Smartphone Gaming “Over Spesification”, Cerdas Sebelum Membeli

idntimes.com

Perkembangan teknologi yang semakin pesat mendorong banyak orang melakukan inovasi pada setiap aspek. Salah satu bidang yang cukup berkembang ialah pada smartphone.

Dahulu kita hanya mengenal smartphone dengan fungsi telepon dan internet saja, sekarang adalah era media sosial dan perkembangan teknologi. Hal ini mendorong smartphone berfungsi layaknya komputer yakni bisa melakukan / menjalankan game. Smartphone gaming adalah salah satu produk terbaru dari perkembangan teknologi ini.

Smartphone gaming sesuai namanya diperuntukkan untuk membuat pengalaman gaming anda di handphone semakin maksimal. Biasanya jika memainkan game di smartphone spesifikasi standar terkadang ada masalah. Dengan smartphone gaming ini masalah tersebut bisa hilang atau sedikit berkurang karena kelebihan performanya tersebut. Bahkan ada juga yang menilai bahwa smartphone gaming sebagai Console Portable.

Namun terkadang banyak pengembang ponsel yang memiliki konsep “semakin besar semakin baik” sampai lupa bahwa tidak semua game di smartphone perlu spesifikasi berlebih. Atau orang – orang kebanyakan tidak perlu sesuatu yang tinggi demi kepuasan pribadi akan gaming. Banyak kasus smartphone gaming yang sifatnya over spesification dan membuat beberapa fiturnya menjadi tidak bermanfaat.

Melalui artikel ini kami akan jelaskan mengenai hal tersebut, seberapa penting sebenarnya perangkat ini dan seberapa penting juga spesifikasi yang seharusnya digunakan.

Contoh Smartphone Gaming Spesifikasi Tinggi

Kami memberi contoh beberapa smartphone spesifikasi tinggi ini untuk memberi gambaran kepada anda betapa “luar biasa” smartphone gaming yang overspesification ini, berikut kami jelaskan beberapa contohnya.

1. ASUS ROG Phone

Salah satu pengembang perangkat gaming berkualitas adalah ASUS, kini melebarkan sayapnya ke mobile devices gaming dengan meluncurkan ASUS ROG Phone. Spesifikasinya tidak main – main yakni dengan prosesor tipe Qualcomm Snapdragon 845 Octacore, serta dukungan RAM 8GB dan memori internal 128 GB atau 512 GB serta daya baterai sekitar 4000mAh.
Dengan spesifikasi tersebut menjadikannya smartphone yang cukup tinggi spesifikasinya bagi pengalaman gaming yang menarik.

2. Xiaomi Black Shark

Dari Xiaomi sendiri juga mengeluarkan smartphone khusus gaming dengan edisi Xiaomi Black Shark yang berukuran sekitar 5.99 inci. Spesifikasinya juga cukup bagus dengan RAM 8 GB dan ROM 129 GB.
Xiaomi jenis ini didukung prosesor octacore Qualcomm Snapdragon 845 dan memiliki resolusi kamera yang cukup tinggi yakni  20MP. Seperti handphone xiaomi yang lain, harga yang ditawarkan cukup terjangkau dibandingkan smartphone gaming sejenis.

3. Razer Phone

Bisa dibilang Razer Phone adalah salah satu vendor smartphone paling populer dan laris sekarang ini. Memiliki spesifikasi 5.7 inci Gorilla Glass, dengan prosesor octacore Qualcomm Snapdragon 835 serta RAM 8GB.
Baterai Razer phone juga termasuk memiliki kapasitas tinggi yakni 4000mAH. Dengan spesifikasi tersebut menjadikannya salah satu ponsel gaming paling laris di pasaran saat ini.

Perbandingan Smartphone Gaming dan PC Gaming

Setelah anda mengetahui beberapa smartphone gaming tersebut, bisa dibilang bahwa spesifikasinya mendekati / sama dengan komputer standar gaming yang biasa anda jumpai. Bila dibandingkan hampir sama antara smartphone gaming dengan PC gaming, baik spesifikasinya maupun fitur di dalamnya meski berbeda platform antara mobile dan PC.

Keberadaan smartphone gaming memang bagus bagi satu sisi, namun jika dibandingkan dengan PC gaming yang sudah lebih dulu ada dan memiliki kehandalan yang lebih baik. Kehandalan komputer gaming, dibanding dengan smartphone gaming tidak sesuai jika dibandingkan.

Contoh smartphone gaming over spesification tadi adalah spesifikasinya yang memiliki RAM 8GB dan Memori internal 128 GB, untuk ukuran smartphone itu sudah berlebihan atau terlalu over spesification. Apalagi jika anda orang yang tidak suka memainkan banyak game (hanya condong pada satu game saja dengan spesifikasi rendah).

Sedangkan untuk ukuran standar komputer gaming seperti itu malah sangat kurang atau terlalu standar, meski begitu PC gaming dengan spesifikasi tersebut tetap laris di pasaran.

Memang antara kedua hal ini (smartphone dan PC gaming) tidak bisa dibandingkan secara head-to-head. Pada dasarnya kedua perangkat ini sangat berbeda dari segi desain dan penggunaan meski tujuannya sama.

Perlu diingat juga banyak game mobile yang tidak perlu spesifikasi tinggi untuk dimainkan dengan smartphone. Karena pada dasarnya game mobile dibuat sebisa mungkin meminimalkan sumber daya smartphone sehingga dapat digunakan di berbagai macam smartphone. Berbeda dengan game PC yang spesifikasinya bisa sangat tinggi dan perlu alat lain.

Jika dilihat lebih dekat maka PC gaming jauh lebih unggul dari smartphone, karena menawarkan pengalaman gaming dengan lebih maksimal dan leluasa, dan tidak terbatas di layar smartphone yang kecil. Meski ada beberapa PC gaming yang spesifikasinya sama dengan smartphone gaming atau lebih rendah lagi.

Apakah Perlu Membeli Smartphone Gaming?

Smartphone for smart user, mungkin itu istilah yang tepat untuk anda pecinta smartphone terutama smartphone gaming saat ini. Jika anda tidak memerlukan perangkat smartphone gaming dengan ciri over spesification, tidak usah membelinya karena perangkat lain masih bisa mendukung kegiatan gaming anda.

Akan tetapi apabila anda ingin mencoba pengalaman baru dengan melakukan gaming di smartphone, tidak ada salahnya membeli perangkat tersebut. Meski begitu sesuaikan dengan kebutuhan anda dan dengan apa yang anda mainkan dengan smartphone gaming tersebut. Karena bisa saja memainkan game di smartphone gaming ternyata masih kurang memuaskan dibandingkan dengan PC gaming.

Semoga tulisan kami bermanfaat dan kami sarankan untuk bijak dalam membeli atau memilih smartphone gaming kesukaan anda.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan