel dengan 4 kamera yang menawarkan gambar lebih jernih dari ponsel kompetitor lainnya, dimana kamera belakang dibuat dengan lensa ganda beresolusi 13 MP dan 5 MP, sedangkan kamera depan dengan lensa ganda 20MP dan 8 MP. Dengan teknologi ini cahaya yang masuk ke kamera dan smartphone diklaim 20% lebih banyak, sehingga gambar terkesan lebih jernih.
Selain itu juga terdapat fitur group selfie dengan angle 120 derajat. Untuk spesifikasi lainnya ponsel ini memiliki jaringan 4G LTE, RAM 4GB, memori internal 64GB, dan memiliki prosesor octacore.   

3. Samsung A9

Ponsel keluaran Samsung dengan tipe A9 adalah ponsel pertama di dunia yang menggunakan 4 kamera belakang sekaligus. Bukan main – main memang terdapat 4 kamera belakang dengan masing – masing fungsi berbeda.
Kamera yang berjumlah 4 ini ditaruh secara vertikal dengan pembagian masing – masing 24 MP f/1.7 (kamera utama), kamera telepoto 10MP f/2.4, kamera ultrawide 8MP, dan kamera depth 5MP. Keempat kamera ini memiliki fungsi yang berbeda – beda, namun dapat memnuhi semua kebutuhan foto pengguna. Seperti kamera wide dengan angle 120 derajat atau kamera telepoto untuk foto jarak jauh.
Selain itu ponsel ini memiliki spesifikasi yang cukup tinggi seperti memori internal 128GB, RAM 6GB, serta baterai 3.800mAh. bisa dibilang ini adalah ponsel tercanggih samsung yang diluncurkan akhir tahun ini.

Perlukah Smartphone Memiliki 4 Kamera?

Jika anda melihat contoh ponsel di atas tentu membayangkan betapa hasil foto dengan ponsel – ponsel tersebut akan terkesan baik dan memiliki kualitas tinggi bahkan hampir menyamai keberadaan kamera konvensional (DSLR, Mirrorless, Kamera Digital). Namun keberadaan smartphone ini juga tidak serta merta bisa diterima begitu saja oleh masyarakat, mengingat ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Kami rangkum dalam beberapa poin berikut.

1. Pertimbangan Harga

Tentu dengan segala teknologi di atas, smartphone dengan 4 kamera memiliki harga yang cukup tinggi, misalnya samsung A9 memiliki harga dikisaran 7.9 juta tentu untuk orang kalangan menengah kebawah harga ini cukup mahal dan banyak  yang lebih memilih untuk membeli ponsel dengan harga dibawah namun kualitas handphone tidak jauh berbeda, mengesampingkan fitur kamera yang ada.
Jika produsen ingin mengembangkan ponsel dengan banyak kamera juga harus memperhatikan keadaan konsumen mereka, jika masih yang belum mampu sebaiknya jangan diproduksi tipe lainnya.

2. Penggunaan Yang Belum Perlu

Memang ponsel dengan 4 kamera bagus untuk memenuhi kebutuhan foto seseorang yang menggunakan smartphone. Namun tidak semua orang memerlukan adanya teknologi tersebut, mengingat tidak semua orang suka foto atau paham mengenai foto lewat ponsel.
Mungkin ponsel ini ditujukan hanya untuk orang yang paham mengenai fotografi namun jika standar ponsel nantinya akan seperti ini tentu tidak semua orang bisa mengerti atau menerima.

3. Keberadaan Kamera Konvensional

Disadari atau tidak keberadaan kamera konvensional seperti DSLR, mirrorless, atau kamera digital biasa sebenarnya sudah memberi pengalaman fotografi yang lebih baik atau lebih profesional dibanding smartphone. Sehingga meskipun smartphone dengan 4 kamera ini muncul, keberadaan kamera konvensional tetap eksis dan tetap digunakan karena kualitas dan pengalamannya yang cukup lama dalam dunia fotografi.
Kamera smartphone jika ingin menyaingi keberadaan kamera dengan membuat inovasi 4 kamera produsen juga harus berfikir dua kali karena kamera juga masih memiliki banyak peminat yang ada.

Jika anda ingin membeli smartphone dengan 4 kamera untuk mendapatkan pengalaman foto yang lebih baik sah – sah saja dilakukan, namun alangkah baiknya anda membeli secara bijak dan memperhatikan faktor lain seperti budget atau kualitas smartphone. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply