VR (Virtual Reality) dan AR (Augment Reality)

Contoh Xiaomi VR
copperberg.com

Perkembangan teknologi digital yang semakin meluas menyebabkan bermunculannya teknologi baru yang bersifat out of the box sehingga menggebrak pasar dan masyarakat. Salah satu teknologi yang terbaru dan sering digunakan saat ini oleh pengguna adalah VR (Virtual reality) dan AR (Augment Reality). Kedua teknologi ini membuat inovasi dimana dunia maya yang ada bisa dinikmati secara nyata oleh manusia. Istilah lainnya adalah teknologi ini menggabungkan unsur maya ke dunia nyata untuk bisa dinikmati secara luas oleh manusia.

Baik virtual reality maupun augment reality adalah kedua teknologi yang berbeda meski memiliki basis dan tujuan yang hampir sama. Hal ini juga berpengaruh pada manfaat yang ditimbulkan dengan adanya teknologi tersebut. Melalui tulisan ini kami akan membahas apa itu VR dan AR dan bagaimana kegunaannya bagi masyarakat.

Pengertian VR Secara Umum

Virtual Reality (VR) adalah sebuah teknologi digital yang mampu menghidupkan adegan atau simulasi dalam bentuk 3D secara nyata. Dengan menggunakan teknologi VR, pengguna dapat merasakan dunia/dimensi maya yang bersifat nyata meski hanya berupa simulasi semata. Teknologi ini bermanfaat dalam berbagai bidang, contohnya game atau dunia simulasi. Khusus untuk VR perlu alat khusus untuk melakukannya yang dijual sendiri.

Pengertian AR Secara Umum

Augment Reality (AR) adalah teknologi virtual yang menggabungkan benda maya dengan elemen nyata secara langsung dalam satu lingkungan. AR bekerja dengan memasukkan elemen maya ke dimensi/dunia nyata dan diproyeksikan ke dunia nyata tersebut.  Teknologi AR bermanfaat di berbagai bidang, semisal game, medis, atau arsitektur. Berbeda dengan VR, AR tidak menggunakan perlengkapan khusus, biasanya melalui smartphone anda sudah bisa menikmati teknologi ini.

Kegunaan Virtual Reality

Seperti yang sudah disinggung pada poin sebelumnya, ada beberapa manfaat yang ada dengan adanya virtual reality, antara lain sebagai berikut :

1. Game

Fungsi VR yang sering dipakai adalah digunakan untuk bermain game. Saat ini banyak sekali vendor VR yang mengembangkan alatnya untuk digunakan dalam game. Dengan adanya VR menjadikan pengalaman game semakin nyata dan lebih realistis dan menantang.
Banyak game dan perangkat yang sudah dikembangkan dengan adanya VR ini. Anda bisa mendapatkan aplikasi VR di Google Play store tentu dengan perangkat yang mendukung. Contoh perangkat yang bisa digunakan VR adalah Samsung Gear VR yang sudah dapat memainkan VR melalui smartphone.

2. Simulasi (Medis, Arsitektur)

Selain digunakan dalam game, VR juga dikembangkan dalam beberapa aspek simulasi yang berguna bagi manusia. Misalnya dalam dunia medis orang akan mempelajari anatomi tubuh manusia dengan nyata melalui alat tersebut.
Selain simulasi medis, anda juga dapat memanfaatkan VR untuk keperluan simulasi arsitektur. Dengan VR anda bisa membangun bangunan atau merancang bangunan sebelum menerapkannya ke dunia nyata.

3. Traveling

Inovasi terbaru VR juga merambah dunia traveling, tentu dengan pengalaman yang berbeda. Dengan VR anda dapat mendapatkan pengalam traveling ke tempat – tempat terkenal di dunia tanpa perlu pergi jauh – jauh kesana dan hemat biaya. Tentu ini akan menimbulkan pengalaman berbeda daripada pengalamn travelling yang biasanya.

4. Pelatihan Militer

Dalam dunia militer, VR juga dapat digunakan dalam pelatihan militer para tentara yang bertugas. Dengan VR, tentara dapat melakukan simulasi perang di dunia maya menggunakan VR layaknya bermain video game. Hal ini bermanfaat untuk membuat pengalaman tempur tentara semakin bagus dan tidak membuang biaya terlalu tinggi untuk pelatihan, senjata, dan lainnya.

Kegunaan Augment Reality

Foto Dengan Smartphone Android
cnet.com

Augment reality juga memiliki beberapa manfaat yang tidak kalah menarik dengan VR, antara lain sebagai berikut.

1. Game

Hampir sama dengan VR, AR juga memiliki perkembangan pesat dari sisi game. Jika anda pernah memainkan game Pokemon Go, mungkin ini adalah salah satu contoh sukses augment reality di dunia game. Permainan dengan augment reality menggabungkan unsur maya dari game ke dunia nyata yang ada di hadapan anda secara langsung dan mudah.

2. Pemasaran Produk

Selain game, pemasaran produk juga dapat dilakukan dengan menggunakan augment reality. Hal ini dilakukan perusahaan agar mendapat minat tinggi dari konsumen. Biasanya produsen akan memasarkan produk dengan menyuruh calon pembeli mengarahkan ponselnya ke arah tertentu untuk melihat produk yang diinginkan. Preview produk yang bersifat nyata tersebut tentu akan meningkatkan minat konsumen.

3. Arsitektur / Desain Engineering

Dalam dunia engineering maupun arsitektur, augment reality berguna untuk membantu para engineer dan arsitek dalam menyelesaikan masalah mereka. Anda dapat menggunakan AR untuk mengembangkan desain arsitektur atau desain teknik yang berguna untuk diimplementasikan ke dunia nyata. Dengan AR anda bisa hemat biaya untuk melakukan desain yang biasanya rumit dan memakan banyak waktu.

4. Pendidikan

Metode baru pendidikan saat ini menggunakan augment reality sebagai media pembelajaran dan metode baru dalam belajar. Di dunia pendidikan, augment reality bisa membantu guru dan pelajar untuk melihat mata pelajaran yang sedang di pelajari. Misalnya siswa ingin belajar anatomi tubuh manusia, maka akan disajikan melalui AR anatomi tersebut dan dapat berinteraksi langsung dengannya.

Masih banyak kegunaan serta contoh dari adanya virtual reality maupun augment reality, namun sebagian besar bermanfaat bagi manusia. Semoga tulisan kami bermanfaat bagi anda dan menambah informasi tentang teknologi terbaru yang ada.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply