Sony MH755. Kecelakaan Terindah Sony

Berbicara tentang Sony, tentu saja sudah bukan hal asing bagi seluruh masyarakat. Salah satu pelopor perangkat elektronik ini sudah memiliki nama di jajaran papan atas. Hampir semua segmen elektronik Sony memiliki. Pujian dan kritik pedas juga selalu menghantam perusahaan ini.

Dari judul diatas, “Kecelakaan Terindah”? Meski ambigu dan dramatis, tetapi kali ini Sony telah menciptakan suatu produk elektronik yang benar-benar mengesankan. Bahkan forum yang terkenal dengan para user yang kritis pun mengakuinya.

Sony MH755 adalah earphone jenis IEM yang harga dan kualitas suaranya sangat berbanding jauh. Harga murah dengan teknikalitas suara sangat baik. Kami pun ikut me-review IEM ini dengan nilai sangat baik mengingat price to performance nya benar-benar mengesankan.

Mari kita bahas bersama-sama seperti apa Sony MH755

Pair Dari Sony SBH20 dan SBH50

Sony SBH20
Sony SBH50

Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata IEM ini berasal dari produk Stereo Bluetooth Headset Sony. MH755 merupakan spare part dari SBH20 dan SBH50. Karena itu MH755 memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa dibilang sedikit absurd.

Kelebihan Sony MH755

Berbicara mengenai kualitas bahan, MH755 berbahan plastik yang standard. Tidak ada yang menarik dari design dan bahan yang digunakan pada produk ini.

Saat berbicara mengenai kualitas suara, disinilah “Kecelakaan Terindah” terjadi. Mengapa demikian? karena IEM ini melibas habis kualitas suara IEM lainnya yang berada di rentang harga 100ribu hingga 800ribu rupiah. Bahkan ada yang menilai, IEM seharga 3juta terasa menyedihkan ketika di bandingkan dengan MH755.

Secara singkat, karakter suara MH755 cenderung V-Shaped dengan frekuensi mid agak maju. Resolusi yang dihasilkan sangat solid, tonal atau nada terdengar jelas dan bersih. Separasi atau pemisahan instrumen dan bentuk suara sangat baik.  Pressure juga bagus dan tajam.

Kekurangan Sony MH755

Karena spare part Sony SBH20 dan SBH50, kabel dari IEM ini sangat pendek, yaitu 75cm. SBH20 dan SBH50 sendiri merupakan modul bluetooth yang memiliki port jack 3,5mm dan MH755 adalah IEM bawaan pada paket penjualan SBH20 dan SBH50.

Di sektor suara, terkadang di beberapa lagu dengan vokal yang intens dan forward, suara mid dari IEM ini agak sedikit sibilance atau singkatnya, terlalu menusuk dan tajam. Ini karena frekuensi mid-nya yang agak sedikit maju.

Kesimpulan

IEM “terlalu murah” ini memang wajib dicoba jika anda penikmat audio, terutama bagi para audio in budget. Harga yang terlalu murah ini sangatlah fenomal dan dianggap jika perusahaan Sony ini telah melakukan kesalahan yang beruntung atau ketidaksengajaan yang beruntung. Anda benar-benar bisa membandingkan kualitas suara MH755 dengan IEM lainnya yang lebih mahal.

Tips dan Saran

Di beberapa grup facebook dan forum, MH755 sudah terkenal dan seringkali kita kesulitan mencari produk ini di online shop. Adapun yang menjual produk ini tidak original atau asli. Jika anda berencana untuk membeli, maka anda harus memeriksa kode produksi yang pasti berawal dari 13. Produk ini mulai di produksi pada tahun 2013, sehingga pasti memiliki awalan kode produksi 13.

MH755 Original
MH755 Fake

Pada gambar, tertera 1336 yang berarti tahun 13, minggu ke 36.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan